UBI JALAR JINGGA atau MERAH (ipomoea trifida) SUMBER BETA KAROTEN MEMPENGARUHI FUNGSI MATA

UBI JALAR JINGGA atau MERAH (ipomoea trifida) SUMBER BETA KAROTEN

MEMPENGARUHI FUNGSI MATA

Moc.Agus Krisno B, Vera Verdiana Agustine

 

Program studi Pendididkan Biologi FKIP Universitas Muhamadiayah

Malang

JI. Tlogomas 246 Malang Telp 464318

Absteac

Sweet potatoes encountered in many parts of eastern indonedia, because people make Amaeican continent that spreads throughout the world in the 16 th centuty. Sweet potatoes has various varin include orange sweet potato (Ipomoea trifida). In the orange sweet potatoes have more beta carotene.hich cn both.

Beta carotene is a pro-vitamin A which can turn into vitamin A. in beta-carotene are antioxidants that can counteract the free radicals are substances that are toxins in the body and affect the balance of the body. beta carotene can prevent eye diseases such as cataracts.

Relationship with beta carotene on the eye health are vitamin A beta carotene that can help the metabolism of cells contained in the outermost layer of the retina, which serves to adapt to the dark light. vitamin A person can be exposed to Xerotalmia where the eyeballs become dry, harden the cornea and eyelid swelling. if not treated can lead to permanent blindness Xerotalmia.

Another function of vitamin A is to prevent the formation of free radicals that can damage the retina and lens cells. it is also useful for the prevention of cataracts and retinal disease such as macular degeneration. vitamin A should be the recommended dose is 7500 mcg per day (according to the needs and ages).

 

Keyword : Impomoea trifida, Antioxidants, Xeriftalmia, Free radicals

 

 

 

Abstrak

Ubi jalar banyak di jumpai di bagian timur indonesia, karena masayrakat daerah timut indonedia menjadikan ubi sebagai makanan pokok. Ubi di perkirakan berasal dari benua amarika yang menyabar ke dunia pada abad-16. Ubi jalar memiliki barbagai varian diantaranya adalah ubi jalar jingga (Impomoea trifida). Di dalam ubi jlar jingga terdapat banyak beta karote.

Beta karoten merupakan pro-vitamin A yang dapat berubah menjadi vitamin A. di  beta karoten terdapat zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yaitu zat-zat yang bersifat toksin di dalam tubuh dan mempengaruhi keseimbangan tubuh. beta karoten juga dapat mencegah penyakit mata misalnya penyakit katarak.

Hubungan beta karoten dengan kesehatan mata di dalam beta karoten terdapat vitamin A yang dapat membantu metabolisme sel yang terdapat pada lapis paling luar retina, yang berfungsi untuk beradaptasi dengan cahaya terang gelap. seseorang mengalami kekurangan vitamin A dapat terkena Xerotalmia dimana bola mata menjadi kering, kornea mengeras dan pembengkakan kelopak. apabila tidak di obati Xerotalmia dapat mengakibatkan kebutaan permanen.

Fungsi lain vitamin A adalah mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat merusak sel retina dan lensa. ia juga bermanfaat sebagai pencegah penyakit katarak dan penyakit retina seperti degenerasi makula. mengkonsumsi vitamin  A harus  dengan dosis yang dianjurkan yaitu 7500 mcg per hari (sesuai tingkat kebutuhan dan usia).

 

kata kunci : Impomoea trifida, Antioksidan, Xeroftalmia, radikal bebas.

 


pendahuluan

Tanaman ubi jalar (Impomea batatas L) diduga berasal dari benua Amerika, tetapi para ahli botani dan pertanian memeperkirakan daerah asal tanaman ubi jalar adalah selandia baru, Polinesia dan Amerika bagian tengah. Ubi jalar mulai menyebar ke seluruh dunia, terutama ke negara-negara taropis pada abad ke-16. Orang-orang spanyol menyebarkan ubi jalar ke kawasan Asia, terutama Filipina, Jepang dan Idnonesia. Cina merupakan penghasil ubi jalar terbesar mencapai 90% (rata-rata 114,7 juta ton) dari yang dihasilkan dunia (Anonimous,2004).

Salah satu varian ubi jalar yang dikembangkan di Indonesia adalah varian ubi jalar jingga (Impomoea trifida). Ubi varian ini memiliki keistimewaan yaitu memiliki kandungan beta keroten yang tinggi dari varian ubi yang lain. Dan di bandingkan ubi varian lain testur ubi ini lebih berair dan kabdungan kadar gulanya relatif rendah u merdari varietas yang lain. Kandungan zat gizi pada ubi jalar jingga atau marah (Impomoea trifida) terutama kandungan beta karotennya yang mencapai 9900 mkg (32967 SI). Pada ubi jingga atau merah masih memiliki banyak kandungan zat gizi yang lebih banyak dari pada varian lain hal ini dapat kita liahat pada table berikut:

 

sumber : Direktorat Gizi Depkes RI, 1981, Suismono, 1995)

Ubi jalar juga memiliki beberapa fungsi yaitu Bagi Kesehatan Sekarang jangan pernah lagi menyia-nyiakan ubi jalar merah, karena khasiatnya lebih dahsyat dari sekedar menjaga kesehatan mata. Sekelompok antioksidan yang tersimpan dalam ubi jalar merah mampu menghalangi laju perusakan sel oleh radikal bebas. Karenanya ubi jalar merah dapat mencegah kemerosotan daya ingat dan kepikunan, penyakit jantung koroner, serta kanker.

 

Plus bonus sehat lainnya termasuk membuat kita tetap awet muda.

 

 

Kadungan Beta karoten pada ubi jingga atau merah (Impomoea trifida).

 

            Beta keroten diperkirakan memiliki banyak fungsi yang tidak di miliki oleh senyawa lain. Jumlah yang di butuhkan tubuh memang hanya ukuran milligram perhari. Tapi kalau tidak dipenuhi dapat menimbulkan gangguan fungsi tubuh. Zat yang merupakan pro-vitamin ini terdapat dalam sejumlah sayuran dan buah-buahan. Pergantian gaya hidup dan selera makan, sering kali tanpa di sadari menimbulkan dampak secara perlahan lalu menjadi kerusakan. Data statistic dari sejumlah jurnal kedokteran Negara-negara eropa mengatakan , kecenderungan terkena kanker lebih tinggi populasi yang mengkonsumsi makanan awatan dari pada populasi yang banyak mengkonsumsi bahan segar alami (Anonimous,2011).

Kandungan beta karoten pada ubi jalar jingga atau merah (Impomoea trifida), dibandingkan ubi jalar putih tekstur ubi jalar jingga memeng lebih berair dan lebih lembut. Rasanya tidak semanis yang putih padahal kadar gulanya tidak jauh berbeda. Ubi jalar putih mengandung 260 mkg (869 SI) betakaroten per 100 gram, ubi merah yang berwarna kuning emas tersimpan 2900 mkg (9675 SI) betakaroten, ubi merah yang berwarna jingga 9900 mkg (32967 SI). Makin pekat warna jingganya. makin tinggi kadar betakarotennya yang merupakan bahan pembentuk vitamin A dalam tubuh.
Secangkir ubi jalar merah kukus yang telah dilumatkan menyimpan 50000 SI betakaroten, setara dengan kandungan betakaroten dalam 23 cangkir brokoli, yang menggembirakan perebusan hanya merusak 10% kadar betakaroten, sedangkan penggorengan atau pemanggangan dalam oven hanya 20%. Namun penjemuran menghilangkan hampir separuh kandungan betakaroten, sekitar 40%. Menyantap seporsi ubi jalar merah kukus /rebus sudah memenuhi anjuran kecukupan vitamin A 2100 – 3600 mkg sehari (Anonimous,2009).

 

Manfaat beta karoten bagi tubuh

 

            Manfaat beta karoten sangat menunjang kesehatan tubuh, namun beta karoten tidak dapat di konsumsi secra berlebihan karena dapat mengganggu keseimbangan tubuh dan di dalam tubuh beta karoten hanya di butuhkan dengan kadar yang mikro.

Zat Antioksidan yang terdapat pada beta karoten berguna untuk menangkal radikal bebas yang merupakan awal dari sumber penyaki misalanya penyakit jantung, kanker, katarak, diabetes, dan lain-lain. Dan dalam  zat Antioksidan ini telah ditemukan dapat mengurangi kurang lebih 40% paparan zat radikal bebas dengan mengkonsumsi 50 mg beta karoten setiap hari.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan selama 14 tahun. Dengan mengkonsumsi 50 mg bet karoten setiap hari dalam menu makanannya dapat jauh mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Tidak hanya itu pada penelitian tersebut juga dapat di tarik kesimpulan bahwa beta karoten juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena kanker prostat sebanyak 36% (yoshi kanji,2010)

 

. Khasiat beta karoten yang memepengaruhi fungsi mata

 

Mata adalah oragan penglihatan yang mendeteksi cahaya. Mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitar adlah terang atau gelap. Mata lebih kompleks digunakan untuk memeberikan pengertian visual. Mata sering kali mengalami gangguan yang mempengaruhi fungsi mata di antaranya adalah penyakit katarak yang merupakan penyakit yang terjadi karena penebalan lensa mata dan terjadi pada orang lanjut usia (lansia) atau radikal bebas (kompas,2002)

Dalamperab  fungsi mata beta karoten di sini berperan sebagai unsur yang sangat potensial dan penting bagi vitamin A, unsure ini merupakan persenyawaan kimiawi yang hamper terlibat dalam berbagai reksi kimiawi-fisiologik dala rangkaian metabolism. Di dalam beta karoten juga terdapat Antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yaitu benda asing yang dapat di anggap sebagai sampah sehingga meracuni tubuh. Radikal bebas dapat berasal dari bahan kimia industry, dan juga asap rokok. Kemampuan Antioksidan dari beta karoten juga dapat memberikan perlindungan terhadap kebutuhan, khususnya yang disebabkan oleh katarak . katarak merupakan proses pengeruhan lensa mata, sehingga bayangan objek menjadi kabur sampai tidak terlihat. Katarak umumnya timbul bersama penyakit ketuaan lainnya (pusat medis,2008)

Beta karoten juga di sebut pro-vitamin A yang akan menjadi vitamin. vitamin A diperlukan dalam menjalankan fungsi mata, terutama untuk menyesuikan diri dengan kegelapaan. Rabun senja (menjadi buta bila cahaya redup) dapat terjadi kekurangan vitamin A yang parah dan berkepanjangan. Bentuk yang paling parah dari kekurangan Vitamin A adalah Xeroftalmia atau kekerinagn mata yang mengakibatkan kerusakan kornea sehingga menyebabkan kebutaaan total. Banyak anak di Negara berkembang telah menjadi korban. Salah satu cara mencegah hal ini adalah memasukan beta karoten ke dalam mkanan mereka.

Beta karoten juga berperan untuk mencegah penyakit katarak. Hal ini di buktikan pada penelitian pada pria  menderita katarak usia 45-75 tahun menyatakan dengan mengkonsumsi lutein dan zeaxantin tertinggi yang terdapat pada beta karoten memiliki resiko terkena katarak 19 persen lebih rendah terkena di bandingkan pria dengan konsumsi terendah (Slutena, 2012).

Beta keroten merupakan suatu karatenoid yang member pigmen jingga atau merah pada suatu tanaman seperti ubi jalar dan wortel. Beta karoten lebih di kenal dengan nama antioksidan. Zat ini cepat di koversikan menjadi vitamin A oleh tubuh. Beta karoten sering diangkap sebagai bentuk vitamin A itu sendiri namun sebenarnya bukan. Memiliki vitamin  A kadar normal adalah kunci untuk penglihatan yang baik, kebalan tubuh yang kuat dan sehat secara umum (Putro, 2011).
Menu Sehat Ubi Jalar Jingga Untuk Mata

 

Pedas Manis Kentang dan Sup Kacang Tanah Kacang Hitam

 

 
1 cangkir kacang hitam kering

1 sdm minyak zaitun

1 wortel besar, iris

1 bawang bombai, cincang

2 siung bawang putih, cincang atau dihancurkan
1 ubi jalar jingga besar (sekitar 1 pon), kupas dan potong dadu

1 sendok teh kering panas merah serpih cabai, atau sesuai selera

2 buah tomat, cincang

2 cangkir kaldu sayur

2 cangkir air

1/4 cup selai kacang

1 sendok teh garam laut, atau sesuai selera
segar tanah lada hitam

 

Cara kerja

  • Bilas kacang-kacangan dan rendam semalam tercakup dalam beberapa inci air dingin dengan whey yoghurt sedikit atau jus lemon ditambahkan. Tiriskan, tempatkan di panci sedang, dan tutup dengan beberapa inci air tawar. Didihkan, lalu kecilkan api ke rendah, tutup dan didihkan selama 1 jam atau sampai kacang lunak tetapi tidak hancur berantakan. Tiriskan dan sisihkan.
  • Panaskan panci besar sup atau panci dengan api sedang. Ketika panas, tambahkan minyak zaitun, tunggu beberapa saat, lalu aduk sekitar untuk melapisi panci. Tambahkan wortel, bawang merah dan bawang putih dan tumis sampai bawang mengubah tembus, sekitar 6 sampai 8 menit. Naikkan panas sedikit dan melemparkan potongan ubi jalar jingga dan serpih cabai. Aduk selama beberapa menit, lalu tambahkan tomat dan masak sampai tomat telah mengurangi sedikit, sekitar 5 menit. Tuangkan kaldu sayur dan air dan didihkan lambat. Kurangi panas ke rendah, tutup, dan masak sampai sayuran lunak, sekitar 15 sampai 20 menit.
  • Aduk selai kacang dan kacang-kacangan dan biarkan mendidih selama 5 menit untuk membiarkan selai kacang melebur menjadi sup dan untuk menghangatkan kacang. Hapus dari panas, dan musim dengan garam dan banyak lada hitam segar.Sajikan panas dengan taburan peterseli untuk hiasan.

 

Ubi Jalar di Piala Oranye

 

 

 
Bahan

  •  6 ubi jalar jingga besar (sekitar 5 atau 6)
  • 3/4 cangkir marshmallow creme, ditambah lagi untuk hiasan
  • 9 sendok makan mentega, suhu kamar
  • 6 sendok makan sirup maple
  • 3 besar telur
  • 9 besar jeruk\
  • 36 kemiri bagian

    cara kerja

  1. Pierce setiap kali ubi jalar  jingga berganda dengan garpu.
  2.  Bekerja dalam 2 batch, masak ubi jalar di microwave selama 15 menit
  3.  Putar ubi jalar jingga lebih, masak sampai lunak, sekitar lain 12 menit atau lebih.
  4.  Potong ubi jalar jingga menjadi dua; pulp sendok ke dalam mangkuk.
  5.  Tambahkan 3/4 cangkir marshmallow krim, mentega, dan sirup; tumbuk sampai halus.
  6.  Bumbui dengan garam dan merica.
  7.  Kocok telur. ** Anda dapat tutup dan dinginkan campuran sampai satu hari pada saat ini.
  8.  Panaskan oven sampai 350 derajat.
  9.  Potong irisan tipis dari atas dan bawah setiap jeruk untuk membuat permukaan yang datar.
  10.  Potong masing-masing oranye menjadi dua dan menyendok bubur. *** Anda dapat memesan segmen jeruk untuk penggunaan lain, jika Anda inginkan.
  11.  Tempatkan cangkir oranye pada 2 loyang.
  12.  Bagilah campuran ubi jalar jingga merata diantara cangkir.
  13.  Atas masing-masing dengan sesendok marshmallow creme dan 2 bagian kemiri.
  14.  Panggang sampai marshmallow creme mulai coklat, sekitar 30 menit.

 

Cake Gulung Ubi Jalar dengan Selai Kacang & Keju Cheddar Parut

 

 

– 100 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah (misal Segitiga Biru atau Kunci Biru)

– 1 sendok teh bubuk spekuk (untuk menggantikan 1/2 sendok teh kayu manis bubuk, 1/4 sendok teh all spice bubuk)

– 1/2 sendok teh baking powder (pastikan fresh, cek masa kedaluarsanya dan gunakan yang double acting baking powder)

– 1/2 sendok teh baking soda (saya tidak pakai)

– 1/4 sendok teh garam

– 1/4 sendok teh vanili bubuk

– 3 butir telur ayam, ukuran besar, suhu ruang

– 200 gram gula pasir

– 150 gram ubi jalar, kukus dan lumatkan hingga benar-benar lumat dan halus

 

Isi cake:

– 100 gram selai kacang siap pakai
– 50 gram keju cheddar parut

Taburan:
Gula halus (optional)

 

Cara membuat:

  • Siapkan oven, panaskan di suhu 195’C. Letakkan kawat pemanggang di tengah. Alasi loyang ukuran 34 x 23 cm dengan kertas baking, olesi permukaan kertas dengan mentega/margarine tipis-tipis, olesi juga sisi loyang yang tidak tertutup kertas. Sisihkan.
  • Siapkan mangkuk, masukkan bahan kering, tepung terigu, baking powder,  bumbu spekuk, garam, vanili bubuk, aduk rata. Sisihkan.
    • Siapkan mangkuk mikser, masukkan telur, gula pasir, kocok

dengan speed sedang hingga menjadi adonan yang kental, pekat dan pucat, sekitar 10 menit dengan mikser biasa.  Masukkan ubi jalar yang telah dihaluskan ke dalam kocokan telur, kocok hingga tercampur baik.

  • Ø Kurangi kecepatan mikser menjadi paling rendah. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan dan kocok sebentar hanya agar tepung terigu tercampur dengan baik. Matikan mikser.
  • Ø Tuangkan adonan ke loyang dan panggang selama 2o -25 menit atau hingga permukannya mulai kuning kecoklatan dan matang ketika di tusuk dengan lidi. Keluarkan dari oven. Lepaskan cake dari loyang dengan cara mengangkat sisa kertas minyak di bagian kedua ujung cake. Letakkan cake di meja datar.
  • Ø Buat sayatan memanjang di bagian ujung salah satu sisi pendek cake dengan menggunakan pisau, jangan sampai putus. Anda bisa menutup permukaan cake dengan sehelai kertas baking untuk mencegah cake menempel saat digulung dan menyusahkan anda untuk membukanya ketika akan mengaplikasikan selai dan keju.
  • Ø Dorong cake ke bagian dalam hingga membentuk satu gelondongan sambil tangan anda melepaskan kertas baking yang menempel di dasar cake. Bungkus rapat cake dengan kertas baking bekas yang telah anda lepaskan. Biarkan sejenak agar cake menghangat.
  • Ø Buka gulungan cake dan oleskan permukaannya dengan selai kacang dan taburi dengan keju parut.
  • Ø Tips: jika selai kacang terlalu pekat, cairkan dengan air hangat dan aduk rata sehingga selai kacang menjadi tidak terlalu pekat dan mudah untuk dioleskan ke permukaan cake.
  • Ø Gulung kembali cake, taburi permukaannya dengan gula bubuk (optional), dan potong-potong sesuai selera. Cake gulung ubi jalar siap disajikan.

 

Kue Mangkuk Ubi Jalar jingga

 

 

 

 

Bahan:

Bahan untuk biang ragi:

– 100 ml air kelapa

– 50 gram tepung terigu protein rendah

– 1 sendok makan ragi instan

 

Bahan kue:

– 400 gram tepung terigu protein sedang

– 400 gram talas/ubi jalar jingga yang dihaluskan

– 400 gram gula pasir

– 250 ml santan instan, saya pakai Kara

– 50 ml air

– 2 kuning telur

– 1 putih telur

– 1 sendok teh garam

– 2 sendok teh vanili bubuk
– beberapa tetes pewarna kuning (optional)

 

Cara membuat:

  • Siapkan mangkuk kecil, masukkan air kelapa, tepung terigu dan ragi instan. Campur dan aduk rata. Diamkan selama 20 menit hingga mengembang.
  • Siapkan mangkuk mixer, campurkan ubi/talas halus, gula vanili dan garam menjadi satu, kocok dengan mixer kecepatan rendah hingga tercampur rata. Tuangkan biang ragi, kocok hingga rata.
  • Masukkan telur, terus kocok hingga tercampur. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil bergantian dengan santan dan air. Kocok dengan mixer kecepatan rendah hingga menjadi adonan yang tercampur baik, tambahkan beberapa tetes pewarna kuning dan aduk rata. Matikan mixer. Biarkan adonan selama + 1 jam hingga mengembang. Sesaat sebelum dicetak, aduk adonan sebentar.
  • Tuang adonan ke dalam cetakan kue mangkuk yang telah dialasi dengan cup kertas hingga 1/2 dari cetakan kertas. Kukus ke dalam panci pengukus selama 15 menit dengan api besar kemudian kecilkan api dan lanjutkan mengukus selama 15 menit hingga kue merekah dan matang. Angkat dan keluarkan dari cetakan kue mangkuk.
  • Kue siap dihidangkan selagi hangat.

 

 

KOLAK BOLA-BOLA UBI JALAR JINGGA

 

 

Bahan :
– 500 gr ubi jalar jingga, haluskan
– 50 gr tepung tapioka/kanji
– 1/2 sdt garam
– 200 gr gula merah
– 50 gr gula pasir
– 1/2 sdt garam
– 500 ml air
– 2 lembar daun pandan
– tepung kanji secukupnya untuk pengental

Bahan kuah (masak sampai mendidih) :
– 300 santan kental
– 1/2 sdt garam
– 2 lembar daun pandan

Cara membuat :

  1. Campur ubi jalar jingga kukus, kanji, dan garam. Aduk hingga rata. Bentuk bulat kecil seperti biji salak, letakkan di loyang besar yang sudah dioles minyak tipis. Selesaikan sampai semua adonan habis.
  2. Didihkan air dalam panci. Masukkan adonan sukun secara bertahap. Angkat, tiriskan.
  3. Masak gula merah, gula pasir dan daun pandan. Setelah mendidih saring. Masak lagi di atas kompor, tambahkan larutan tepung kanji (tepung kanji + sedikit air). Masak sampai mendidih.
  4. Masukkan biji sukunnya. Biarkan sebentar lalu matikan api.
  5. Sajikan dengan guyuran santan gurih.

 

KESIMPULAN

  • Pada ubi jalar jingga terdapat 9900mkg (32967 SI) kandungan beta karoten dan semakin pekat warna jingga pada ubi jalar jingga maka kandungan beta karoten semakin tinggi
  • Di dalam beata keroten terdapat antioksidan yang apat menangkal radikal bebas yang merupakan sumber dari penyakit
  • Manfaaat beta karoten bagi mata sangat jelas karena beta karoten adalah sumber pro-vitamin A yang akan menjadi unsure penting dalam pembentukan vitamin A yang mempengaruhi fungsi mata
  • Dalam penelitian orang yang mengkonsumsi beta karoten sesuai dengan takaran dapat mencegak penyakit katarak

 

DARTAF PUSTAKA

 

Harnowo,P.A,2011

http//health.detik.com/read/

 

kanji yoshi,2010

http//www.indospiritual.com/artikel dahsyatnya-khasiat-ubi-jalar-jingga.html

 

kompas,2008

http://www.pasangiklanbaris-ku.com/iklan/19078/obat.html

 

pusat medis,2008

http://pusaymedis.com/betakaroten-si-penangkal-radikal=bebas 154.htm

 

Slutena, 2012

http:// slutena.co/blog/tag/cara-

menceah-katarak.htm

 

Anonimous, 2004

http://www.blogspot.com/2006/07/kandungan-gizi-ubi-jalar-merah-vitamin.html

 

Anonimous, 2009

http://kumpulanideq.blogspot.com/2009/09/manfaat-ubi-jalar-merah.html

 

Anonimous,2011

http://akusangpelangi.blogspot.com/2011/02/manfaat-dan-khasiat-ubi-jalar.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: