KHASIAT DAN TIN…

KHASIAT DAN TINJAUAN ISLAMI TENTANG MADU SEBAGAI OBAT DARI SEGALA MACAM PENYAKIT

M. Agus Krisno, Aditia Huda Ikhsani

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

Jl. Tlogomas 246 Malang Telp 464318

 

Abstrak

Madu adalah makanan yang mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat, protein , asam amino, vitamin, mineral, dekstrin , pigmen tumbuhan dan komponen Aromatik. Bahkan dari hasil penelitian ahli Gizi dan pangan ,madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi diantara produk ternak lainnya susu, telur , daging, keju dan mentega sekitar (82,3% lebih tinggi) Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori atau perbandingan 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging. Dari hasil penelitian terbaru ternyata zat-zat atau senyawa yang ada didalam madu sangat komplek yaitu mencapai 181 jenis .dalam kajian islami, madu yang dalam hal ini dihasilkan oleh lebah banyak mengandung berbagai kesembuhan untuk berbagai macam penyakit.

Kata kunci : madu, medis, menu, khasiat, penyakit,terapi

 

 


PENDAHULUAN

Manusia telah menggunakan madu sejak zaman kuno. Salah satu mitos yang popular hingga sekarang ini adalah bahwa para peternak lebah

 

dapat hidup secara sehat dan berumur panjang melebihi yang lain.

Seiring dengan  meningkatnya kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka mitos yang menyatakan bahwa peternak madu dapat berumur panjang dan sehat melebihi yang lain itu ternyata memang benar, namun dengan kata lain peternak lebah tersebut sering mengonsumsi madu. Selain itu di dalam madu juga terdapat zat antibody yang berfungsi untuk melawan kuman pathogen penyebab penyakit. Dari sini dapat disimpulkan bahwa semua orang dapat hidup sehat tidak hanya para peternak lebah saja, jika orang tersebut banyak mengonsumsi madu sesuai dengan takaran yang dianjurkan dan tidak berlebih-lebihan.

Keistimewaan Lebah Dalam           Al Qur’an

Telah dijelaskan Al Quran dalam surah An Nahl (16):(69) bahwa, ” Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”

Sumber : http://www.google-madu.co.id

Surah An Nahl dalam bahasa arab memiliki pengertian yaitu “Lebah Madu”. Dari sini sudah jelas bahwa serangga yang satu ini menempati posisi yang istimewa dibandingkan serangga lain sehingga serangga yang satu ini dijadikan nama di salah satu surah dalam Al Quranul Kariim. “Segala sesuatu yang diciptakan Allah SWT pasti tidak ada yang sia-sia”. Lebah memang banyak memberikan manfaat dan kenikmatan bagi manusia. Dalam penjelasan mengenai penggalan surah An Nahl di atas bahwa ada persamaan antara madu yang dihasilkan oleh lebah dengan Al Quranul Kariim.

Madu sendiri berasal dari sari-sari bunga dan menjadi obat bagi bermacam-macam penyakit manusia. Sedangkan Al Quran mengandung intisari dari kitab-kitab yang telah diturunkan kepada nabi-nabi zaman dahulu ditambah dengan ajaran-ajaran yang diperlukan oleh semua bangsa di sepanjang masa untuk mencapai kebahagiaan dunia akhirat. Bukankah ini semua sama halnya dengan arti Surah An Nahl (16):(69) ”… Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”

Dalam Tafsir Al Quran dan pembuktian secara ilmiah, Sayyid Quthb mengungkapkan, madu sebagai obat penyembuh penyakit memang sudah dibuktikan secara ilmiah oleh pakar kedokteran. Inilah bahwasanya kebenaran ayat Al Quran memang harus diyakini oleh umat manusia.

 Kajian khasiat madu secara ilmiah juga telah diteliti oleh ilmuan Muslim terkemuka pada zaman keemasan Islam seperti Ibnu Sina (890-1037) abad ke-10. Menurut bapak kedokteran dunia, Madu dapat menyembuhkan berbagai penyakit dari yang ringan sampai yang paling berat, seperti tekanan darah tinggi dan jantung. Madu juga dapat menurunkan suhu badan serta mengatur sekresi, sehingga dapat menghilangkan demam. Tidak hanya sebagai antibody terhadap berbagai macam penyakit, madu juga memiliki fungsi dalam hal kecantikan seperti :

  1. Dapat mengencangkan kulit muka dan seluruh kulit badan.
  2. Menghaluskan kulit.
  3. Mengencangkan kulit dan kerutan pada wajah.
  4. Mampu menghilangkan bau badan yang tak sedap.
  5. Menghilangkan flek-flek hitam dan jamur kulit.
  6. Serta bisa memberikan vitamin pada kulit dan melembabkannya.
 
   

Penelitian terakhir yang dilakukan oleh salah satu Universitas di Moskow menunjukkan bahwa madu juga mengandung logam aluminium, boron, krom tembaga, timbal, titanium, seng, asam organic, asetilkolin, hormone, antibiotic, zat anti kanker serta zat anti racun. Zat-zat ini sangat penting untuk memperlancar proses biokimia dalam tubuh dan proses penyembuhan aneka penyakit. Zat tersebut juga dapat memperkuat sistem imun pada manusia. Dan sistem imun itu dapat membuat manusia tidak rentan terhadap penyakit, atau jika seseorang sudah terserang penyakit maka sistem imun itu akan menjadi penangkal yang tangguh untuk menyembuhkannya. Penelitian ini juga menyebutkan madu diyakini dapat menyembuhkan tukak lambung (maag), radang usus, serta kesulitan buang air besar (sembelit). Jadi sangat baik memang untuk mengkonsumsi madu dalam keseharian kita.

Sumber : http://www.google-madu.co.id

Warna madu berbeda-beda berdasarkan jenis lebah, bunga maupun tumbuhan yang diisapnya. Variasi madu juga memiliki khasiat yang beraneka ragam. Misalnya, madu yang berasal dari lebah yang menghisap herbal avishan berwana kemerah-merahan. Madu Avishan ini berkhasiat sebagi obat batuk serta mengatasi ganguan lambung, dan  penyakit influenza. Adapun madu yang dihasilkan dari lebah yang menghisap Shabdar berwarna terang, dan berguna untuk mengobati sakit kepala dan migrain. Keragaman warna madu selain menunjukkan variasi makanan lebah, juga menjelaskan keragaman selera. Menariknya, kini ilmu gizi membuktikan bahwa warna berpengaruh untuk membangkitkan selera makan.

Sumber : http://www.google-madu.co.id

Pakar lebah menyatakan bahwa sarang lebah yang dihuni ribuan lebah madu hanya membutuhkan beberapa kilo madu untuk hidup selama setahun. Menurut mereka, untuk mengatasi rasa lapar setiap lebah madu cukup dengan menghisap dua atau tiga bunga selama sehari. Namun lebih dari upaya mengatasi rasa lapar itu, lebah madu setiap jam mendatangi 250 bunga dan menempuh jarak sekitar empat kilometer. Dalam usia yang pendek mereka menimbun makanan yang dibutuhkan di sarang dan menghadiahkan madu bagi manusia. Imam Ali berkata, “Ambillah yang terbaik seperti lebah mengambil yang terbaik menjadi madu.”

Kualitas madu umumnya ditentukan dari asal bunga seperti Mix Flower ( Aneka bunga hutan ), Madu Bunga Klengkeng, Madu bunga Kopi , Madu Bunga Rambutan, Madu bunga Kapuk dsb. Berdasarkan informasi penelitian madu yang termanis berasal dari nektar bunga rambutan (Nephelium lappaceum ).

Nutrisi Kandungan Madu per 100 g

Energi 1.272 kJ (304 kcal)
Karbohidrat 82.4 g
Lemak 0 g
Protein 0.3 g
Air 17.10 g
Riboflavin (Vit. B2) 0.038 mg (3%)
Niacin (Vit. B3) 0.121 mg (1%)
Pantothenic acid (B5) 0.068 mg (1%)
Vitamin B6 0.024 mg (2%)
Folate (Vit. B9) 2 µg (1%)
Vitamin C 0.5 mg (1%)
Calcium 6 mg (1%)
Iron 0.42 mg (3%)
Magnesium 2 mg (1%)
Phosphorus 4 mg (1%)
Potassium 52 mg (1%)
Sodium 4 mg (0%)
Zinc 0.22 mg (2%)

            Dalam riset terbaru yang dilakukan oleh para pakar ilmu gizi mengungkapkan bahwa kadar gula alami merupakan unsur terbesar dalam madu yaitu berkisar antara 75 hingga 79 persen. Bahkan tidak ada kadar gula yang lebih besar daripada madu. Menariknya, meskipun madu termasuk makanan manis, madu tidak menimbulkan kerusakan pada gusi dan gigi, namun sebaliknya memperkuat gusi dan gigi. Selain itu di Universitas Pennsylvania, AS dilakukan riset serupa yaitu tentang pengaruh signifikan madu terhadap sejumlah anak-anak yang berusia 2 hingga 18 bulan yang sebelumnya mengalami penyakit batuk akibat dari infeksi saluran pernafasan. Dan hasilnya, madu dapat meredakan penyakit batuk, dan bahkan lebih baik khasiatnya daripada menggunakan obat batuk anak yang mengandung dextromethorphan.

Beberapa khasiat madu dalam kajian medis serta menu makanan dan minuman :

1. Pisang dicampur madu dan susu, manfaatnya adalah baik untuk makanan bayi

2. Pisang dicampur madu, kurma dan susu setiap hari, manfaatnya adalah cara terbaik memperkuat tubuh

3. Madu dimakan bersama yorghut dan pisang, manfaatnya adalah mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit tuberculosis

4. Pisang yang dilumatkan sampai halus, dicampur segelas air kelapa muda dan sedikit madu, kemudian disaring. manfaatnya adalah untuk penderita campak, tuberculosis dan radang tonsil

 

5. Beberapa tetes sari buah pepaya muda yang masih segar dicampur madu, manfaatnya adalah memperlancar susu ibu

 

6. Pepaya masak dicampur madu manfaatnya adalah mengatasi ketidak beresan saluran air seni, gangguan jantung, hati, otak, urat syaraf, darah, wasir dan sembelit

7. Pepaya campur susu dan madu, manfaatnya adalah tonikum yang bagus sekali untuk pertumbuhan anak-anak, wanita yang sedang hamil dan menyusui

 

8. Jeruk peras dan madu, manfaatnya adalah membantu mengatasi gangguan jantung

 

9. Segelas penuh air jeruk ditambah sejemput garam dan sesendok makan madu, manfaatnya adalah untuk penderita tuberculosis, asma, masuk angin dan bronchitis

 

10. Bunga jeruk yang segar dicampur madu, manfaatnya adalah tonikum yang efektif untuk jantung dan syaraf

 

11. Segelas penuh sari buah semangka segar dicampur sesendok makan madu, manfaatnya adalah mengobati keluhan pada jantung, pembuluh darah, ginjal dan tekanan darah

 

12. Sari buah semangka dicampur madu, manfaatnya adalah mengurangi penyakit demam

 

13. Segelas air mangga dicampur madu dan susu, manfaatnya adalah tonikum untuk merangsang nafsu makan, ingatan dan menambah berat tubuh

 

14. Segelas sari tomat dicampur madu dan sejemput kapulaga, dan diminum setelah menelan tiga siung bawang putih tiap malam sebelum tidur manfaatnya adalah tonikum yang berkhasiat dalam menyembuhan tuberculosis dan penyakit dada

 

15. Air kelapa dicampur sedikit madu, manfaatnya adalah merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat sampingan akibat buruk gairah sek yang berlebihan

 

16. Secangkir air rebusan sabut Membasmi cacing gelang dan cacing pita kelapa dicampur madu manfaatnya adalah pembasmi cacing gelang dan cacing pita.

 

17. Sesendok teh sari daun kelor segar dicampur sesendok teh madu dan segelas air kelapa muda, diminum dua atau tiga kali sehari manfaatnya adalah obat untuk penderita disentri, diare, radang usus besar dan sakit kuning

 

18. Sesendok makan sari daun kelor segar dicampur sedikit madu, diminum setiap malam sebelum tidur manfaatnya adalah Menyembuhkan rabut malam, lemah ingatan, kehilangan daya penciuman, dan lemah pendengaran. Sesendok makan sari daun kelor segar dicampur sedikit madu, dan ditambah sari jeruk sitrun, diminum setiap malam sebelum tidur manfaatnya adalah menyembuhkan pusing-pusing, wasir yang mengeluarkan banyak pendarahan, pendarahan hidung, keseduan, gangguan empedu, gangguan pencernaan, mual-mual pagi dan juga penyerapan gizi pada darah yang kurang lancar

 

19. Segelas penuh sari wortel dicampur sesendok madu dan sesendok teh sari jeruk nipis dan diminum sebelum makan pagi manfaatnya adalah menanggulangi mual-mual pagi hari pada wanita hamil, gangguan empedu, radang lambung kencing sedikit dan tubuh letih lesu

 

20. Segelas penuh sari mentimun dicampur sesendok teh madu dan sesendok teh sari jeruk nipis segar, diminum dua kali sehari manfaatnya adalah memperlancar buang air kecil (diuretik) pada penderita penyakit darah tinggi, keracunan saat hamil, kencing yang sedikit karena tubuh kurang cairan

 

21. Satu sendok teh sari bawang merah dengan 4 sendok teh madu dan dua butir telur rebus setengah matang, dimakan setiap hari selama dua tiga bulan manfaatnya adalah memperkuat system urat syaraf dan mencegah datangnya uban yang terlalu dini

 

22. Makan bayam yang dimasak dengan madu manfaatnya adalah menyembuhkan tukak lambung, sembelit yang kronis, keputihan dan kelainan pada lever

 

23. Sari bayam segar satu cangkir dicampur madu dan sejemput bubuk kapulaga selama masih hamil manfaatnya adalah pertumbuhan bayi baik, melenturkan otot-otot rahim, mencegah pemborosan penggunaan kalsium dan zat besi dalam tubuh dan memudahkan persalinan

 

24. Satu sendok sari bayam dengan beberapa tetes madu, diberikan sehari sekali kepada bayi setelah dua minggu sesudah kelahiran manfaatnya adalah membantu bayi tumbuh sehat dan kuat, mencegah sembelit dan mempermudah proses pertumbuhan giginya.

 

            Benarlah firman Alloh SWT, “ Dari perut lebah itu keluar minuman yang beraneka ragam warnanya, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia”. (An Nahl [16]). Sehingga tidak ada keraguan untuk kita sebagai umat manusia untuk meragukan segala firman-firman-Nya.

 

Kesimpulan

 

  1. Madu memiliki kadar gula alami merupakan unsur terbesar dalam madu yaitu berkisar antara 75 hingga 79 persen.
  2. Meskipun madu memiliki kadar gula yang tinggi madu tidak dapat merusak gusi dan gigi.
  3. Madu sendiri berasal dari sari-sari bunga dan menjadi obat bagi bermacam-macam penyakit manusia.
  4. Madu juga mengandung logam aluminium, boron, krom tembaga, timbal, titanium, seng, asam organic, asetilkolin, hormone, antibiotik, zat anti kanker serta zat anti racun. Zat-zat ini sangat penting untuk memperlancar proses biokimia dalam tubuh dan proses penyembuhan aneka penyakit.
  5. Dalam perspektif Islam madu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari karena dari tubuh lebah terdapat berbagai macam kesembuhan. Hal ini juga telah dibuktikan oleh pakar muslim, salah satunya adalah Ibnu Sina.
  6. Selain untuk mengobati, madu juga dapat digunakan dalam hal kecantikan.

 

Daftar Pustaka

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: