ICE KRIMMINAL (ICE KRIM JAMU TRADISIONAL) CEMILAN SUMBER GIZI UNTUK KESEHATAN YANG TERKANDUNG DALAM BERBAGAI REMPAH-REMPAH

Moc. Agus Krisno, Fadilah Swantini

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

Jl. Tlogomas 246 Malang Telp 464318

Abstract

Scientifically that the spice plants contain chemical constituents one of which is Red Ginger essential oils that contain high.Consists of zingeberin, kamfena, zingerbern, gingeral, and also shogool.In addition asolat acidic red ginger, gingerin, malic acid, and organic acids. Ginger rhizome is the main content of protein, carbohydrates, and essential oil consisting of camphor, glucoside, turmerol, and curcumin. Chemical content of the rhizome of Curcuma zedoaria ROSCs kurkuminoit (diarilheptanoid), essential oil, polysaccharides and other groups. Diarilheptanoid known include: curcumin, demetoksikurkumin, bisdemetoksikurkumin, and 1.7 bis (4-hydroxyphenyl) -1,4,6 – heptatrien-3-on.

We as indigenous people are an agricultural country we should be able to utilize our natural resources are very abundant, especially plants herbs in the form of medicines, for example, ginger plant, ginger, one between the findings, saffron-kunyi’s and kencur and many others are nearly equal to that have properties that are very beneficial for human beings, especially their own. As an alternative treatment that does not cost very expensive but also there should be assistance from a doctor if it is considered a very chronic disease. Usually we can do no less an alternative treatment with drugs and we can also mix your own without having to go to the pharmacy and do not have to worry with the existing content in herbal medicine because it is safe from chemicals, if we consume in accordance with the pain that we suffer and herbs as well can be used for refreshment of the body such as turmeric, tamarind, rice kencur and many more. racik current herbal medicine in the packaging in the form of a more prektis krimminal ice (ice cream traditional herbal medicine), manufacture of traditional herbal medicine is also not expensive and we use spices in the form of herbal concoction with something unique in comparison with buying drugs in pharmacies every year the price goes up and its impact is also not particularly good kesehatah liver and kidneys, because many contain the dangers of chemicals.

Key words: astiri oil, honey, spices, cinnamon, brown sugar, organic acids, efficacy, sinom.

 

 

Abstrak

Secara ilmiah bahwa tumbuhan rempah-rempah mengandung kandungan kimia salah satunya yaitu Jahe merah mengandung minyak atsiri yang tinggi.Terdiri dari zingeberin, kamfena, zingerbern, gingeral, dan juga shogool.Selain itu jahe merah mengandung asam asolat, gingerin, asam malat, dan juga asam organik.Kandungan utama rimpang temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Kandungan kimia rimpang Curcuma zedoaria Rosc terdiri dari kurkuminoit (diarilheptanoid), minyak atsiri, polisakarida serta golongan lain. Diarilheptanoid yang telah diketahui meliputi: kurkumin, demetoksikurkumin, bisdemetoksikurkumin, dan 1,7 bis (4-hidroksifenil) -1,4,6- heptatrien-3-on.

            Kita sebagai penduduk asli Negara yang agraris seharusnya kita bisa memanfaatkan hasil alam kita yang sangat melimpah khususnya tanaman rempah-rempah yang berupa obat-obatan misalnya, tanaman jahe-jahean, temulawak, temu-temuan, kunyit-kunyi-an serta kencur dan masih banyak yang lainnya yang hamper sama yang mempunyai khasiat yang sangat menguntungkan bagi makhluk hidup khususnya manusia sendiri. Sebagai alternative pengobatan yang tidak memerlukan biaya yang sangat mahal tetapi harus ada pendampingan juga dari dokter jika penyakit itu dianggap sangat kronis. Biasanya kita bisa melakukan pengobatan alternatif yang tidak kalah dengan obat dan kita juga bisa meracik sendiri tanpa harus pergi ke apotek dan tidak perlu kawatir dengan kandungan yang ada pada jamu karena aman dari bahan kimia, jika kita konsumsi sesuai dengan sakit yang kita derita dan jamu juga bisa di gunakan untuk minuman penyegar tubuh misalnya kunyit asem, beras kencur dan masih banyak lainnya. sekarang ini jamu di racik dengan kemasan yang lebih prektis yang berupa ice krimminal (ice krim jamu tradisional), pembuatan jamu tradisional juga tidak mahal biayanya serta kita memanfaatkan rempah-rempah yang berupa racikan jamu dengan sesuatuyang unik di bandingkan dengan membeli obat di apotek yang setiap tahun harganya naik dan dampaknya bagi kesehatah juga tidak baik khususnya hati dan ginjal, karena banyak mengandung baha-bahan kimia.

 


PENDAHULUAN

            Seiring dengan perkembangan globalisasi maka tidak menutup kemungkinan untuk menemui perbagai penyakit. Karena penduduknya khususnya orang indonesia sendiri yang suka dan gemar mengkonsumsi hal-hal yang praktis mulai dari makanan, minuman, cemilan (junk foot) yang tidak terlepas dari bahan kimia karena semua itu di anggap tidak ribet, praktis, cepat di nikmati, tidak membutuhkan waktu lama untuk mengolahnya dan masih banyak lainnya. Akibat rutinitas yang begitu sibuk yang dialami kebanyakan oleh orang kota setiap hari memungkinkan untuk mengkonsumsi makanan siap saji atau instan.Mungkin kita menganggap penyakit merupakan sebuah mimik yang sangat menakutkan dan dapat pula mengancam kesejahteraan kita untuk menjalani hidup, tetapi semua itu tidak harus di budidayakan karena banyak alternatif yang dapat kita lakukan dengan berbagai usaha misalnya, kita bisa membuat cemilan sehat, murah dan praktis dengan kemasan ice krimminal yang dapat disajikan dalam waktu formal maupun informal, contoh disajikan ketika menonton bareng dengan keluarga, santai di siang hari sambil menikmati ice krimminal hingga acara pestapun dapat menjadi menu hidangan dan masih banyak yang lainnya. Kita mengetahui sebenarnya, bahwa tumbuhan rempah-rempah mudah kita temui, karena tumbuhan ini biasanya tumbuh di daerah sekitar kita dan kita sering menjumpainya di perkarangan rumah, lahan-lahan yang kosong  dan warga desa juga sering memanfaatkan lahanya untuk pertanian rempah-rempah sebagai obat tradisional misalnya dapat di gunakan sebagai jamu. Melihat kenyataan yang sudah jelas terpampar bahwa Indonesia merupakan Negara berkembang,maka secara tidak langsung kebanyakan masyarakat sudah meninggalkan warisan nenek moyang secara berlahan-lahan yaitu pengobatan secara tradisionaldengan mengkonsumsi jamu dan lebih suka memilih yang instan-instan saja, maka tidak heran jika pengobatan tradisional hampir punah, tetapi masyarakat tidak perlu cemas karena jamu sudah di rancang secara modern dengan digsain es krimminal (es krim jamu tradisional), sehingga di mungkinkan tidak ada diskriminasi jika es krimminal di jual di pasar.

Jamu sudah kita kenal berabad-abad di Indonesia yang mana pertama kali jamu di kenal dalam lingkungan istanah atau kraton yaitu kesultanan Djogjakarta dan kesunanan di Surakarta.Zaman dahulu resep jamu hanya dikenal di kalangan kraton dan tidak diperbolehkan keluar kraton, tetapi seiring dengan perkembangan zaman orang-orang lingkungan kraton sendiri yang sudah modern, mereka mulai mengajarkan meracik jamu kepada masyarakatluar kraton, sehingga jamu berkembang pesat sampai saat ini, tidak hanya saja di Indonesia tetapi di luar negeri juga ada. Bagi masyarakat Indonesia jamu merupakan resep turun temurun dari leluhurnya agar dapat dipertahankan dan di kembangkan, maka bahan-bahan jamu itu sendiri di ambil dari tumbuh-tumbuhan yang ada di  sekitar rumah baik dari akar, daun,  buah, bunga, kulit kayu maupun ubi-ubian. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan mendapatkan penyembuhanberbagai penyakit yaitu salah satunya dengan mengolah sendiri jamu dengan cara membuat menu ice krimminal sesuai jamu yang ingin di konsumsi. Sehingga Indonesia dikenal akan kekayaan alam yang melimpah dengan tanah yang subur dan hamparan bermacam-macam tanaman rempah-rempah yang luas dan kaya akan khasiat.

Jamu merupakan peninggalan nenek moyang kita sejak dahulu kala yang terbuat dari berbagai macam rempah-rempah dan mempunyai khasiat yang luar biasa serta di sisi lain tidak mempunyai efek samping misalnya ketergantungan(kecanduan), dan jika mengolah jamu prosesnya juga tidak sulit karena mudah cara pengolahanya dan bisa bertahan hingga kurang lebih satu minggu, namun dengan adanya es krimminal maka jamu bisa kita konsumsi hingga kurang lebih satu bulanan. Bahan-bahan yang di butuhkan untuk proses pembuatan jamu juga tidak sulit kita temui karena tumbuhan rempah-rempah ini biasanya di jual di pasar-pasar  dan kadang kala kita tidak perlumembelinya, karena mudah kita temui di sekitar kita seperti, di halaman rumah, di perkarangan, di lahan liar dan sebagainya. Jamu di jual dengan harga yang sangat terjangkau untuk semua kalangan ekonomi dan kemungkinan efek sampingnya juga tidak begitu mengancam kesehatan malahan membuat badan kita terasa segar, di bandingkan dengan obat yang di jual di apotek maupun warung-warung kecil jauh berbedah, yaitu harganya yang mahal dan tidak semua kalangan ekonomi bisa membelinya bisanya hanya kalangan menenga atas dan kalangan menengah tengah saja yang mudah mendapatkannya, obat juga sangat berbahaya bagi organ-organ dalam tubuh kita misalnya saja pada hati dan ginjal.

Dalam pengajuan tugas dasar-dasar ilmu gizi dan perbaikan nilai yang berbentuk artikel. Saya mempunyai tema dan berinisiatif baru dengan mendigsain pengolahan jamu dengan cara modern, lebih praktis, efisien, tidak rumit, dan unik jika menjadi hidangan untuk keluarga maupun kerabat dekat serta acara pesta, dan tidak perlu khawatir karena aman di konsumsi untuk semua klangan mulai dari prasekolah hingga orang tua dan aman bagi kesehatan. Jamu yang saya olah secara modern ini berupa ice krimminal (es krim jamu tradisional) dimana secara garis besar masyarakat lebih tertarik dengan hal-hal yang unik dan hampir kebanyakan semua orang suka dengan ice krim yang beraneka rasa buah, coklat dan sebainya, tetapi sekarang es krim di olah dengan cara unik dan berbeda  dari yang lain. Melihat soal rasa kita tinggal menyesuaikan sesui yang kita inginkan misalnya kita ingim membuat ice krim beras kencur, kunyit asam, temulawak dan masih banyak lainnya.

BAHAN-BAHAN DALAM RACIKAN JAMU, MISALNYA:

  1. A.   JAHE MERAH

http://www.google.co.id/imgres?q=jahe+merah.html

Klasifikasi Jahe Merah(Zingiber officinale varientas rubrum)

Kingdom        : Plantea

Subkingdom : Tracheobionta

Superdivisi    : Spermatorhyta

Divisi              : Magnoliophyta

Kelas              : Liliopsida

Subkelas       : Commelinidea

Ordo               : Zingeberale

Famili             : Zingeberaceae

Genus                        : Zingeber

Spesies          : Zingiber officinale varientas rubrum.

 

DiskripsiJahe Merah

Rimpang dan akar jahe merah yaitu mempunyai rimpang lebih kecil, berwarna merah  sampai jingga muda. Seratnya agak kasar, aromanya tajam dan rasanya  sangat pedas, mempunyai batang agak keras, berbentuk bulat kecil, berwarna hijau kemerahan, diselubungi oleh pelepah daun, mempunyai daun berselang-seling teratur, warna daun  lebih hijau, permukaan daun atas berwarna hijau muda, jika dibanding dengan bagian bawah.Jahe merah memiliki rimpang berwarna merah dan lebih kecil dari pada jenis jahe lainnya. Jahe merah dapat dipanen ketika tanaman sudah tua karena akan semakin banyak menghasilkan kandungan minyak atsiri dibanding dengan kedua jenis jahe lainnya. Kegunaan jahe merah dapat diolah menjadi sajian minuman yang menghangatkan tubuh, minuman segar, minuman dalam bentuk bubuk, obat-obatan dalam bentuk kapsul atau pil, campuran dalam beberapa jenis makanan dan masih banyak lainnya.

Kandungan KimiaJahe Merah

Rimpang jahe merah memiliki banyak kandungan senyawa alami, antara lain : Gingerol dan minyak terbang, seperti limonene, 1,8 cincole, 10 dehydrogingerdione, 6 gingerdione, arginine, a-linolenic acid, aspartic, β-sitostrerol, caprylic acid, capsaicin, chlorogenis acid, farnesal, farnesene, farnesl dan unsur pati seperti tepung kanji, serta serat-serat resin dalam jumlah sedikit. Volatile oil (minyak menguap) misalnya, Non-volatile oil (minyak yang tidak menguap) dan pati.Minyak atsiri yang merupakan salah satu komponen senyawa yang memberikan aroma yang khas pada jahe merah. Di dalam minyak atsiri juga mengandung uraian senyawa seperti:n-nonylaldehyde, d-camphene, d-β phellandrene, methyl heptenone, cineol, d-borneol, geraniol, linalool, acetates dan caprylate, citral, chavicol dan zingiberene. Kesemua komponen yang termasuk dalam minyak atsiri sering digunakan untuk bahan baku dalam pembuatan jenis obat-obatan tertentu dan industri farmasi lainnya. Jika dihitung berdasarkan berat kering jahe merah mengandung minyak atsiri sebesar 2,58 – 2,72 %.Oleoresin termasuk dalam kelompok minyak yang tidak menguap yang terdapat pada jahe merah.Oleoresin yakni suatu unsur kimia pendukung yang memberikan rasa pahit dan pedas pada jahe merah.Pencapaian senyawa Oleoresin pada jahe sekitar 3 % namun tergantung dari jenis jahe, karena jahe ada yang memiliki persamaan dan perbedaan kandungan senyawa.

Manfaat Dan Khasiat Jahe Merah

            Jahe merah mengandung minyak atsiri yang tinggi, terdiri dari zingerberin, kamfena, zingebern, gingeral, dan juga shogool.Selain itu jahe merah juga mengandung asam aksolat, gingeri, asam malat, dan asam organic.Manfaat jahe merah adalah ebagai radang tenggorokan, sakit pinggang, meredakan asma, mengobati nyeri otot, menghangatkan badan, menabah napsu makan, dan mencegaah masuka angin.Selain itu jahe merah cocok untuk pria yang sudah menikah karena dapat meningkatkan gairah seks, rasanya yang panas dan hangatnya membuat pembuluh darah lebih terbuka dan aliran darah menjadi lancer dan dapat mengatasi gangguan erasi ataumencegah impotensi. Di cina jahe merah digunakan sebagai Viagra alami, mencegah kemanduan, merangsang keluarnya air susu,mendorong produksi getah bening, menjaga kekebalan tubuh, dan memperkuat daya tahan sperma, unsur finensial yang terkandung dalam tanaman ini juga mampu menjaga proses penuaan karena merangsang regenerasi sel kulit. Perlu diperhatikan bahwa jika ingin mengkonsumsi jahe merah disarankan jika ada yang anda mempunyai sakit maag, sebaiknya harus berhati-hati dengan jahe merah karena kandungan gingerolnyayang tinggi dapat membuat lambung menjadi panas dan teriritasi, sehingga maagnya bertambah kronis.Selain itu jahe merah juga dapatmenggugurkan kandungan dan sebaiknya digunakan secara tepat.

Efek Farmakologis:

merangsang selaput lendir perut besar dan usus,mengurangi rasa sakit memperkuat khasiat obat lain yang dicampurkan,menghambat jamur condida albicans,antiholinesterase,anestetik,perangsang aktifitas saraf pusat,merangsang ereksi,merangsang keluarnya keringat,penguat hepar,penekan prostaglandinmerangsang keluarnya ASI,penghambat enzim siklo oksigense,anti pendarahan di luar haid,merangsang kekebalan tubuh,merangsang produksi getah bening,merangsang hormon androgen,menghambat hormon estrogen,mencegah hiper lipoprotein,merangsang regenerasi sel kulit,mencegah kemandulan,memperkuat daya tahan sperma.

  1. B.   TEMULAWAK

http://www.google.co.id/imgres?q=temulawak.html

Klasifikasi Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb)

Kingdom        : Plantae
Subkingdom : Tracheobionta
Super Divisi  : Spermatophyta
Divisi              : Magnoliophyta
Kelas              : Liliopsida
Sub Kelas     : Commelinidae
Ordo               : Zingiberales
Famili             : Zingiberaceae)
Genus                        : Curcuma
Spesies          : Curcuma xanthorrhiza Roxb.

 

Diskripsi Temulawak

Temulawak (curcuma xanthorrhiza) banyak ditemukan di hutan-hutan daerah tropis.Temulawakjuga berkembang biak di tanah tegalan sekitar pemukiman, terutama pada tanah gembur, sehingga buah rimpangnya mudah berkembang menjadi besar. Temulawaktermasuk jenis tumbuh-tumbuhan herba yang batang pohonnya berbentuk batang semu dan tingginya dapat mencapai 2 meter.Daunnya lebar dan pada setiap helaian dihubungkan dengan pelapah dan tangkai daun yang agak panjang.Temulawakmempunyai bunga yang berbentuk unik (bergerombol) dan berwarna kuning tua.Rimpang temulawak sejak lama dikenal sebagai bahan ramuan obat.Aroma dan warna khas dari rimpang temulawak adalah berbau tajam dan daging buahnya berwarna kekuning-kuningan.Daerah tumbuhnya selain di dataran rendah juga dapat tumbuh baik sampai pada ketinggian tanah 1500 meter di atas permukaan laut.

Kandungan Kimia dan Manfaat Temulawak:

Kandungan utama rimpang temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri,  yang terdiri atas kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Kurkumin bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu). Temu lawak memiliki efek farmakologi yaitu, hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri sendi. Manfaat lainnya yaitu, meningkatkan nafsu makan, melancarkan ASI, dan membersihkan darah.Selain dimanfaatkan sebagai jamu dan obat, temu lawak juga dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat dengan mengambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur makanan untuk bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan. Di sisi lain, temu lawak juga mengandung senyawa beracun yang dapat mengusir nyamuk, karena tumbuhan tersebut menghasilkan minyak atsiri yang mengandung linelol, geraniol yaitu golongan fenol yang mempunyai daya repellan nyamuk Aedes aegypti.

Beberapa Resep Herbal Temulawak:

Sakit limfa, sakit ginjal, sakit pinggang, maag,sakit perut, sakit perut pada waktu haid,menghilangkan bau amis sewaktu haid,memperbanyak produksi asi, memacu asi yang macet,kesulitan buang air besar/berak,sembelit, menambah nafsu makan,  sariawan,membersihkan darah,penyakit eksim,mengobati penyakit kuning (gangguan pada hati/lever), demam malaria, sembelit, serta memperbanyak asi,badan yang terlalu capek karena kebanyakan kerja atau sehabis jatuh sakit,hepatitis,asma.bisul.Kolesterol,bau badan,batuk.

 

  1. C.   TEMU PUTIH


http://www.google.co.id/imgres?q=temu+putih.html

Klasifikasi Temu Putih (Curcuma zedoaria)

Kingdom        : Plantae

Divisio                        : Spermatophyta
Subdivisio     : Angiospermae
Kelas              : Monocotyledonae
Ordo               : Zingiberales
Famili             : Zingiberaceae
Genus                        : Curcuma
spesies          : Curcuma zedoaria.

Diskripsi Temu Putih

            Tumbuhan ini berupa tumbuhan tahunan, tinggi mencapai 2 m, tumbuh tidak berkelompok.Daun berbentuk lanset memanjang berwarna merah lembayung di sepanjang tulang tengahnya.Bunga keluar dari rimpang samping, menjulang ke atas membentuk bongkol bunga yang besar.Mahkota bunga berwarna putih, dengan tepi bergaris merah tipis atau kuning.Rimpang berwarna putih atau kuning muda, rasanya sangat pahit.Batang sesungguhnya berupa rimpang yang bercabang di bawah tanah, berwama coklat muda coklat tua, di dalamnya putih atau putih kebiruan, memiliki umbi bulat dan aromatik. Daun tunggal, pelepah daun membentuk batang semu, berwarna hijau coklat tua, helaian 2-9 buah, bentuk memanjang lanset 2,5 kali lebar yang terlebar, ujung runcing-meruncing, berambut tidak nyata, hijau atau hijau dengan bercak coklat ungu di tulang daun pangkal, 43-80 cm atau lebih. Bunga majemuk susunan bulir,diketiak rimpang primer, tangkai berambut. Daun pelindung berjumlah banyak, spatha dan brachtea; rata-rata 3-8 x l,5-3,5cm. Kelopak 3 daun, putih atau kekuningan, bagian tengah merah atau coklat kemerahan, 3-4 cm. Mahkota: 3 daun, putih kemerahan, tinggi rata-rata 4,5 cm. Bibir bibiran membulat atau bulat telur terbalik, ujung 2 lobe, kuning atau putih, tengah kuning atau kuning jeruk, 14-18 x 14-20 mm. Benang sari 1 buah, tidak sempuma, bulat telur terbalik, kuning terang, 12-16 x 10-115 mm, tangkai 3 5 x 2-4 mm, kepala sari putih, 6 mm. Buah: berambut, rata-rata 2 cm. Waktu berbunga Agustus – Mei. Tumbuh di daerah tropis, 750 m dibawah permukaan air Iaut, di Jawa dibudidayakan sebagai tanaman obat, di bawah naungan. Produksi terpenoid pada kultur organ Curcuma zeodaria relatif lebih banyak bila dibandingkan kultur kalus. Diferensiasi sel dapat menginduksi biosintesis terpenoid.

Kandungan Kimia Temu Puti

Rimpang mengandung zat wama kuning kurkumin (diarilheptanoid). Komponen minyak atsiri dari rimpang Cucrcuma zedoaria terdiri dari: turunan Guaian (Kurkumol, Kurkumenol, Isokurkumenol, Prokurkumenol, Kurkurnadiol), turunan Germakran (Kurdion, Dehidrokurdion),  Seskuiterpen furanoid dengan kerangka eudesman (Kurkolon). Kerangka Germakran (Furanodienon, Isofuranodienon, Zederon, Furanodien, Furanogermenon), kerangka Eleman (Kurserenon identik dengan edoaron, Epikurserenon, Isofurano germakren),Asam-4-metoksi sinamat (bersifat fungiStatik). Senyawa alamiah dalam temu putih ini secara tradisional sebagai anti mikroba dan anti fungal, senyawa yang teridentifikasi adalah cyclopropanosesquitertene, curcumenone dan 2 spirolactones, curcumanolide A dan curcumanolide B. Pada shoots muda dari C. zedoaria mengandung (+) (-) germacrone -4,5 epoxide, sebuah intermediet kunci pada biogenesis a germacrone tipe sesquiterpenoids. Di negara Brazil, digunakan sebagai obat penurun panas.Aktivitas ini dikarenakan adanya senyawa yang bertanggung jawab yaitu curcumenol (Navvaro, 2002). Kandungan kimia rimpang Curcuma zedoaria Rosc terdiri dari : kurkuminoid (diarilheptanoid), minyak atsiri, polisakarida serta golongan lain. Diarilheptanoid yang telah diketahui meliputi : kurkumin, demetoksikurkumin, bisdemetoksikurkumin, dan 1,7 bis (4-hidroksifenil)-1,4,6-heptatrien-3-on (Windono dkk, 2002). Minyak atsiri berupa cairan kental kuning emas mengandung : monoterpen dan sesquiterpen. Monoterpen terdiri dari: monoterpen hidrokarbon (alfa pinen, D-kamfen), monoterpen alkohol (D-borneol), monoterpen keton (D-kamfer), monoterpen oksida (sineol). Seskuiterpen pada Curcuma zedoaria terdiri dari berbagai golongan dan berdasarkan penggolongan yang dilakukan terdiri dari : golongan bisabolen, elema, germakran, eudesman, guaian dan golongan spironolakton. Kandungan lain meliputi : etil-p-metoksisinamat, 3,7-dimetillindan-5-asam karboksilat.

Manfaat dari Temu Putih :

Temu putih atau yang biasa disebut dengan curcuma mangga mengandung “protein toksis” yaitu sejenis Ribosom in Activating Protein ( RIP ) yang berfungsi sebagai protein yang mampu menonaktifkan Ribosom, sehingga sintesa protein di dalam sel terganggu. Protein inilah yang akan melakukan penetrasi ke dalam sel kanker sehingga sel kanker tidak dapat berkembang biak, karena sel kanker memiliki batas umur, maka lama-kelamaan akan habis dengan sendirinya. RIP bertugas memblokade pengembangbiakan sel kanker, sehingga lama-lama akan habis. Antioksidan pada temu putih dapat mencegah kerusakan gen. Dimana kerusakan gen adalah salah satu penyebab utama terjadinya kanker. Zat anti inflamsi pada temu putih berfungsi untuk menghilangkan peradangan, karena kanker selalu disertai peradangan.Temu putih merupakan herbal alami, sehingga tidak menimbulkan efek samping meskipun digunakan dalam jangka panjang akan tetap aman bagi manusia. Temu putih juga dapat dimanfaatkan sebagai obat kudis, radang kulit, pencuci darah, perut kembung, gangguan saluran pencernaan dan obat herbal alami sebagai pembersih dan penguat

(tonik) sesudah masa nifas pasca melahirkan. Temu putih dapat mengatasi nyeri haid (dismenore).Dapat membantu mengatasi menstruasi tidak teratur (anemore).Dapat membersihkan darah, akibat perdarahan atau luka berat.Membantu mengatasi gangguan pencernaan (dispepsi).Mengatasi rasa mual dan perut kembung.Mengatasi gangguan pembesaran hati (hepatomegali) akibat pembengkakan atau infeksi pada liver.Dapat mengatasi gangguan limpa (Splemonegali). D apat mengatasi berbagai jenis kanker ( kanker yang berkaitan erat pada wanita ) misalnya kanker rahim, tumor rahim, kista, miom dsb. Dan temu putih dapat meningkatkan efektivitas dan kerja dari tiap jaringan tubuh bagi seseorang yang sedang melakukan kemoterapi.

Cara Pembuatan Salah Satu Ice Krimminal (Ice Krim Jamu Tradisional) Yaitu:

Pembuatan es krim dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Baqoroh (168).

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan,  karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu”(2:168).

http://www.google.co.id/imgres?q=ice+krim.html

v Bahan dan Alat untuk Membuat Es Krim Kunyit Asam (Penyegar Tubuh):

  1. Kuncit
  2. Asam jawa
  3. Daun buah asam yang masih mudah (sinom)
  4. Air
  5. Gula (bisa gula jawa maupun gula pasir sesuai selera)
  6. Madu
  7. Kayu manis
  8. Blender
  9. Panci + alat pengaduk

10. Kulkas (freezer)

v  Step 1 (membuat serbuk jamu kunyit asam terlebih dahulu):

  1. Kunyi dikupas hingga bersih kemudian dicuci.
  2. Kuncit digiling atau diparut dan diambil airnya (sarinya) dan di kasih air sedikit.
  3. Direbus hingga tersisa air sarinya saja.
  4. Kemudian dimasukkan gula sesuai selera.
  5. Diaduk hingga adonan menggumpal sampai menjadi serbuk.

v  Step 2 (cara membuat es krim jamu kunyit asam):

  1. Merebus air hingga mendidih, kemudian memasukkan serbuk jamu kunyit asam ke dalam panci+menuangkan daun buah asam (sinom) + kayu manis menjadi satu dalam panci.
  2. Jangan lupa mengaduk terus secara pelan-pelan dan jangan sampai terjadi endapan diatas adonan.
  3. Setelah adonan di atas setengah mengental, kemudian memasukkan madu sesuai selera hingga benar-benar kental.
  4. Setelah sudah mateng, adonan dituangkan kedalam wadah es krim dan meletakkannya kedalam freezer.
  5. Setelah dimasukkan kedalam freezer jangan lupa setiap 1 jam diaduk agar tidak terjadi pengkristalan es
  6. Setelah 3-4 kali diaduk maka letakkan lagi es krim kedalam freezer
  7. Menunggu hingga kurang lebih 3 jam dan siap dihidangkan dan sebelum dihidangkan 10 menit dikeluarkan dari freezer sebelum dinikmati.

v  Step 3

  1. Jika ingin membuat es krim yang lainnya tinggal menyesuaikan penyakit yang sedang dikeluhkan beserta bahan-bahan yang diperlukan.

Kesimpulan

  1. Jahe merah mengandung minyak atsiri yang tinggi. Terdiri dari zingeberin, kamfena, zingerbern, gingeral, dan juga shogool. Selain itu jahe merah mengandung asam asolat, gingerin, asam malat, dan juga asam organik.
  2. Kandungan utama rimpang temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin.
  3. Kandungan kimia rimpang Curcuma zedoaria Rosc terdiri dari kurkuminoit (diarilheptanoid), minyak atsiri, polisakarida serta golongan lain. Diarilheptanoid yang telah diketahui meliputi: kurkumin, demetoksikurkumin, bisdemetoksikurkumin, dan 1,7 bis (4-hidroksifenil)-1,4,6- heptatrien-3-on.
  4. Sebagai alternatif penyembuhan penyakit kita harus merasa optimis untuk penyembuhan penyakit yang kita derita, karena ada sebuah alternatif untuk menggantikan obat yang harganya mahal dengan mengolah sendiri obat yang lebih bermutu yaitu dengan cara mengolah es krimminal.
  5. Banyak khasiat yang diberikan rempah-rempah khususnya tumbuhan obat misalnya jahe merah, temulawak, temu putih, dan sebagainya.
  6. Pengobatan tidak harus mengeluarkan biaya banyak dan mahal kita bisa mengolahnya dengan berbagai cara untuk mengolahnya salah satunya dengan cara pengolahan ice krimminal dan bahan-bahan yang diperlukamuda  peroleh dari lingkungan sekitar kita.

Daftar Pustaka

Navvaro.2002. Apotik Hidup dari Rempah-Rempah dan Tanaman Liar. Jakarta: Intan Pariwara

Windono,dkk.2002. Apotik Hidup dari Rempah-Rempah dan Tanaman Liar.Bandung:Yrama Widya.

Anonimous.2003.http://www.detikfood.com/lezatdanpraktis/minuman/2003/12/15/20031215-105048.shtml. Diakses 16 Juni 2012.

Anonimous.2009. http://www.nyonyameneer.com/indonesia/tentang-jamu.php.Diakses  16 Juni 2012.

Anonimous.2009. http://www.zonateknologi.com/manfaat-dan-khasiat-dari-jahe-merah.html.  Diakses 16 Juni 2012

Anonimous.2009. http://istanabenalu.blogspot.com/2009/10/temu-putih-curcuma-zedoaria.html.  Diakses 16 Juni 2012

Anonimous.2010. http://notonlygreen.blogspot.com/2010/11/temulawak-curcuma-xanthorrhiza-roxb.html. Diakses 16 Juni 2012

Anonimous.2011. http://www.prasko.com/2011/08/klasifikasi-kandungan-dan-manfaat.html.  Diakses 16 Juni 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: