MENU ROSELLA SEBAGAI PENGOBATAN HIPERTENSI ROSELLA MENU AS A TREATMENT OF HYPERTENSION

Moc. Agus Krisno B, Windy Agustiyan

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

Jl. Tlogomas 246 Malang Telp 464318

 

 

ABSTRACT

Rosella is kind of herbal plant known as the jewel plant world because it has benefits for the high treatment. People of Indonesia have long been used as traditional medicine rosella. One of them as a treatment for patients with hypertension. Rosella can be processed into various foods or beverages such as: rosella jam, syrup rosella, Rosella tea, pudding roselle, roselle jelly, candied roselle, rosella and chips.

Hypertension or high blood pressure is a disease caused by abnormal blood pressures increased in the arteries. Penyakir hypertension is also one factor prnyebab stroke, heart attack, and kidney failure. If people with hypertension do not receive the treatment and control on a regular basis, there would have been serious cases of bias and even cause death.

Many factors that cause hypertension include lifestyle is not healthy and balanced, genetic or hereditary factors, low activity / lack of exercise, obesity / overweight, and smoking.Most of the hypertension caused by strees or too much trouble, so that blood pressure rises for a while.

ABSTRAK

Rosella adalah jenis tanaman herbal yang dikenal sebagai tanamana permata dunia karena memiliki manfaat untuk pengobatan yang tinggi.Masyarakat Indonesia telah lama menggunakan rosella sebagai obat tradisional.Salah satunya sebagai pengobatan bagi penderita hipertensi. Rosella bisa diolah menjadi berbagai makanan atau minuman antara lain : selai rosella, sirup rosella, teh rosella, puding rosella, agar-agar rosella, manisan rosella, dan kripik rosella.

Hipertensi atau darah tinggi adalah penyakit yang disebabkan oleh peningkatan tekana darah abnormal  didalam arteri. Penyakit hipertensi juga menjadi salah satu factor prnyebab stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal. Apabila penderita hipertensi tidak mendapat pengobatan serta control secara teratur, maka akan terjadi kasus-kasus serius bahkan bias menyebabkan kematian.

Banyak factor yang menyebabkan hipertensi antara lain pola hidup yang tidak sehat dan seimbang, factor genetic atau keturunan, aktifitas yang rendah / kurang berolahraga, obesitas / kegemukan dan merokok. Sebagian besar hipertensi disebabkan oleh strees atau terlalu banyak masalah, sehingga tekanan darah naik untuk sementara waktu.

  1. I.     PENDAHULUAN

Hipertensi adalah penyakit tekanan darah tinggi atau kondisi menis di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama).Hipertensi atau tekanan darah tinggi telah menjadi penyakit yang umum bagi banyak orang saat ini, apalagi bagi orang – orang yang tinggal di kawasan perkotaan.Hipertensi menjadi salah satu factor penyebab stroke, gagal ginjal, serangan jantung, dll.

Penyakit hipertensi ini memang sulit untuk dideteksi secara akurat. Sebagian besar penyakit hipertensi ini baru akan menyadari jika dia sudah terjadi komplikasi pada organ lain seperti ginjal, mata, otak, dan jantung.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang memiliki tekanan darah tinggi.Ada factor yang tidak dapat dikendalikan dan ada pula factor yang dapat dikendalikan sehingga bias diatasi. Beberapa factor yang dapat dikendalikan adalah : kolesterol, garam, obesitas, stress, rokok, alcohol, kurang olahraga, dll. Sedangkan factor yang tidak dapat dikendalikan adalah keturunan dan usia.

Bila seseorang mengalami penyakit hipertensi dan tidak mendapatkan pengobatan dan pengontrolan secara teratur (rutin), maka hal ini dapat membawa sipenderita kedalam kasus-kasus serius bahkan bisa menyebabkan kematian.Salah satu obat tradisional yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman dari bahan rosella.

Sumber : http://www.tehrosella.org/rosella/

Rosela merah (Hibis­cus sabdariffa) dulu merupa­kan penghias pagar rumah atau pekarang­an.Saat ini rosella sudah tersebar di seluruh dunia, bahkan di Indonesia banyak sekali ditemukan.Namun jenis yang paling banyak dibudidayakan ada­lah rosela ber­bunga merah. Kelopak rosella sangat manis dipandang,bentuknya seperti strawberry sehingga kelopaknya sering dianggap sebagai bunga oleh masyarakat.

Bunga rosela yang keluar dari ketiak daun, merupakan bunga tunggal yang artinya pada setiap tangkai hanya terdapat satu bunga.Bunga ini mempunyai 8-11 helai kelopak yang berbulu, panjangnya 1cm, pangkalnya saling berlekatan, dan berwarna merah.Bagian inilah yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan minuman.

Rosella secara tradisional dimanfaatkan sebagai bahan minuman dan makanan yang diduga berkhasiat menurunkan tekanan darah.Sama seperti obat penurun tekanan darah, bunga berwarna merah ini dikatakan dapat membuka pembuluh darah lebih lebar, menurunkan kekentalan darah dan meningkatkan produksi urin sehingga dapat mengurangi volum darah.

Rosella indonesia lebih kayak akan vitamin dan mineral, orang selama ini banyak menganggap rosella nusantara kita masih kalah kualitasnya dengan rosella2 yg ada dinegeri orang. Rosella merah mengandung berbagai senyawa berkhasiat, seperti antioksidan, asam esensial, beta karoten, potasium, zat besi, dan berbagai jenis vitamin.zat warna merah di kelopak bunga perdu ini dapat mematikan Mycobacterium tuberculosis, bakteri penyebab penyakit TBC.

Beberapa zat gizi lain yang terkandung dalam rosela adalah niasin, protrin, dan riboflavia serta besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi pada kelopak segar rosella dapat mencapai 8,89 mg/100g, sedangkan pada daun rosella sebesar 5,4 mg/100g. Selain itu, kelopak rosella mengandung 1,12% protein, 12% serat kasar, 21,89 mg/100g sodium, vitamin C dan A (Mardiah, dkk., 2009).

Selain mengandung vitamin C, kelopak bunga rosela juga mengandung vitamin A dan 18 jenis asam amino yang diperlukan tubuh. Salah satunya adalah arginin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Disamping itu, rosela juga mengandung protein, kalsium dan unsur-unsur yang berguna bagi tubuh (Maryani dan Lusi, 2008).
Secara alamiah zat besi (Fe) pada manusia diperoleh dari makanan.Kekurangan zat besi dalam menu makanan sehari-hari dapat menimbulkan penyakit anemia atau yang dikenal masyarakat sebagai penyakit kurang darah. Unsur Fe penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Dengan ini diharapkan kandungan zat besi pada kelopak rosela yang dikonsumsi dapat mensuplai kebutuhan zat besi dalam pembentukan hemoglobin darah.

Selama tiga bulan pertama, penderita hipertensi rutin mengonsumsi teh rosela merah seba­nyak tiga kali sehari. Setelah itu,  merawat kesehat­annya dengan meneguk teh rose­la merah dua kali sehari. Maka dari itu sipenderita bisa ter­bebas dari obat­-obatan kimia yang telah ia konsumsi dan kesehat­annya pun mem­baik.

Teh rosella sudah umum dikonsumsi oleh masyarkat Indonesia. Selain Teh, Roselladapat digunakan sebagai:

1.       Kopi Rosella

2.       Sirup Rosella

3.       Jus Rosella

4.       Selai Rosella

5.       Manisan Rosella

6.       Es Mambo Rosella

7.       Keripik Rosella

8.       Agar – Agar Rosella

Dibawah ini adalah beberapa menu untuk  mengolah rosella lebih enak dan praktis.

  1. 1.    Selai rosella

Sumber :  http://tamanroselladepok.blogspot.com/

Bahan :

  • 250 gr kuntum bunga rosella
  • 1 sdm tepung maizena
  • Air 150 ml
  • Gula pasir 150 gram
    • Air jerk lemon/jeruk nipis 3      sdm
    • ¼ sdt garam halus

Cara Pembuatan :

1      Blender bunga rosella dengan air dan tepung maizena hingga halus.

2      Angkat dan tuang kedalam panic, tambahkan gula dan air.

3      Masak hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan jeruk nipis, pasta, vanilli dan garam.

4      Masak hingga tekstur saus mengental kemudian angkat dan dinginkan selama beberapa menit.

5      Simpan didalam stoples kedap udara dan selai siap di sajikan bahkan bias diperjual belikan.

  1. 2.    Pudding Rosella

Sumber : http://www.foodforkids.biz/index1.php?vresep&id=6

Bahan :

  • 20 kuntum bunga rosella,
  • 1 sachet agar-agar putih
  • 3  gelas belimbing air
  • Gula secukupnya

Cara Pembuatan :

1.    Masak air hingga mendidih dan masukkan bunga rosella. Rebus hingga berwarna merah kemudian angkat dan saring.

2.    Masukan agar-agar sachet putih ke dalam air saringan bunga rosella dan didihkan lagi.

3.    Masukkangula secukupnya sesuai selera, aduk hungga merata.

4.    Matikan api dan dinginkan selama 15 menit.

5.    Tuangkan agar-agar rosella ke dalam cetakan agar – agar sesuai selera.

6.    dinginkan dilemari es.

7.    Agar-agarsiap disajikan.

  1. 3.        Manisan rosella

Sumber : http://shinko-indonesia.indonetwork.co.id/863289/manisan-bunga-rosella.htm

Bahan :

  • Bunga rosella 2kg
  • Gula pasir 0.75kg

Cara membuat:

  1. Bunga rosella dipisahkan dari kelopakdan bijinya.
  2. Cuci bersih rosella dengan air, ulangi 2-3 kali untuk menghilangkan kotoran serta bulu-bulu yang menempel di bunga tersebut.
    rebus air hingga mendidih, lalu masukkan bunga roseela tersebut. Jangan terlalu lama, lalu angkat dan tiriskan.
  3. Setelah tiris, tambahkan gula pasir 0.5 kg dan aduk hingga rata. Jemur diterik matahari selama setengah hari.
  4. Manisan rosella siap disajikan.
  5. 4.    Sirup Rosela

 

 

Sumber : http://jualoleholeh.com/rosella/jual-rosella-sirup-minuman-murah-menyehatkan-di-cirebon/

Bahan :

  • 1 ons kelopak bunga rosella kering
  • 2kg gula pasir
  • 1 liter air

Cara membuat :

1.    Masukan bahan baku rosela kering kedalam panci berisi air matang sebanyak takaran yang sudah ditentukan.

2.    Setelah mendidi masukan gula pasirsedikit demi sedikit sambil diaduk rata hingga selesai selama 20 menit.

3.    Setelah matang saring dengan saringan yang terbuat dari besi agar hasilnya lebih maksimal. Ampas penyaringan sirup ini masih dapat digunakan untuk membuat manisan rosela.

4.    Sirup rosela siap disajikan jadi 1.5 botol ukuran 600ml

II.      KESIMPULAN

 

  • Hipertensi adalah penyakit tekanan darah tinggi atau kondisi menis di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama).
  • Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang memiliki tekanan darah tinggi.Ada factor yang tidak dapat dikendalikan dan ada pula factor yang dapat dikendalikan sehingga bias diatasi.
  • Bila seseorang mengalami penyakit hipertensi dan tidak mendapatkan pengobatan dan pengontrolan secara teratur (rutin), maka hal ini dapat membawa sipenderita kedalam kasus-kasus serius bahkan bisa menyebabkan kematian.
  • Rosella indonesia lebih kayak akan vitamin dan mineral, orang selama ini banyak menganggap rosella nusantara kita masih kalah kualitasnya dengan rosella2 yg ada dinegeri orang.
  • Rosella secara tradisional dimanfaatkan sebagai bahan minuman dan makanan yang diduga berkhasiat menurunkan tekanan darah.
  • Rosella merah mengandung berbagai senyawa berkhasiat, seperti antioksidan, asam esensial, beta karoten, potasium, zat besi, dan berbagai jenis vitamin. zat warna merah di kelopak bunga perdu ini dapat mematikan Mycobacterium tuberculosis, bakteri penyebab penyakit TBC.
  • Beberapa zat gizi lain yang terkandung dalam rosela adalah niasin, protrin, dan riboflavia serta besi yang cukup tinggi.
  • Selain Teh, Roselladapat digunakan sebagai:Kopi Rosella, Sirup Rosella, Jus Rosella, Selai Rosella, Manisan Rosella, dll.
  • Selama tiga bulan pertama, penderita hipertensi rutin mengonsumsi teh rosela merah seba­nyak tiga kali sehari. Setelah itu,  merawat kesehat­annya dengan meneguk teh rose­la merah dua kali sehari. Maka dari itu sipenderita bisa ter­bebas dari obat­-obatan kimia yang telah ia konsumsi dan kesehat­annya pun mem­baik.

DAFTAR PUSTAKA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: