MENU DAUN UNGU SEBAGAI PENYINGKIR AMBIEN Menu As a Refugee Purple Leaf Ambient

Amrina Rosyadah, Moh. Agus Kresno Budiyanto

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
Jl. Tlogomas 246 Malang Telp 464318

Abstract

Ambien is hemorrhoids or rectal disease or disorder where the sphincter Ani anus or mouth, swelling which is sometimes accompanied bleeding. Wasir also the conditions in which the veins around the anus or lower rectum swell and become inflamed. Hemorrhoids usually occur due to straining during bowel movements. Pregnancy, old age, difficulty in bowel movements (constipation) and too much sitting increases a person’s risk of hemorrhoids. Hemorrhoids are also sometimes be caused by genetic factors (heredity), and therefore more women are experiencing widening veins or veins than men.

Including plant purple leaf shrubs with erect stems, small size and height can only reach 3 meters, usually grows wild countryside or grown as an ornamental or medicinal plants. This plant is suitable to grow in the area lowland until height of 1250 meters above sea level. Trunk: The trunk of purple, the stem cross section close to a triangular-shaped blunt. Leaf: position of the leaves have a structure that is located opposite each Interest: compound in a series of bunches of dark red

 Menu as a refugee ambien purple leaves can be used as a vegetable or to eat fresh vegetables sauteed with purple leaves and can also be used as chips purple leaves and a purple leaf dumplings.

Key word : purple leaf, Ambient

Abstrak

Ambien adalah penyakit atau gangguan pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai pendarahan. Wasir juga kondisi di mana pembuluh vena di sekeliling anus atau rektum bagian bawah membengkak dan meradang. Wasir biasanya terjadi karena mengedan saat buang air besar. Kehamilan, usia lanjut, kesulitan buang air besar (konstipasi) dan terlalu banyak duduk meningkatkan risiko seseorang terkena wasir. Wasir juga kadang disebabkan oleh factor genetika (keturunan), oleh sebab itu wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh balik atau pembuluh vena dibandingkan pria.

            Daun ungu termasuk tumbuhan perdu yang memiliki batang tegak, ukurannya kecil dan tingginya hanya dapat mencapai 3 meter, biasanya tumbuh liar dipedesaan atau ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman obat. Tanaman ini cocok tumbuh didaearah dataran rendah sampai ketinggian 1250 meter di atas permukaan laut. Batang : Batangnya berwarna ungu, penampang batangnya berbentuk mendekati segi tiga tumpul. Daun : mempunyai struktur posisi daun yang letaknya berhadap- hadapan Bunga : bersusun dalam 1 rangkaian tandan yang berwarna merah tua

             Menu daun ungu sebagai penyingkir ambien dapat dijadikan sayuran atau menjadi lalapan makan dengan menumis daun ungu tersebut dan dapat juga dijadikan sebagai keripik daun ungu dan menjadi pangsit daun ungu.

Kata kunci: Daun ungu, Ambien 

Pendahuluan

            Ambien adalah penyakit atau gangguan pada anus dimana sphinchter ani atau bibir anus mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai pendarahan. Dalam beberapa kasus ambient disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, terlalu banyak duduk atau berdiri,factor genetika (keturunan), mengejan terlalu keras saat buang air besar (biasanya akiba konstipasi) dan dapat juga terjadi pada wanita hamil. Secara umum ambient dibagi menjadi dua yaitu ambient internal dan ambient eksternal.

            Ambien internal adalah pembengkakan yang terjadi dalam rektum sehingga tidak bisa dilihat atau diraba. Pembengkakan jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit syaraf didaerah rectum. Tanda yang dapat diketahui adalah pendarahan saat buang air besar. Masalahnya jadi tidak sederhana lagi, bila ambient internal ini membesar dan keluar ke bibir anus yang menyebabkan kesakitan. Ambient yang terlihat berwarna pink ini setelah sembuh dapat masuk sendiri, tetapi juga bisa didorong masuk. Sedangkan ambient eksternal adalah pembekakan yang menyerang anus sehingga menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal. Jika terdorong keluar oleh feses, ambie ini dapat mengakibatkan penggumpalan (thrombosis), yang menjadikan ambient berwarna biru keunguan.

            Daun ini termasuk tumbuhan berbatang tegak, ukurannya kecil dan tingginya hanya mencapai tiga meter, biasanya tumbuh liar di pedesaan. Paling mudah mengenali yakni batangnya berwarna ungu dan penampang batang berbentuk mendekati segitiga tumpul. Daun dari tumbuhan ini mempunyai struktur posisi yang letaknya berhadap-hadapan.

            Daun yang memiliki nama latin Graptophyllum pictum  ini, dapat disebut sebagai antiambien yang manjur. Hal ini dikarenakan daun ungu bersifat antiradang. Cara kerjanya dengan mengobati pembengkakan yang menyertai ambient. Selain mengurangi pembengkakan, daun ungu juga bersifat analgesic yakni mengurangi rasa sakit akibat nyeri.

            Daun ini mengandung senyawa flavonid yang bersifat antiinflamasi sehingga mampu mengurangi peradangan, nyeri dan pendarahan pada anus. Selain itu juga mengandung unsure kimia, antara lain alkaloid nontoksik, flavonid, glikosid, steroid, saponin, tannin, calcium oksalat, dan asam format, sehingga mempunyai sifat melunakkan tinja, namun tidak sampai menyebabkan diare.

Gejala ambient

            Ambient bisa mengeluarkan darah (seperti invander salim yang terkena ambient dan mengeluarkan darah lumayan banyak), terutama setelah buang air besar sehingga tinja mengandung darah atau terdapat bercak darah dihanduk/tisu kamar mandi. Darahnya bisa membuat air dikakus menjadi merah. Lama kelamaan ambient dapat menyebabkan penderitanya mengalami kehilangan darah yang berat atau Anemia sehingga memerlukan transfuse darah. Ambient yang menonjol keluar mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan perlahan-lahan atau bisa juga masuk dengan sendirinya. Ambient juga dapat membengakak dan menjadi nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika didalamnya terbentuk pembekuan darah.

            Terkadang ambient bisa mengeluarkan lendirdan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rectum yang belum dikeluarkan. Gatal pada daerah anus (pruritus ani) bisa menjadi gejala dari ambient. Rasa gatal ini terjadi karena keadaan ambient yang terkeluar itu menghambat pebersihan anus secara eisien, dapat menyebabkan partikel-partikel kecil dari feses menumpuk pada kulit perianal dan bekerja sebagai iritan. Iritan ini dapat berpotensi menjadi kanker bila tidak segera ditangani. Ada juga yang mengalami rasa sakit dibagian bawah. Biasanya,gejala itu dialami oleh penderita yang sudah pada ambient stadium 2.

Klasifikasi dan deskripsi daun ungu

Klasifiksi daun ungu:

Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom    :Tracheobionta(Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi    :Spermatophyta (menghasilkan biji)

Divisi               :Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas               :Magnoliopsida  (Berkeping dua/ dikotil)

Sub Kelas        : Asteridae

Ordo                : Scrophulariales

Famili              : Acanthaceae

Genus              : Graptophylum

Spesies            : Graptophylum pictum Griff

Sumber : www.plantamor.com

Deskripsi daun ungu   :

            Daun ungu (Graptophylum pictum) termasuk tumbuhan perdu yang memiliki batang tegak, ukurannya kecil dan tingginya hanya dapat mencapai 3 meter, biasanya tumbuh liar dipedesaan atau ditanam sebagai ttanaman hias atau ttanaman obat, daun ungu cocok tumbuh didaerah pedataran rendah sampai ketinggian 1250 meter diatas permukaan laut. Batang : Batangnya berwarna ungu, penampang batangnya berbentuk mendekati segitiga tumpul. Daun : mempunyai struktur posisi daun yang letaknya berhadap-hadapan. Bunga : bersusun dalam 1 rangkaian tandan yang berwarna merah tua. Graptophylum pictum termasuk kedalam family tumbuhan Acanthaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah pudin, pudding, pudding perada, handeleum, demung atau daun putri.

 Gambar   

Sumber :www.plantamor.com

Manfaat daun ungu

            Manfaat daun ungu yang banyak digunakan oleh masyarakat umum untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti:

a) membantu meringankan gejala ambient

b) menyembuhkan ambient

c) mengurangi rasa sakit akibat nyeri

d) melancarkan buang air seni

e) melancarkan siklus menstruasi

f) merngankan reumatik, encok dan nyeri sendi

g) menyembuhkan luka borok (luka yang sudah lama),

h) mematangkan bisul

i) mengobati pembengkakan.

            Warna daun ungu langsung tertuju pada ambient. Family Achanthaceae itu memang mujarab mengobati penyakit akibat pembengkakan bibir anus itu. Daun ungu juga berkhasiat antiinflamasi, antiplak gigi, dan mencegah sakit ketika menopause. Ambient atau hemorrhoid merupakan penyakit yang ditandai adanya pembengkakan atau pembesaran pembuluh vena dibagian terbawah poros usus, baik disisi dalam maupun disisi luar anus. Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan seperti bisul berwarna merah kebiru-biruan atau kehitaman. Ambient ini juga disebabkan karena kurang mengkonsumsi serat. Ini mengakibatkan susah buang air besar (konstipasi), hingga penderita kerap mengejan. Pola defekasi yang tidak teratur pun serta jarangnya olahraga menjadi factor pemicu timbulnya ambient.

            Khasiat daun ungu sebagai antiwasir memang tidak diragukan lagi, ini karena Graptophylum pictum (nama latin daun ungu) punya sifat antiinflamasi. Daun ungu ini dapat mengusir ambient karena pengalaman saya sendiri. Saya sakit ambient sejak kelas 2 SMA yang lalu, tapi tidak pernah saya perhatikan bahkan saya abaikan dan saya anggap penyakit sepele. Semakin bergilirnya waktu ambient saya menjadi parah dan saya mulai merasakan benjolan ambient saya membesar. Dan saya dirujuk oleh dokter umum untuk menindak lanjuti penyakit saya ini ke dokter ahli bedah digensif, setelah saya periksa ke dokter tersebut ternyata dokter itu memvonis saya untuk segera operasi kalau tidak akan semakin parah. Karena thrombosis pada benjolan ambient saya ini sudah membusuk setengah. Tapi saya takut untuk menjalani operasi dan keluarga saya terutama ibu saya tidak setuju karena saya juga seorang perempuan yang umurnya masih muda beda lagi dengan umur 30.an. Setelah itu saya berusaha agar bisa sembuh tanpa menjalani operasi mulai dari obat dokter sampai obat tradisional telah saya coba dan tetangga saya bilang agar mencoba mengobati dengan daun ungu tersebut, setelah saya mencobanya ternyata daun ungu ini secara perlahan bisa mengecilkan benjolan saya dan buang air besar tidak sakit lagi jadi saya tidak takut untuk buang air besar karena saat ambient saya parah saya takut sekali untuk buang air besar. Dan sampai sekarang saya masih mengkonsumsi daun ungu tersebut agar tidak kambuh lagi. Dengan menjadikannya menu agar saya tidak bosan untuk mengkonsumsinya selain jamu dapat juga digunakan sebagai keripik, sayur lalapan dan pangsit daun ungu.

            Menu daun ungu sebagai penyingkir wasir yang pertama dapat diguakan sebagai keripik daun ungu dengan cara: Ambil beberapa lembar daun ungu kemudian bersihkan setelah itu kita membuat adonan tepung kanji dan tepung beras yang dicampur dengan telur dan bumbu yang sudah dihaluskan yaitu: bawang putih, ketumbar dan kemiri setelah itu adonan dicampur dengan air dan daun ungu yang sudah dibersihkan tadi di celupkan kedalam adonan tersebut setelah itu digoreng dengan minyak goreng tapi apinya jangan terlalu besar agar tidak gosong.

            Menu yang kedua daun ungu ini dapat digunakan sebagai teman makan yaitu dengan dijadikan oseng-oseng daun ungu dengan cara: daun ungu yang dibersihkan dipotong-potong setelah itu daun ungu di tumis dengan dicampur sayur sawi atau toge dan ditambah dengan irisan bawang merah dan bawang putih tapi jangan dikasih cabe karena orang yang ambient dilarang keras untuk makan pedas, setelah itu dikasih penyedap rasa dan ditambahkan secukupnya kecap setelah itu dihidangkan.

            Menu yang ketiga yaitu daun ungu dapat digunakan sebagai pangsit kuah daun ungu dengan cara: menyiapkan 20 lembar kulit pangsit dan beberapa lembar daun ungu yang sudah dibersihkan dan di iris kasar, setelah itu siapkan untuk bahan isinya yaitu 100 gr daging ayam cincang, 100 gr udang cincang,1 cm jahe, cincang,1 btg daun bawang, iris tipis,1 sdt minyak wijen,2 siung bawang putih, cincang halus,½ sdt garam, ½ sdt lada,1 btr telur. Setelah itu membut kuahnya dengan bahan :1500 ml kaldu ayam,1 btg daun bawang, potong ½ cm,1 sdt kecap asin,½ sdt garam,½ sdt lada,1 sdt minyak wijen dan cara membuatnya yaitu dengan :
1. Rebus bahan kuah hingga mendidih. Angkat, sisihkan,2. Aduk semua bahan isi, uleni sampai kalis,3. Ambil selembar kulit pangsit, beri 1 sendok the adonan isi, bentuk segitiga, rekatkan ujungnya dengan putih telur, tekuk kulit ke belakang. Lakukan sampai adonan habis.
4. Didihkan air dalam panci, rebus pangsit sampai terapung, angkat, masukkan ke dalam kuah. Masak sebentar, dan terakhir masukkan daun ungu. Angkat, sajikan pangsit dengan taburan bawang goreng.

            Dengan mengkonsumsi berbaga menu yang disajikan insya allah dapat membantu menyembuhkan ambient. Ambient adalah penyakit yang menahun jadi kta harus sabar dalam mengobatinya karena Allah SWT menguji kesabaran hambanya yang terakhir adalah dengan diberinya ujian sakit apakah hambanya tersebut akan sabar atau malah sebaliknya dan perlu di ingat juga Allah SWT tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan kita, oleh karena itu kita sebagai umatnya harus berusaha maka Allah akan memberikan jalan kepada kita. Dialah yang memberikan penyakit maka dia juga yang akan memberikan obat kepada kita. Sebagaimana yang terkandung dalam hadis yang diriwayatkan Abu dawud :”Sesungguhnya Allah menurunkan penyakit dan obat, dan menjadikan bagi setiap penyakit obatnya, maka (berobatlah kamu sekalian, tetapi) jangan berobat dengan yang haram.” (HR. Abu Dawud). Selain itu juga hadist yang diriwayatkan oleh muslim :”Dari Jabir berkata, “Rasulullah bersabda, bagi tiap-tiap penyakit itu ada obatnya, apa bila obat yang dengan penyakitnya maka ia sembuh dengan izin Allah.” (H.R. Muslim).

Kandungan yang terdapat pada daun ungu

            Kandungan kimia yang terdapat pada daun ungu antara lain : Alkaloid, Pektin, Asam formiat, Glikosida, Steroid, Saponin, Tanin, Klorofil ( zat hijau daun ), Lendir sedangkan pada batang daun ungu memiliki kandungan kimia antara lain: Kalsium oksalat,Asam formic, Lemak.

Gambar

Sumber :www.plantamor.com

            Dengan berbagai kandungan kimiawinya ini daun ungu mempunyai sifat sebagai antiinfamasi, peluruh air seni, mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan (daun ungu hanya melunakkan tinja, tidak sampai diare berlebih) pelembut kulit kaki, melunakkan feces, dan mengempiskan wasir. Dengan kandungan kimianya juga terdapat pada daunnya sehingga daun ungu dapat menyembuhkan ambient.

Kesimpulan

1. Wasir, atau sering disebut ambeien  adalah penyakit atau gangguan pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai pendarahan.

  1. Secara umum, ambeien dibagi dua yaitu Ambeien Internal dan Ambeien Eksternal. Ambeien Internal, pembengkakan terjadi dalam rektum sehingga tidak bisa dilihat atau diraba. Pembengkakan jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit syaraf di daerah rektum. Sedangkan ambient eksternal adalah menyerang anus sehingga menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal.
  2. Faktor-faktor penyebab timbulnya ambient kurang dalam berolahraga, duduk atau berdiri terlalu lama, keturunan(genetika), terlalu banyak aktivitas sehingga kecapekan.
  3. Gejala ambient adalah pendarahan saat buang air besar dan timbulnya benjolan yang membuat rasa sakit dan nyeri pada anus saat kita buang air besar.
  4. Daun ungu adalah salah satu obat tradisional yang dapat menyembuhkan wasir. Hal ini dikarenakan daun ungu bersifat antiradang. Cara kerjanya dengan mengobati pembengkakan yang menyertai ambeien. Selain mengurangi pembengkakan, daun ungu juga bersifat analgesik yakni mengurangi rasa sakit akibat nyeri.
  5.  Tanaman daun ungu atau godong ungu (Jawa) mempunyai kandungan kimia antara lain alkaloid non toksik, flavonoid, glikosid, steroid, saponin,tanin, calsium oksalat, asam format dan lemak.
  6. Dengan berbagai kandungan kimiawinya daun ungu mempunyai sifat sebagai antiinflamasi, peluruh air seni, mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan (daun ungu hanya melunakkan tinja,tidak sampai diare berlebih) pelembut kulit kaki, melunakkan faeces, dan mengempiskan wasir.

Daftar pustaka

Dalimartha. 1980. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Bandung: PT Karya Nusantara Jakarta.

Anonymous.2012.deskripsi daun ungu.http://agenanekakeripikmalang.wordpress.com/tag/deskripsi -daun ungu / (Diakses 10Juni 2012)

Anonymous.2012. gejala wasir. http://id.wikipedia.org/wiki/Gejala wasir (Diakses 11 Juni 2012)

Anonymous.2012. kandungan pada daun ungu. http://mukiyem.blogspot.com/2012/04/kandungan pada daun ungu.html (Diakses 18 Juni 2012)

Anonymous.2012.. klasifikasi tumbuhan ungu http://id.wikipedia.org/wiki/klasifikasi tumbuhan ungu (Diakses 18 Juni 2012)

Anonymous.2012.manfaat daun ungu. http://www.facebook.com/note.php?note_id=152948323744 (Diakses 18 Juni 2012)

Anonymous.2012.wasir http://id.wikipedia.org/wiki/wasir (Diakses 19 Juni 2012)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: