MENU BERAS MERAH SOLUSI MAKANAN PENGGANTI BERAS PUTIH UNTUK PENDERITA DIABETES

 

M. Agus Krisno B., Adelia Kandari

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

 Jl. Tlogomas 246 Malang Telp 464318

Abstract

Red rice is a type of rice red colored  because the red rice aleurone contains genes that produce anthocyanin which is a source of red or purple. Red rice has been known since 2800 BC. The physicians at the time believed that red rice has a medical value that can restore a sense of calm and peace. Red rice including middle glycemic index, although the middle glycemic index  but when consumed by people with diabetes can give a good effect because of the content of anthocyanin pigments that coat the rice endosperm. The glycemic index is a number given to a food to determine how high a food raises blood sugar after consumed. Diabetes mellitus is a disease characterized by high blood sugar levels. These diseases occur slowly and are usually not realized by the patient. Patients diabetes mellitus have increased of blood sugar levels are significantly higher after consumption of carbohydrate staples such as rice than white rice. Red rice can be processed into some a menu, such as : bubur beras merah wortel, nasi merah tempe, and beras merah brokoli.

Keyword : Red Rice, Glycemic Index, Diabetes Mellitus, Menu.

Abstrak

Beras merah adalah jenis beras yang berwarna merah karena aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu. Beras merah telah dikenal sejak tahun 2800 SM. Para tabib pada masa itu percaya bahwa beras merah memiliki nilai-nilai medis yang dapat memulihkan kembali rasa tenang dan damai. Beras merah termasuk indeks glikemik sedang, meskipun Indeks glikemiknya sedang tapi bila dikonsumsi oleh penderita diabetes dapat memberikan efek yang baik karena adanya kandungan pigmen antosianin yang melapisi endosperm beras. Indeks glikemik adalah angka yang diberikan pada suatu makanan untuk mengetahui seberapa tinggi makanan tersebut meningkatkan gula darah setelah dikonsumsi. Diabetes mellitus adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Penyakit ini timbul perlahan-lahan dan biasanya tidak disadari oleh penderita. Penderita diabetes mellitus mengalami kenaikan kadar gula darah yang signifikan setelah mengkonsumsi makanan pokok tinggi karbohidrat seperti nasi dari beras putih. Beras merah dapat diolah menjadi beberapa menu, misalnya : bubur beras merah wortel, nasi merah tempe, dan beras merah brokoli.

Kata kunci : Beras Merah, Indeks Glikemik, Diabetes Mellitus, Menu.

Pendahuluan

Peningkatan pendapatan per kapita dan perubahan gaya hidup terutama di kota-kota besar, menyebabkan peningkatan prevalensi penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung koroner (PJK), hipertensi, hiperlipidemia, diabetes mellitus (DM) dan penyakit degenatif lainnya. Data dari World Health Organization (WHO) jumlah penderita diabetes mellitus seluruh dunia pada tahun 2000 adalah 171 juta. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat sehingga pada tahun 2030 menjadi 36 juta.

 Image

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah absolut penderita diabetes mellitus tertinggi di dunia. Peningkatan prevalensi diabetes mellitus di Indonesia secara konsisten tampak dari masa ke masa. Peningkatan prevalensi diabetes mellitus tidak dapat dipisahkan dari pola konsumsi makan dan gaya hidup. Jumlah penderita diabetes mellitus di Indonesia, diperkirakan mengalami peningkatan dari 8,4 juta jiwa pada tahun 2000 menjadi sekitar 21,3 juta jiwa pada tahun 2030 mendatang. Tingginya angka tersebut menjadikan Indonesia peringkat keempat jumlah penderita diabetes mellitus terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat, India, dan Cina (Anonymous.2012).

Berdasarkan hasil survei tahun 2003, prevelansi diabetes mellitus di perkotaan mencapai 14,7% dan di pedesaan hanya 7,2%. Diabetes mellitus kini menjadi ancaman yang serius bagi manusia dan telah menjadi penyebab kematian urutan ketujuh di dunia. Diabetes mellitus adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Penyakit ini timbul perlahan-lahan dan biasanya tidak disadari oleh penderita. Penderita diabetes mellitus mengalami kenaikan kadar gula darah yang signifikan setelah mengkonsumsi makanan pokok tinggi karbohidrat seperti nasi dari beras putih. Padahal, nasi sudah menjadi makanan pokok bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Oleh karena itu, perlu mencari solusi bahan makanan pokok yang lebih aman. Memang, banyak alternatif makanan lain pengganti makanan pokok selain nasi seperti singkong, ubi, kentang, jagung dan roti. Namun, makanan tersebut bukan berasal dari beras yang secara psikologis beras lebih memberikan rasa kenyang bagi sebagian besar orang Indonesia. Lagi pula, makanan tersebut masih mempunyai indeks glikemik yang cukup tinggi. Berbagai penelitian telah menunjukkan, mengganti jenis makanan yang dikonsumsi efektif untuk mengontrol kadar gula darah. Salah satunya adalah dengan mengganti beras putih dengan beras merah. Publikasi terbaru dari peneliti Harvard yang dimuat dalam Archives of Internal Medicine menyebutkan, beras merah merupakan pilihan yang lebih sehat bagi penderita diabetes. Pengetahuan mengenai manfaat beras merah untuk diabetes memang bukan hal baru, namun hingga kini nasi putih masih jadi favorit banyak orang.

Konsumsi bahan pangan yang tinggi serat berhasil menurunkan risiko diabetes karena dapat menurunkan level gula darah dan insulin serta mengurangi risiko progresi buruknya toleransi glukosa pada diabetes tipe 2. Beras merah juga kaya serat dan menghasilkan energi secara bertahap atau disebut juga memiliki indeks glikemik rendah. Karena itu, para ahli menganjurkan agar 70% kebutuhan karbohidrat kita dipenuhi dari beras merah (Anonymous.2010).

Gambaran Umum Beras Merah

 Image

Beras merah adalah jenis beras yang berwarna merah karena aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu. Beras merah telah dikenal sejak tahun 2800 SM. Para tabib pada masa itu percaya bahwa beras merah memiliki nilai-nilai medis yang dapat memulihkan kembali rasa tenang dan damai (Anonymous.2009).

Beras merah termasuk keluarga padi-padian. Batangnya beruas-ruas yang di dalamnya berongga (kosong), tingginya 1 sampai 1,5 meter. Pada tiap-tiap buku batang tumbuh daun, yang berbentuk pita dan berpelepah. Pelepah itu membalut hampir sekeliling batang. Di dalam tanah, dari tiap buku tumbuh tunas yang dapat mengadakan batang (anak padi). Anak padi itu dapat pula beranak, dan demikian berturut-turut. Sebutir padi berisi biji sebutir buah. Buah itu bisaanya disebut beras. Buah itu mempunyai selaput. Selaput itu banyak berisi zat vitamin, yang sifatnya dapat menolak penyakit beri-beri. Selaput ini pada beberapa macam padi, mengandung zat warna: ada yang merah muda, ada yang merah tua dan ada pula yang merah hitam. Jika beras dimasak, zat warna itu meresap ke dalam, sehingga nasi menjadi berwarna, menurut warna yang dikandung oleh selaput beras itu. Tanaman padi merupakan tanaman semusim. Termasuk golongan rumput-rumputan dengan klasifikasi sebagai berikut:

Kingdom         : Plantae

Divisi               : Magnoliophyta

Kelas               : Liliopsida

Ordo                : Poales

Family             : Poaceae

Genus              : Oryza

Spesies            : Oryza sp.

(Anonymous.2009).

Kandungan Beras Merah

Beras merah mengandung vitamin B1, B6, dan B12 yang tinggi. Mempunyai kandungan serat lebih tinggi dibandingkan beras putih. Mengandung  Selenium, magnesium, karbohidrat, lemak, protein, serat, mineral,  dan antosianin, dan fosfor (243 mg per 100 gr bahan) (Anonymous.2010).

 

Potensi Beras Merah Untuk Penderita Diabetes

Berdasarkan indeks glikemik, makanan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu makanan dengan indeks glikemik rendah (<55), makanan dengan indeks glikemik sedang (55-75), dan makanan dengan indeks glikemik tinggi (>75). Indeks glikemik adalah angka yang diberikan pada suatu makanan untuk mengetahui seberapa tinggi makanan tersebut meningkatkan gula darah setelah dikonsumsi. Menurut penelitian dari Yang et al, 2006 indeks glikemik beras merah jauh lebih rendah daripada beras putih. Indeks glikemik beras merah 56, sedangkan indeks glikemik dari beras putih adalah 82,3.

Berdasarkan kelompok tersebut beras merah termasuk dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik sedang dan beras putih termasuk dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik tinggi. Meskipun Indeks glikemiknya sedang, tapi bila dikonsumsi oleh penderita diabetes dapat memberikan efek yang baik karena adanya kandungan pigmen antosianin yang melapisi endosperm beras. Pigmen antosianin dapat mencegah komplikasi diabetes dengan cara mengurangi kolagen abnormal pada pembuluh darah akibat ikatan gula dalam darah dengan protein, mencegah kerusakan sistem limfa, mencegah proliferasi protein abnormal yang dapat menyebabkan kebutaan, meningkatkan adipocytokine gene expression, dan jika terjadi disfungsi dapat menyebabkan resistensi insulin. Michigan State University melaporkan pula bahwa konsumsi antosianin dapat meningkatkan produksi insulin hingga 50% (Anonymous.2009).

Cara Pemilihan Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes Mellitus

  1. Hindari makanan yang berkarbohidrat tinggi dan lemak tinggi.
  2. Pilihlah menu yang kaya akan serat dan nutrisi.
  3. Pilihlah makanan dengan indeks glikemik yang rendah.
  4. Pilihlah makan yang rendah gula.

Menu Makanan Dari Beras Merah Sebagai Pengganti Beras Putih Untuk Penderita Diabetes Mellitus

 

Bubur Beras Merah Wortel

 Image

Bahan :

  • 2 sdm tepung beras merah
  • 100 ml air matang
  • 200 ml susu rendah kalori
  • 60 g wortel, rebus, haluskan

Cara pengolahan :

1.      Larutkan tepung beras merah ke dalam air, aduk hingga rata.

2.      Masak di atas api kecil hingga matang. Masukkan wortel, aduk rata. Angkat.

3.      Tuangkan susu rendah kalori, aduk hingga rata.

Nasi Merah Tempe
Image

Bahan :

  • 200 gr beras merah
  • 600 ml air
  • 200 gr tempe, tumbuk hingga hancur
  • 2 ikat daun kemangi, petiki
  • Garam secukupnya
  • 2 ruas jari kencur
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Pengolahan :

  1. Cuci bersih beras merah, rendam. Masak menjadi aron dalam air mendidih hingga air habis. Angkat, diamkan sebentar. Kukus hingga matang
  2. Goreng tempe dalam minyak panas. Aduk rata hingga kering. Angkat, tiriskan
  3. Haluskan kencur dan garam, tumis bersama daun bawang hingga harum, masukkan tempe. Aduk rata, angkat
  4. Campur nasi merah dengan tempe  matang, daun kemangi. Aduk rata. Sambil sedikit-sedikit ditumbuk. Sajikan panas

Bubur Beras Merah Brokoli

 Image

Bahan :

  • Beras merah 5 sendok makan penuh (rendam sekitar 4 jam)
  • Brokoli, ambil kuntumnya saja, potong potong
  • Kembang kol, ambil kuntumnya saja, potong-potong
  • Daging tumis beku 4 block
  • Air 500 ml

Cara pengolahan :

  1. Masukan semua bahan dalam slow cooker dengan urutan beras, daging, baru ditambahkan air.
  2. Nyalakan slow cooker, masak kurang lebih 6-7 jam (atau setelah air menyusut dan semua bahan matang). Masukan sayur pada 1-2 jam sebelum slowcooker dimatikan.
  3. Bila sudah matang, cabut slow cooker, aduk-aduk bubur sebentar, biarkan dingin
  4. Bila sudah dingin, blender bubur, masukkan ke dalam cup kecil porsi sekali makan, simpan dalam kulkas

Kesimpulan

  1. Beras merah adalah jenis beras yang berwarna merah karena aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu.
  2. Diabetes mellitus adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah.
  3. Indeks glikemik adalah angka yang diberikan pada suatu makanan untuk mengetahui seberapa tinggi makanan tersebut meningkatkan gula darah setelah dikonsumsi.
  4. Indeks glikemik rendah (<55), makanan dengan indeks glikemik sedang (55-75), dan makanan dengan indeks glikemik tinggi (>75).
  5. Beras merah mengandung vitamin B1, B6, dan B12 yang tinggi. Mempunyai kandungan serat lebih tinggi dibandingkan beras putih. Mengandung  Selenium, magnesium, karbohidrat, lemak, protein, serat, mineral,  dan antosianin, dan fosfor (243 mg per 100 gr bahan)
  6. Indeks glikemik beras merah sedang, tapi bila dikonsumsi oleh penderita diabetes dapat memberikan efek yang baik karena adanya kandungan pigmen antosianin yang melapisi endosperm beras.
  7. Beras merah dapat diolah menjadi beberapa menu, misalnya : bubur beras merah wortel, nasi merah tempe, dan beras merah brokoli.

DAFTAR PUSTAKA

Budiyanto, M, A,K. 2002. Gizi dan Kesehatan. UMM Press. Malang

Anonymous. 2010. (Online). http://resepmasakanmu.com/resep-masakan-nasi-merah-tempe.htm. Diakses : 20 Juni 2012

Anonymous. 2010. (Online). http://www.tipsbayi.com/resep-bubur-beras-merah-wortel.html. Diakses : 20 Juni 2012

Anonymous.2009. (Online). http://hirupbagja.blogspot.com. Diakses : 17 Juni 2012

Anonymous.2009. (Online). http://indoacaiberry.com. Diakses : 17 Juni 2012

Anonymous.2010. (Online). http://health.kompas.com. Diakses : 17 Juni 2012

Anonymous.2010. (Online). www.md-organic.com/. Diakses : 15 Juni 2012

Anonymous.2012. (Online). http://dinapramudianti.blogspot.com/2012/01/resep-slow-cooker-bubur-beras-merah.html. Diakses : 20 Juni 2012

Anonymous.2012. (Online). http://wedangberashitam.wordpress.com. Diakses :  4 Juni 2012

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: