Menu Teh Hijau …

Menu Teh Hijau Bagi Penderita Kanker Kulit

Moch. Agus Krisno B, Agung Fauzi Hidayatullah

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

Jl. Tlogomas 246 Malang Telp 464318

 

Abstract

Skin cancer is the growth of cells in the skin at the level of abnormal. Cause of skin cancer is different and the level of malignancy was different. Skin cancer is most common in squamous cell layer, basal and melanocytes. Skin cancer usually grows in the epidermis, so that the tumor or lump can be seen from the outside, so that skin cancer is the easiest type of cancer found in early-stage symptoms.

 

Green tea (Camellia sinensis) is a species of plant leaves and shoots of tea leaves used to make a drink that is generally brown. Green tea has a fragrant aroma and distinctive flavor, making green tea as a beverage daily in the morning or for entertaining guests.  But behind it was that green tea has many health benefits for the body (Anonymous, 2012).

Green tea is a highly efficacious because mangandung catechin polyphenols is a powerful antioxidant which can suppress the growth of cancer cells without damaging healthy tissue. Polyphenols contained in green tea is the most potent antioxidants. Where he is to prevent the spread and growth of cancer cells in the blood.

Key Word : skin cancer, green tea, contain of green tea, antioxidant.

 

Abstrak

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Penyebab kanker kulit berbeda-beda dan tingkat keganasan kanker pun berbeda-beda. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa, basal dan melanosit. Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis, sehingga tumor atau benjolan dapat terlihat dari luar, sehingga kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal.

Teh hijau (Camellia sinensis) adalah spesies tanaman yang daun dan pucuk daunnya digunakan untuk membuat teh suatu minuman yang pada umumnya berwarna coklat. Teh hijau memiliki aroma yang harum dan rasa yang khas, menjadikan teh hijau sebagai minuman keseharian di pagi hari maupun untuk menjamu tamu. Tetapi di balik itu ternyata teh hijau juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh (Anonymous, 2012).

Teh hijau menjadi sangat berkhasiat karena mangandung Catechin polyphenol yaitu sejenis antioksidan yang sangat kuat sehingga bisa menekan pertumbuhan sel kanker tanpa merusak jaringan yang sehat. Polyphenol yang terdapat dalam teh hijau merupakan antioksidan paling potensial. Dimana dia mencegah penyebaran dan pertumbuhan sel kanker dalam darah.

Kata Kunci : Kanker kulit, Teh Hijau, Kandungan Teh Hijau, antioksidant.

 

 


Pendahuluan

Kulit merupakan bagian tubuh yang paling luar yang terdiri atas lapisan epidermis, dermis, dan subkutis. Epidermis terdiri atas beberapa lapis lagi di dalamnya. Lapisan paling atas adalah lapisan tanduk (stratum korneum). Berturut – turut di bawahnya stratum lusidum, stratum granulosum stratum spinosum dan stratum basale. Stratum basale terdiri dari sel keratinosit dan melanosit. Adapun lapisan dermis mempunyai dua bagian yaitu pars papilare dan pars retikulare. Lapisan kulit yang paling bawah adalah subskutis yang dibentuk oleh jaringan lemak. Di lapisan ini terdapat ujung – ujung saraf tepi, pembuluh darah dan getah bening.

Selain lapisan – lapisan di atas, kulit juga terdiri atas kelenjar – kelenjar kulit, rambut dan kuku. Semua itu disebut adneksa. Kelenjar kulit berada pada lapisan dermis yang terdiri atas kelenjar keringat dan kelenjar palit. Rambut berada pada bagian kulit bagian bawah kulit atau rambut akar dan yang berada di atas kulit merupakan batang akar. Sedangkan kuku merupakan penebalan lapisan tanduk di ujung – ujung jari tangan dan jari kaki.

Setiap sel atau komponen di atas mampu berubah menjadi ganas / kanker. Karsinoma sel basal berasal dari sel pluripotensial, karsinoma sel skuamosa berasal dari sel keratinosit, dan melanoma maligna merupakan perubahan ganas sel pluripotensial di lapisan epidermis.

Kanker adalah pertumbuhan jaringan baru sebagai akibat dari proliferansi atau pertumbuhan secara berlebihan pada sel abnormal dengan terus – menerus  yang memiliki kemampuan untuk menyerang dan merusak jaringan lainnya. Kanker dapat tumbuh dari jenis sel apapun dan dalam jaringan manapun, dan bukanlah suatu penyakit tunggal tetapi merupakan sejumlah sebesar penyakit yang digolongkan jaringan dan jenis asal sel.

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Penyebab kanker kulit berbeda-beda dan tingkat keganasan kanker pun berbeda-beda. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa, basal dan melanosit. Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis, sehingga tumor atau benjolan dapat terlihat dari luar, sehingga kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal. Kanker kulit juga merupakan kanker yang paling sedikit resiko kematiannya pada penderita, ini disebabkan karena kulit jarang dapat mencapai organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal dan batang otak pada manusia.

Faktotr Penyebab Kanker Kulit

Penelitian terdahulu (Wildan, 2012) menemukan bahwa beberapa bahan kimia dapat menyebabkan kanker kulit. Diantaranya ialah ter (batubara), arsen adalah bahan yang terdapat pada insectisida / pestisida, nitrogen mustard, dan lain – lain. Penelitian – penelitian sesudah itu menyatakan bahwa sinar matahari merupakan faktor utama yang menyebabkan keganasan kulit. Bagian sinar matahari yang diduga sebagai karsinogenesis tersebut adalah sinar ultraviolet B (UVB). Lapisan ozon yang berada di atas bumi, di anggap merupakan panahan sinar UVB sampai ke bumi. Dengan meningkatnya pemakaian bahan – bahan kimia tersebut akan menyebabkan lapisan ozon tersebut pecah, sehingga mengakibatkan pancaran sinar UVB langsung mengenai bumi. Hal ini akan meningkatkan insiden kanker kulit. Selain sinar matahari tersebut sinar pengion yang dipakai untuk pengobatan atau radiasi/ radioterapi juga dapat menimbulkan kanker kulit. Akhir – akhir ini ditemukan virus – virus yang yang dapat menyebabkan kanker kulit. Diantaranya adalah human papilla virus (HPV) dan Human immunodeficiency virus (HIV). Bahan kimia, sinar matahari maupun sinar pengion bersama – sama dengan virus merupakan faktor penyebab dari luar. Disamping faktor luar juga faktor penyebab dari dalam yang menyebabkan kanker yaitu materi genetik tubuh sendiri atau gen tubuh sendiri.

Daya tahan tubuh juga merupakan penyebab faktor kanker kulit. Yang menarik adalah bahwa ras kaukasia ternyata lebih banyak menderita kanker kulit bila terkena sinar matahari dibandingkan dengan kulit barwarna. Sehingga diduga bahwa faktor ras juga memegang peranan.

Dalil Tentang Penyakit Dan Obat

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari di dalam shahihnya, dari sahabat Abu Hurairah  bahwasanya Nabi  bersabda :

مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلَّا أَنْزَلَ لَهُ شَفَاءً

“Tidaklah Allah turunkan penyakit kecuali Allah turunkan pula obatnya”

Dari riwayat Imam Muslim dari Jabir bin Abdillah  dia berkata bahwa Nabi bersabda :

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أَصَابَ الدَّوَاءُ الدَّاءَ، بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ

“Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya maka dia akan sembuh dengan seizin Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (HR. Muslim)

 

 

Allah berfirman: ”Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.”(Al-Israa : 82)

Pencegahan Kanker Kulit

Adapun kanker kulit ini dapat dicegah dengan green tea atau teh hijau. Teh hijau adalah salah satu minuman yang telah lama dan secara luas dikenal baik di Indonesia maupun di dunia. Teh hijau (Camellia sinensis) adalah spesies tanaman yang daun dan pucuk daunnya digunakan untuk membuat teh suatu minuman yang pada umumnya berwarna coklat. Secara umum teh hijau memiliki aroma yang harum dan rasa yang khas, menjadikan teh hijau sebagai minuman keseharian di pagi hari maupun untuk menjamu tamu. Tetapi di balik itu ternyata teh hijau juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Teh Hijau

Teh hijau memiliki manfaat antara lain adalah sebagai antioksidan, memperbaiki sel-sel yang rusak, menghaluskan kulit, melangsingkan tubuh, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, mengurangi kolesterol dalam darah, melancarkan sirkulasi darah. Maka dapat dikatakan jika minuman teh merupakan “minuman kaya manfaat”. Teh hijau banyak mengandung catechin, antioksidan yang sangat berguna untuk melawan penyakit. Teh hijau juga kaya vitamin seperti A, B1, B12, C, E dan K. Teh hijau juga mempunyai mineral seperti kalsium, besi, seng dan lain-lain. Beberapa bahan lain dalam teh hijau adalah asam gallic, minyak atsiri, karoten, serat makanan larut dan kecil jumlah karbohidrat.

Teh hijau memiliki jenis antioxidant yang berbeda dibanding buah dan sayuran. Thearubigins, epicatechins, dan catechins, adalah beberapa diantaranya. Semua jenis antioxidant ini dikelompokkan sebagai antioxidant flavonoids. Adanya zat anti mutagen pada teh yaitu antioxidant dan flavonoid sehingga mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker. Cu Mn, antioxidant dan flavoniod menangkal serangan radikal bebas perangsang tumbuhnya sel kanker.

Teh adalah contoh terbaik dari penelitian antioxidant selama satu dekade belakangan ini. Ada cukup banyak bukti konsisten yang mensugestikan manfaat teh bagi kesehatan tubuh. Teh adalah sumber yang sangat banyak mengandung antixidant jenis tertentu yang disebut flavonoids. Efek detoxifikasi dari antioxidant ini melindungi cell-cell dari radikal bebas, kerusakan yang bisa mengarah pada terbentuknya pembekuan darah, atherosclerosis, dan kanker.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang minum teh secara teratur, dua gelas atau lebih per hari, punya resiko yang lebih kecil untuk terkena penyakit jantung, stroke, punya level kolesterol total dan LDL yang lebih rendah, dan mereka bisa sembuh dari serangan jantung lebih cepat.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan cell-cell kanker bladder, extract teh hijau sepertinya membuat cell-cell kanker bertingkah aneh. Mereka jadi matang lebih cepat, mengikat erat satu sama lain dan sulit untuk berkembang biak.

Penelitian kecil lainnya menemukan bahwa antioxidant yang di dapat dari meminum teh bisa mencegah kanker kulit. Ada juga sejumlah bukti yang menunjukkan bahwa teh extract yang diaplikasikan pada kulit melalui lotion bisa memblockir sinar matahari yang mengarah pada kanker kulit.

Teh hijau menjadi sangat berkhasiat karena mangandung Catechin polyphenol yaitu sejenis antioksidan yang sangat kuat sehingga bisa menekan pertumbuhan sel kanker tanpa merusak jaringan yang sehat. Polyphenol yang terdapat dalam teh hijau merupakan antioksidan paling potensial. Dimana dia mencegah penyebaran dan pertumbuhan sel kanker dalam darah. Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang meminum teh hijau secara berkala dapat mengurangi resiko kanker kulit.

Beberapa penelitian yang telah terbukti kebenarannya, kini perawatan kulit menggunakan teh hijau dengan metode GTSS yaitu Green Tea Skin Spa. GTSS yang digunakan adalah teh hijau tanpa menggunakan insektisida atau persitsida. Daun teh hijau yang sengaja dibiarkan tubuh secara alami dipilih dan diolah dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan produk spa yang sangat mutakhir.

Memang masih banyak hal layak belum mengetahui akan khasiat teh hijau bagi kesehatan kulit dan tubuh pada umumnya. Sehingga dengan adanya artikel yang sederhana ini mengharapkan bagi para pembaca mengkonsumsi teh hijau penuh khasiat secara berkala.

 

Menu Makanan Teh Hijau

1. Selada Buah Saus Teh Hijau

 Image

Sumber : odi/detikfoodjakarta.com

Rasa asam segar buah dipadu dengan lembut gurih dan harumnya teh hijau. Bukan hanya enak, rendah kalori tetapi menyehatkan.

Bahan :

  • 400 gr           apel fuji (kupas dan potong – potong)
  • 1 buah kiwi jumbo (kupas dan potong – potong)
  • 150 gr strawberry (bersihkan dan potong – potong)
  • 100 gr daun selada (sobek – sobek)
  • Saus aduk rata :
    • o 150 gr mayones rendah lemak botolan
    • o ½ sdt teh hijau bubuk / matcha
    • o ¼ sdt merica bubuk
    • o 1 sdt garam

Cara membuat :

  1. Taruh potongan buah dalam lemari es hingga dingin.
  2. Saat akan disajikan, aduk potongan buah dengan saus hingga rata.
  3. Taruh dalam wadah dan beri selada.
  4. Sajikan segera

–          Makanan bisa untuk 4 porsi.

 

  1. Puding Teh Hijau

 Image

Sumber : http://www.Feminabook.com

 

 

Bahan:

  • 1 L air
  • 175 gr gula pasir
  • 10 gr teh hijau bubuk*)
  • 1 bungkus (7 g) agar-agar bubuk warna putih
  • 5 sdm krim kental
  • 5 sdm susu cair
  • (f)Saus :
    • Krim kental, siap pakai
    • Kacang almond panggang, cincang.

Cara Membuat:

  1. Siapkan 6  buah mangkuk saji ukuran 150 ml, perciki air. Tiriskan. Sisihkan.
  2. Campur air, gula, teh hijau bubuk, dan agar-agar, jerang di atas api sedang sambil aduk-aduk hingga gula larut. Tuangi krim kental dan susu, aduk rata.
  3. Tuang ke dalam mangkuk saji, diamkan hingga mengeras. Simpan dalam lemari pendingin. Keluarkan dari mangkuk saji sesaat akan disajikan.
  4. Sajikan bersama pelengkap. (f)

*) Teh hijau bubuk : Teh hijau bubuk dalam kemasan kaleng. Biasa dijual di gerai bahan makanan Jepang dan Cina. Jika tidak ada dalam bentuk bubuk, dapat digunakan daun teh hijau yang dihaluskan dalam grinder hingga menjadi bubuk.

– Makanan sajian untuk 6 porsi

 

3.      Roti Aroma Teh Hijau

 Image

Sumber : tabloid-nakita.com

Anda termasuk penggemar teh hijau? Menu ini menyajikan teh hijau dalam bentuk roti. Selain rasanya yang lezat, roti ini juga mempunyai citarasa yang unik.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
Bahan Roti:
– 200 gr tepung terigu protein tinggi
– 200 grram tepung terigu protein sedang
– 2 sendok teh ragi instan
– 100 gram gula pasir
– 1 butir telur
– 200 ml air es
– 1/2 sendok makan teh hijau, dihaluskan
– 1/2 sendok teh garam
– 60 gram margarin
– 1/2 sendok teh pasta teh hijau
susu evaporated untuk olesan

Bahan Strusel: (aduk Rata)
100 gram tepung terigu protein sedang
50 gram margarin
4 sendok makan gula tepung

Cara Pengolahan :

  1. Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan teh hijau. Aduk rata. Tambahkan telur, pasta teh hijau, dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  2. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 30 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
  3. Giling memanjang bentuk segitiga sama kaki. Gulung mulai dari yang lebar. Letakkan di loyang yang dioles margarin.
  4. Oles dengan susu evaporated. Tabur strusel. Oven 12 menit dengan suhu 190 derajat Celsius sampai matang.

–          Untuk 20 buah

 

Kesimpulan

  1. Kulit merupakan bagian tubuh yang paling luar yang terdiri atas lapisan epidermis, dermis, dan subkutis.
  2. Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal.
  3. Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya maka dia akan sembuh dengan seizin Allah Subhanahu wa Ta’ala.
  4. Bahan kimia dapat menyebabkan kanker kulit. Diantaranya ialah ter (batubara), arsen adalah bahan yang terdapat pada insectisida / pestisida, nitrogen mustard, dan lain – lain.
  5. Bahwa sinar matahari merupakan faktor utama yang menyebabkan keganasan kulit. Bagian sinar matahari yang diduga sebagai karsinogenesis tersebut adalah sinar ultraviolet B (UVB).
  6. Sebuah penelitian yang melibatkan cell-cell kanker bladder, extract teh hijau  membuat cell-cell kanker bertingkah aneh. Mereka jadi matang lebih cepat, mengikat erat satu sama lain dan sulit untuk berkembang biak.

Daftar pustaka

http://www.republika.co.id/berita/29222/Teh_Khasiat_Dalam_Ritual_Menyeduh

http://www.nwipp-newspapers.com

http://www.pitoyo.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=50

http://tjiahendra.blog.binusian.org/2009/08/17/teh-hijau-sangat-berkhasiat/

http://www.tabloid-nakita.com

http://odi/detikfoodjakarta.com

www.Feminabook.com/menumakanan-teh.htm

http://www.wildans.biology.blogspot.com/tehhijau/Kandungan-Teh.htm


 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: