Menu Beras Hitam Solusi Makanan Pengganti Beras Putih untuk Diabetes

Pandu Agama Imam Rahmad Allah,Moc. Agus Krisno B

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

Jl. Tlogomas 246 Malang Telp 464318

 

Abstract

Increase in per capita income and lifestyle changes, especially in big cities, led to an increased prevalence of degenerative diseases such as coronary heart disease (CHD), hypertension, hyperlipidemia, diabetes mellitus and other diseases degenatif. Data from the World Health Organization (WHO) Diabetes Mellitus number of people around the world in 2000 was 171 million. This number is expected to continue to rise so that by the year 2030 to 366 million. In Indonesia alone, the number of people number of people with diabetes in 2000 was estimated to be 8.426 million and 21.257 million in the year 2030 (WHO, 2011).

Patients with diabetes mellitus increased blood sugar levels are significantly higher after consumption of carbohydrate staples such as rice than white rice. In fact, rice is a staple food for most of the population of Indonesia. Therefore, the need to find a solution of basic foodstuffs are more secure. Indeed, many other alternative food staples other than rice substitutes such as cassava, yams, potatoes, corn and bread. However, the food is not derived from rice that is psychologically more rice to feel full for most of Indonesia. After all, the food has a glycemic index yag still quite large.

Abstrak

Peningkatan pendapatan per kapita dan perubahan gaya hidup terutama di kota-kota besar, menyebabkan peningkatan prevalensi penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung koroner (PJK), hipertensi, hiperlipidemia, diabetes mellitus dan penyakit degenatif lainnya. Data dari World Health Organization (WHO) jumlah penderita Diabetes Mellitus seluruh dunia pada tahun 2000 adalah 171.000.000. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat sehingga pada tahun 2030 menjadi 366.000.000. Di Indonesia sendiri jumlah penderita jumlah penderita Diabetes pada tahun 2000 adalah 8.426.000 dan diperkirakan menjadi 21.257.000 pada tahun 2030 (WHO, 2011).

Penderita diabetes mellitus mengalami kenaikan kadar gula darah yang signifikan setelah mengkonsumsi makanan pokok tinggi karbohidrat seperti nasi dari beras putih. Padahal, nasi sudah menjadi makanan pokok bagi sebagian besar penduduk Indonesia.Oleh karena itu, perlu mencari solusi bahan makanan pokok yang lebih aman. Memang, banyak alternatif makanan lain pengganti makanan pokok selain nasi seperti singkong, ubi, kentang, jagung dan roti. Namun, makanan tersebut bukan berasal dari beras yang secara psikologis beras lebih memberikan rasa kenyang bagi sebagian besar orang Indonesia. Lagi pula, makanan tersebut masih mempunyai indeks glikemik yag cukup besar.

Kata kunci :degeneratif, hipertensi, hiperlipidemia, diabetes mellitus, indeks glikemik.

Pendahuluan

Sesuai namanya, beras ini berwarna hitam.Namun, beras hitam bukanlah beras ketan hitam yang selama ini sudah familiar di masyarakat.Beras hitam (Oryza sativa L.indica), merupakan jenis beras yang mengandung antosianin dalam aleron yang lebih tinggi dibanding beras putih.

Dahulu beras hitam biasa dikonsumsi sebagai makanan sehat di daerah Cina.Hanya kalangan tertentu saja seperti kalangan bangsawan yang boleh mengkonsumsi beras hitam.Masyarakat biasa tidak boleh mengkonsumsi beras istimewa ini.Oleh karena itu, beras hitam ini disebut juga “beras terlarang” atau “forbidden rice”.

Budidaya beras hitam termasuk sulit dibandingkan dengan beras putih.Usia panen beras hitam relatif lebih lama dibandingkan dengan beras putih. Beras hitam mempunyai batang padi yang lebih tinggi. Beras ini juga berbau wangi, oleh karen itu, beras hitam ini lebih disukai oleh burung. (Ternyata burung pun bisa memilih makanan yang berkualitas).

 

Kandungan beras hitam

Dari Tabel Komposisi Pangan Indonesia dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (2009) kandungan zat gizi beras hitam dan beberapa jenis beras dalam 100 gram bahan makanan adalah seperti pada tabel berikut ini.

TABEL

KOMPOSISI GIZI BERBAGAI BERAS

No Nama bahan Energi (kkal) Protein (gram) Karbohidrat (gram) Lemak (gram) Serat (gram)
1 Beras hitam 351 8 1,3 76,9 20,1
2 Beras putih 357 8,4 1,7 77,1 0,2
3 Beras merah 352 7,3 0,9 76,2 0,8
4 Beras ketan putih 361 7,4 0,8 78,4 0,4
5 Beras ketan hitam 360 8 2,3 74,5 1

http://images.detik.com/content/2010/12/16/900/

Dari tabel diatas terlihat bahwa kandungan serat beras hitam sangatlah tinggi jika dibandingkan dengan beras putih yang biasa dikonsumsi masyarakat. Serat sangat berpengaruh dalam pengaturan kadar gula darah penderita diabetes mellitus. Menurut Penuntun Diet Penyakit Diabetes Mellitus, asupan serat bagi pasien diabetes mellitus dianjurkan sejumlah 25 gram/hari. Tjokroprawiro (1996) mengatakan dalam diet Diabetes Mellitus juga diperlukan serat yang dapat menekan kadar glukosa darah sesudah mengkonsumsi makanan. Serat ini bisa menghambat penyerapan glukosa makanan sehingga sangat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah .

Indeks Glikemik beras hitam

Berdasarkan indeks glikemik, makanan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu makanan dengan indeks glikemik rendah (indeks glikemik <55), makanan dengan indeks glikemik sedang (indeks glikemik antar 55-75) dan makanan dengan indeks glikemik tinggi (indeks glikemik >75) 23.

Menurut penelitian dari Yang etal, 2006 indeks glikemik beras hitam jauh lebih rendah daripada beras putih. Indeks glikemik beras hitam adalah sekitar 42,3±9,0, sedangkan indeks glikemik dari beras putih adalah 82,3±3,1.

Berdasarkan kelompok tersebut beras hitam termasuk dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik rendah dan beras putih termasuk dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik tinggi. Mengkonsumsi makanan yang mempunyai indeks glikemik rendah akan memperlama rasa kenyang dan mampu menjaga kestabilan kadar gula darah. Makanan dengan indeks glikemik tinggi tidak bagus untuk penderita diabetes mellitus dan orang yang mengalami gangguan keseimbangan kadar gula darah.

http://images.detik.com/content/2010/12/16/900/berashitamctt.jpg&#8221;

Beras hitam sedang jadi bintang nutrisi dunia. Berwarna hitam pekat dengan rasa sedikit manis. Beras ini banyak ditanam di Jawa Tengah dan Jabar.Ternyata dibandingkan beras merah dan putih, beras ini lebih unggul khasiatnya.

Beras hitam memang tak sepopuler beras biasa dan juga beras merah.Namun demikian, beras ini sudah mulai banyak digunakan sebagian orang.Tidak hanya karena kandungan serat nya baik untuk mereka yang tengah berdiet, tapi juga beberapa manfaat lainnya yang bisa langsung dirasakan.

Seperti hasil dari sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan oleh Mendel Friedman dan rekan-rekannya di Departemen Pertanian AS Western Regional Research Center di Albany, California.Menemukan bahwa makanan pokok sebagian besar orang di dunia ini ternyata mampu mengurangi peradangan akibat alergi, asma dan juga penyakit lainnya.

Dalam penelitian sebelumnya juga, kelompok peneliti ini mengidentifikasi beberapa manfaat kesehatan potensial dari beras hitam.Bran atau kulit luar dari biji-bijian, yang dibuang selama pengolahan beras merah untuk menghasilkan sejenis beras putih.

Perlakuan ini juga dilakukan terhadap beras hitam, ternyata dapat menekan pelepasan histamine yang menyebabkan inflamasi atau peradangan.Dengan menyisipkan sedikitnya 10 % beras hitam dalam menu setiap hari ternyata dapat menurunkan peradangan seperti iritasi kulit, alergi, dan juga jenis peradangan lainnya.

Selain mengatasi peradangan, beras hitam juga berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, memperbaiki kerusakan sel hati, mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah kanker/ tumor, memperlambat penuaan, sebagai antioksidan, membersihkan kolesterol dalam darah, dan mencegah anemia.

Nah, kalau sudah tahu begitu banyak manfaat dari beras hitam tak ada salahnya menyisipkan beras hitam di salah satu menu harian Anda.Beras hitam bisa dibeli di toko makanan sehat atau pasar swalayan besar.Beras ini bisa juga dicampur dengan beras putih.

WEDANG BERAS HITAM

Temukan Legenda Kesehatan dan Kecantikan ala Bangsawan, yang menjadi rahasia selama ribuan Tahun.

Hati-hati! Tidak sakit bukan berarti tubuh anda benar-benar sehat.Gaya Hidup modern yang serba instan, rentan terhadap timbulnya penyakit degenratif yang hanya menunjukkan tnda dan gejala setelah segalanya sudah terlambat.

“Mencegah lebih baik daripada Mengobati, Sehat dan Murah”.

Kecuali oleh kalangan Bangsawan, tidak banyak orang mengenal berbagai manfaat beras hitam. Beras hitam mengandung Antioksidan yang sangat tinggi dari blueberry, berbagai macam flavonoid dan zat aktif yang terbukti berkhasiat:

Membersihkan racun dan kotoran dari dalam tubuh (Detoksifikasi).Mengembalikan fungsi Organ dan Metabolisme Tubuh.

Meningkatkan sistem ketahanan tubuh.Khasiat beras hitam sangat cepat dirasakan, dan aman bagi segala usia maupun penderita penyakit: Terbukti mampu membantu mengatasi:

Diabetes-Kegemukkan-Kanker-Kolesterol-Memelihara Kulit-dan lain-lain

http://images.detik.com/content/2010/12/16/900/berashitamctt.jpg

Asli Produk Indonesia dengan Teknologi Pengolahan Biji-bijia dari Jerman, Special Grain Mill, Komo Fidibus XL.

Semakin tingginya kesadaran konsumen terhadap kesehatannya membuat para ilmuwan mulai mencari alternatif sumber makanan terbaru yang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan mudah didaptakan serta dikembangkan. Selama ini konsumen hanya mengenal buah segar blueberry dan blackberry yang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi tetapi mahal harganya.

Pada 240th National Meeting of the American Chemical Society (ACS), para ilmu melaporkan bahwa beras hitam (black rice) merupakan sumber makanan yang mempunyai kandungan antioksidan tinggi dan murah harganya.Beras Hitam di Indonesia sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu tetpai hanya dokonsumsi dikalangan terbatas lingkungan kerajaaan dan keraton, bukan untuk konsumsi publik.

Menurut sejarah, orang Cina kuno telah mengenal beras hitam sebagai beras terlarang (forbidden rice), tak boleh sembarang orang dapat memakannya, hanya kalangan istana (kaisar) dan orang tertentu saja yang boleh memakannya karena kaya nutrisi. Menurut penelitian di sana, beras hitam memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Beras hitam di Cina sekarang berfungsi sebagai obat dan bahan pangan.

Zhimin Xu, Associate Professor di Departemen Ilmu Pangan Louisiana State University Agricultural Center di Baton Rouge, La., mengatakan satu sendok dedak beras hitam mengandung lebih banyak zat antioksidan anthocyanin dibandingkan dengan satu sendok blueberry tetapi dengan sedikit gula dan lebih banyak serat serta zat antioksidan lain (vitamin E). Hal ini berarti beras hitam dapat menjadi materi yang unik dan ekonomis untuk meningkatkan konsumsi antioksidan yang berguna bagi kesehatan.

Anthocyanin yang terkandung pada beras hitam dapat dimanfaatkan untuk melawan penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya.

Produsen makanan berpotensi menggunakan bekatul, dedak, atau ekstrak beras hitam untuk meningkatkan nilai kesehatan pada makanan sereal buat sarapan pagi, minuman, kue, biskuit, dan makanan lainnya.

Xu mencatat bahwa banyak konsumen telah mendengar kalau beras cokelat (Brown Rice) lebih bergizi daripada nasi putih.Alasannya adalah dedak beras coklat memiliki banyak kandungan zat antioksidan gamma-tocotrienol (salah satu senyawa vitamin E) dan gamma-oryzanol, yang merupakan antioksidan yang larut dalam lemak. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat mengurangi kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) yang dikenal dengan kolesterol “jahat” dan dapat membantu melawan penyakit jantung.

Xu dan kawan-kawan menganalisis sampel bekatul dari beras hitam yang ditanam di bagian selatan Amerika Serikat.Ternyata zat antioksidan anthocyanin dedak beras hitam mempunyai tingkat kelarutan dalam air yang lebih tinggi.Jadi kemungkinan dedak beras hitam lebih sehat daripada dedak beras merah.

Para ilmuwan juga menunjukkan bahwa dalam ekstrak pigmen dedak beras hitam dapat menghasilkan berbagai warna berbeda (mulai dari pink ke hitam) dan bisa dijadikan alternatif pewarna makanan buatan yang sehat.

Beberapa studi menunjukkan bahwa pemakaian beberapa pewarna buatan berkaitan erat dengan penyakit kanker, masalah perilaku pada anak-anak dan masalah kesehatan lainnya.

Di Asia beras hitam digunakan untuk hiasan makanan, mie, sushi, dan puding. Bagaimana dengan di Indonesia ? Beras hitam memiliki nama yang berbeda-beda tergantung di mana beras hitam tersebut berada. Beras hitam yang ada di Solo dikenal dengan nama ”beras wulung”.

Menurut sejarahnya, dulunya beras wulung merupakan beras pilihan yang dulu

hanya ditanam dan dipergunakan dalam keraton kasunanan Surakarta, khusus dikonsumsi di lingkungan para raja dan digunakan untuk jenis ritual tertentu. Di kawasan Cibeusi, Subang, Jawa Barat, beras hitam disebut dengan nama ”beras gadog”. Di Sleman, beras hitam dikenal dengan nama cempo ireng dan ada juga yang menyebut ”beras jlitheng”. Sedangkan di Bantul dikenal dengan ”beras melik”.

 

Wedang Beras Hitam?

“Semua serba terburu-buru”.”Saya harus sampai di kantor pukul 07.30, dan anak-anak bahkan pukul 07.00. Tapi saya tidak khawatir dengan sarapan.” ujar Iffah, ibu muda dengan 2 anak.Sekarang ada sereal beras hitam sebagi pengganti sarapan.“Terimakasih wedang beras hitam.Maag dan typhus yang jadi teman akrab saya dulu, kini menjauh.”

Beras hitam dapat juga dimakan bersama lauk-pauk.Seperti nasi biasa. Namun sebelum menanak harus direndam selama 2 jam, karena lebih keras dan agak lengket. Aroma nasi hitam yang tajam dan kuat mungkin kurang cocok bagi sebagian orang yang belum terbiasa.

Tinggal seduh dengan secangkir air panas. Dua kali sehari, akan membantu tubuh Anda mencapai kesehatan maksimal. Dan anak-anak pun menyukai rasanya yang creamy.

Khasiatnya

Beras hitam sangat ahli dalam mengerjakan tugas seperti:

  1. Membersihkan racun dan toksin dari dalam tubuh (detoksifikasi).
  2. Membantu memelihara ketahanan tubuh (imunitas).
  3. Membantu memelihara keseimbangan sistem organ dan hormon.

Tubuh kita memiliki kemampuan yang dahsyat untuk memelihara kesehatan dan mencegah penyakit.Asalkan diberikan kondisi yang sesuai.Beras hitam bukan obat yang menyerang sumber penyakit (kecuali membersihkannya), namun membantu tubuh mendapatkan kondisi ideal untuk sehat.

Berbagai penyakit seperti leukemia, diabetes, kegemukan, kanker, kolesterol, maag, asma, ginjal, hepatitis, anemia, masalah pencernaan, alergi makanan, masalah kewanitaan, mengurangi peradangan, dan memperbaiki kerusakan sel hati dalam kasus penyakit hepatitis dan sirosis ([pengerasan hati, adalah diantara khasiat yang pernah dirasakan oleh konsumen kami.

Sekarang ini beras hitam hampir punah dan sangat langka keberadaannya, karena tidak adanya upaya pelestarian dari petani pada zaman dahulu yang konon hanya ditunjuk sebagai petani istimewa yang menanam beras wulung khusus untuk keraton, ada mitos bahwa beras wulung hanya boleh dipergunakan oleh kalangan istana dan apabila melanggar, maka akan ”kuwalat”. Selain itu, mengapa petani enggan untuk menanam beras hitam tersebut?Diduga disebabkan oleh umur yang relatif panjang 6 bulan dibanding padi pada umumnya, juga rendahnya produksi dan sangat disukai oleh burung.beras hitam juga tidak menggunakan pupuk kimia melainkan pupuk organik karena dengan pupk kimia justru padi beras hitam akan sakit dan tidak berbulir.

Cara Memasak Beras Hitam

Jadi beras hitamnya menggantikan breadcrumb atau tepung roti sebagai kulit kroket.Dapat lezatnya, dapat juga deh khasiat beras hitam.

Resep kroket beras hitam

Bahan-bahan:

– Tepung beras hitam (gilingan kasar)

– Kentang 4 butir

– Wortel ukuran sedang, potong dadu kecil-kecil (sekitar 2 mm)

– Putih telur

– Daun bawang secukupnya

– Bawang bombay

– Lada putih halus

– Garam

Cara membuat:

1. Kukus kentang selama 20 menit.

2. Haluskan kentang dan campur dengan wortel, daun bawang, bawang bombay, lada putih dan garam.

3. Bentuk adonan bulat telur.

4. Gulingkan ke dalam putih telur dan tepung beras hitam. Ulangi dua kali hingga tertutup rata.

5. Goreng hingga matang, hidangkan dengan cabai dan tomat.

Menu Makanan Orang Diabetes

Makanan adalah faktor penting dalam kelangsungan hidup manusia.Namun, bagi orang yang mengidap diabetes tidak semua makanan dapat dikonsumsi.Hal tersebut berhubungan dengan kandungan gula yang terdapat dalam darah .demi menjaga kesehatan para penderita diabetes , maka setidaknya penderita diabetes mengenali makanan atau panatangan apa saja  bagi penderita diabetes.

5 Makanan Pantangan Bagi Penderita Diabetes

Ada lima jenis makanan yang harus dijauhi bagi si penderita diabetes. Hal ini untuk menghindari semakin meningkatnya kadar gula dalam darah Anda.

1. Mie dan Pasta

Sebagian besar pasta dan mie memiliki indeks glikemik tinggi.Artinya pasta dan mie dibuat dengan olahan karbohidrat sederhana seperti gandum atau tepung beras. Konsumsi karbohidrat tinggi bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.


2. Nasi

Kurangi konsumsi nasi putih karena kandungan karbohidratnya sangat tinggi.Anda bisa menggantinya, dengan nasi yang berasal dari beras merah maupun beras coklat.

3. Kafein

Beberapa penelitian, salah satunya yang berjudul “Diabetes Care” ditulis oleh Hudson Lee dan Kilpatrick pada 2005 menunjukkan kafein memiliki dampak negatif pada penderita diabetes. Untuk itu, akan lebih jika Anda mengurangi minuman yang mengandung kafein.

4. Kentang

Kandungan karbohidrat pada kentang yang tinggi, membuat indeks glikemiknya juga tinggi.Untuk itu, kurangi konsumsi kentang, baik yang dipanggang, direbus maupun digoreng.

5. Roti putih

Kurangi konsumsi roti yang terbuat dari tepung putih.Lebih baik pilih roti yang terbuat dari tepung gandum.Selain memiliki banyak serat juga baik untuk jantung Anda.

Makanan Sehat untuk Diabetes

Saat berusaha mengontrol kadar gula darah, Anda mungkin cenderung fokus pada makanan yang perlu dihindari. Anda sibuk membatasi asupan nasi putih, gorengan dan makanan olahan yang berlemak. Padahal, memperhatikan makanan yang sebaiknya dikonsumsi juga sama pentingnya.Makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi? Pakar nutrisi dan diabetes menganjurkan Anda mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi sehat, seperti serat, omega-3, kalsium, dan vitamin D. Berikut beberapa makanan sehat untuk pengidap diabetes:

Kacang polong.Kacang polong tinggi serat. Serat merupakan komponen tumbuhan yang membuat Anda kenyang, menstabilkan kadar gula darah, dan bahkan menurunkan kolesterol. Setengah cangkir kacang hitam mengandung sekitar tujuh gram serat.Selain itu, kacang polong juga mengandung kalsium, mineral yang terbukti membantu membakar lemak tubuh.Setengah cangkir mengandung sekitar 100 gram kalsium, sekitar 10 persen dari asupan harian.Di samping itu, kacang polong juga merupakan sumber makanan yang kaya protein.Berbeda dengan sumber protein hewan (daging), kacang polong rendah lemak jenuh, lemak yang menyumbat arteri dan memicu penyakit jantung.

Susu, Produk susu, seperti susu, keju dan yogurt, kaya kalsium dan vitamin D. Sebuah studi, seperti dikutip situs perevention.com, menemukan, perempuan yang mengonsumsi lebih dari 1.200 mg kalsium atau lebihdari 800 internasional unit (IU) vitamin D sehari berisiko 33 persen lebih rendah menderita diabetes dibandingkan mereka yang mengonsumsi kedua nutrisi ini dalam jumlah kurang. Tapi, pastikan memilih produk susu yang rendah atau bebas lemak.

Salmon , Salmon kaya asam lemak omega-3. Tiga ons salmon menyediakan sekitar 1.800 mg omega-3.Jenis lemak sehat ini berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan berat badan, mengurangi peradangan, serta memperbaiki resistensi insulin. Selain itu, ikan ini juga mengandung vitamin D.Tuna , Tuna merupakan jenis ikan sehat yang juga kaya asam lemak omega-3. Tiga ons tuna menyumbangkan 1.300 mg omega-3 dan sejumlah vitamin D.

Oats , Oats juga kaya serat, setengah cangkir oat instan menyumbangkan empat gram serat. Penelitian menunjukkan bahwa pencinta oat bisa menrunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat LDL serta memperbaiki resistensi insulin. Kandungan serat dalam oat memperlambat proses pemecahan dan penyerapan karbohidrat. Karena itu, kadar gula darah Anda akan tetap stabil.

Biji rami , Biji rami kaya akan serat dan alpha-linolenic acid (ALA), yang akan diubah tubuh menjadi omega-3 EPA dan DHA. Beberapa studi besar telah menemukan hubungan antara peningkatan asupan ALA dan penurunan kejadian penyakit jantung, serangan jantung, serta gangguan kardiovaskular lainnya. Biji berukuran kecil ini juga dinyatakan bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

Kenari , Satu ons kacang sehat ini (sekitar tujuh biji) mengandung dua gram serat dan dua koma enam gram ALA. Tapi, jumlah tersebut juga menyumbangkan 185 kalori.Jadi, perhatikan jumlah asupan jika Anda sedang mempertahankan berat badan.

Selai kacang , Beberapa studi telah menyatakan bahwa selai kacang bisa mengurangi risiko diabetes. Kandungan serat di dalamnya (dua sendok makan mengandung dua gram serat) turut berperan dalam penurunan risiko ini.Selain itu, selai kacang juga mengandung lemak tunggal tidak jenuh yang baik untuk jantung.Tapi, makanan ini juga kaya kalori.Karena itu, perhatikan takaran asupan Anda.

Cokelat hitam (dark chocolate), Cokelat ini kaya antioksidan flavonoid, yang berfungsi memperbaiki kadar kolesterol baik dan jahat serta mengurangi tekanan darah.

 

Kesimpulan

Berdasarkan indeks glikemik, makanan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu makanan dengan indeks glikemik rendah (indeks glikemik <55), makanan dengan indeks glikemik sedang (indeks glikemik antar 55-75) dan makanan dengan indeks glikemik tinggi (indeks glikemik >75) 23.

Menurut penelitian dari Yang etal, 2006 indeks glikemik beras hitam jauh lebih rendah daripada beras putih. Indeks glikemik beras hitam adalah sekitar 42,3±9,0, sedangkan indeks glikemik dari beras putih adalah 82,3±3,1.

Beras hitam mudah digunakan untuk pengganti berasputih dan juga neras hitam mudah diolah sebagai makanan sehari-hari.Beras hitam mudah di olah menjadi makanan lainnya layaknya beras putih, sebab beras hitam texturny hampir mirip dengan beras putih, hanya saja kadungan yang ada dalam beras hitan dengan beras putih berbeda.

 

Daftar Pustaka.

  • Sudarmadji S, Haryono B, Suhardi, 1984.

                  Prosedur Analisa Untuk Bahan

Makanan dan Pertanian.

Yogyakartaa: Liberty

gulik-manfaat-beras-hitam/

minuman/114-wedang-beras-hitam.html

minuman/114-wedang-beras

hitam.html

hment.php

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: