YOGURT BROKOLI SEBAGAI INOVASI MINUMAN KAYA SERAT

PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

 

Tingkat konsumsi masyarakat Indonesia terhadap sayuran masih rendah dibandingkan negara lain, padahal potensi sayur dan buah-buahan di Indonesia sangat besar. “Ini faktor kebiasaan dan kesadaran masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi sayuran masih rendah, padahal mereka mampu membeli ataupun menanam sendiri sayuran itu,” kata Direktur Budidaya dan Pasca Panen Sayur dan Tanaman Obat Ditjen Holtikultura Kementerian Pertanian, Yul Bahar, di Serang, Jumat (30/9).

Saat ini, banyak orang yang lebih memilih membeli rokok, daripada sayur dan buah. Jika hal tersebut terus berlangsung, maka akan banyak masyarakat yang kekurangan gizi. Menurut Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Ahmad Dimyati, tingkat konsumsi sayur dan buah masyarakat Indonesia saat ini masih rendah. Bahkan masih jauh dari standar konsumsi yang direkomendasikan oleh Food and Agriculture Organization (FAO) yaitu 73 kilogram per kapita per tahun. “Di Indonesia saat ini tingkat konsumsi sayur dan buah adalah 40 kilogram per kapita per tahun,” kata Ahmad, Rabu (16/6) dalam sambutannya pada acara ulang tahun ke 20 PT East West Seed Indonesia, di Desa Benteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta.

Mengetahui hal tersebut, kami sangat menyayangkan. Karena menurut kami, masih banyak orang Indonesia yang belum sadar, akan betapa pentingnya mengkonsumsi sayur dan buah. Dari standar FAO, standar kecukupan untuk sehat adalah 91,25 kilogram per kapita per tahun.

Padahal dengan mengkonsumsi makanan hortikultura banyak manfaat yang didapat untuk pemenuhan gizi. Seperti protein, kalori, dan vitamin yang terkandung di sayur dan buah.

“Masyarakat Indonesia belum dapat menganggap hortikultura sebagai kebutuhan pokok. Sebagian dari mereka lebih memillih untuk membeli barang yang sebetulnya kurang penting,” ujar Ahmad (Anonymous, 2010).

Sedang disisi lain seringkali kita mendengar betapa pentingnya makanan berserat (fiber) untuk melakukan diet. Disamping masih banyak manfaat lain, diet dengan banyak makan makanan yang mengandung serat dapat mengurangi rasa lapar dan bahkan dapat mencegah penyerapan kalori-kalori lain. Fiber adalah suatu nutrisi yang sangat penting, ditemukan dari sumber makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan dipisahkan menjadi dua bentuk yaitu fiber yang larut dalam air (soluble fiber) atau yang tidak larut (insoluble fiber). Fiber memiliki keuntungan kesehatan yang sangat vital, seperti menurunkan resiko penyakit diverticular, tekanan darah tinggi, diabetes type 2, kanker paru-paru dan kanker perut.

Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan. Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih. Sebagai makanan, brokoli biasanya direbus atau dikukus, atau dapat pula dimakan mentah. Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus. Hal ini bertujuan agar segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya tidak hilang selama proses pemasakan (Anonymous, 2011).

Yoghurt adalah salah satu produk susu terkoagulasi (mengental), diperoleh dari fermentasi asam laktat melalui aktifitas bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus, dimana mikroorganisme ini dalam produk akhir harus hidup aktif dan berlimpah.Kerja bakteri asam laktat memfermentasikan susu ternyata meningkatkan kandungan gizi yoghurt. Khususnya vitamin B-kompleks, di antaranya vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B6 (piridoksin), asam folat, asam pantotenat, dan biotin. Sederet vitamin tersebut membantu meningkatkan kesehatan sistem reproduksi, kekebalan tubuh, dan ketajaman fungsi berpikir. Dengan rajin minum yoghurt, terutama yang murni, dapat merangsang tubuh mempercepat proses peremajaan sel (Anonymous, 2009).

Tujuan dari penulisan ini adalah merekomendasikan manfaat lain dari Brokoli yang biasanya hanya digunakan sebagai bahan pembuat sayur dan dimakan langsung. Tujuan lain adalah untuk meningkatkan pengkonsumsian sayur di kalangan masyarakat, mengingat tingkat pengkonsumsian sayur di Indonesia masih sangatlah rendah. Oleh karena itu kami memberikan solusi dengan pembuatan yogurt brokoli yang kaya serat. Mengapa harus yogurt? Karena sebagian besar masyarakat Indonesia suka mengkonsumsi yogurt. Dengan dibuatnya yogurt brokoli ini diharapkan tingkat pengkonsumsian sayur oleh masyarakat Indonesia dapat meningkat.

 

 

 

PEMBAHASAN

Yoghurt

Yoghurt merupakan minuman yang terbuat dari air susu. Apabila dibandingkan dengan susu biasa, yoghurt dapat memberikan efek pengobatan terhadap lambung dan usus yang terluka. Selain itu, yoghurt dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga mencegah penyumbatan di pembuluh darah (Dwidjoseputro, 2005).

Prinsip pembuatan yoghurt adalah fermentasi susu dengan menggunakan bakteri  Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Kedua macam bakteri  tersebut akan menguraikan laktosa (gula ásusu) menjadi asam laktat dan berbagai komponen aroma dan citarasa. Lactobacillus bulgaricus lebih berperan pada pembentukan aroma, sedangkan Streptococcus thermophilus lebih berperan pada pembentukan citarasa yoghurt. Yoghurt yang baik mempunyai total asam laktat sekitar 0,85-0,95%. Sedangkan derajat keasaman (pH) yang sebaiknya dicapai oleh yoghurt adalah sekitar 4,5 (Anonymous. 2011).

 

 Image

Image

Lactobacillus adalah genusbakterigram-positif, anaerobik fakultatif atau mikroaerofilik. Genus bakteri ini membentuk sebagian besar dari kelompok bakteri asam laktat, dinamakan demikian karena kebanyakan anggotanya dapat merubah laktosa dan gula lainnya menjadi asam laktat. Kebanyakan dari bakteri ini umum dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Dalam manusia, bakteri ini dapat ditemukan di dalam vagina dan sistem pencernaan, dimana mereka bersimbiosis dan merupakan sebagian kecil dari flora usus. Banyak spesies dari Lactobacillus memiliki kemampuan membusukkan materi tanaman yang sangat baik. Produksi asam laktatnya membuat lingkungannya bersifat asam dan mengganggu pertumbuhan beberapa bakteri merugikan. Beberapa anggota genus ini telah memiliki genom sendiri.

Proses fermentasi yoghurt berlangsung melalui penguraian protein susu. Sel-sel bakteri menggunakan laktosa dari susu untuk mendapatkan karbon dan energi dan memecah laktosa tersebut menjadi gula sederhana yaitu glukosa dan galaktosa dengan bantuan enzim β-galaktosidase. Proses fermentasi akhirnya akan mengubah glukosa menjadi produk akhir asam laktat.

Laktosa → Glukosa+Galaktosa →Asam piruvat → Asam laktat+CO2+H2O

Adanya asam laktat memberikan rasa asam pada yoghurt. Hasil fermentasi susu ini merubah tekstur susu menjadi kental. Hal ini dikarenakan protein susu terkoagulasi pada suasana asam, sehingga terbentuk gumpalan. Proses ini memakan waktu 1-3 hari yang merupakan waktu tumbuh kedua bakteri, dan bekerja menjadi 2 fasa, kental dan bening encer dan rasanya asam.

Setelah diketemukannya jenis bakteri Lactobacillus yang sifat-sifatnya dapat bermanfaat bagi manusia dan dapat dibuat menjadi yoghurt, maka berkembanglah industri pembuatan yoghurt. Yoghurt ini dibuat dari susu yang difermentasikan dengan menggunakan bakteri Lactobacillus, pada suhu 40 derajat celcius selama 2,5 jam sampai 3,5 jam. Asam laktat yang dihasilkan oleh bakteri tersebut dapat mengubah susu menjadi yogurt yang melalui proses fermentasi (Anonymous. 2011).

Mikrobiologi pangan yang di kembangkan menggunakan mikroorganisme melalui proses fermentasi mampu mengubah bahan mentah seperti, kedelai, jangung, ketela, sayuran, dan yang lainnya menjadi bahan yang memiliki nilai tambah tinggi baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Bahan pangan yang di fermentasi dengan mikroorganisme, mengandung nutrisi yang tinggi untuk memenuhi keseimbangan  gizi pada manusia. Berbagai bahan makanan yang sebelum di olah memiliki kualitas dan gizi yang rendah akan tetapi setelah diolah  mimiliki kandungan gizi yang kaya akan manfaatnya bagi kesejahteraan manusia terutama di Indonesia (Dwidjoseputro, 2005).

 

 

Broccoli (Brassica oleracea L.)

Image

Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih (Anonymous, 2011).

Kandungan Gizi Brokoli

  1. Brokoli mengandung energi, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang berguna bagi tubuh.

Nilai Gizi yang terkandung dalam 156 gram brokoli (1 mangkuk brokoli yang dikukus)

Kalori

43.68 kal

Protein

4.66 g

Asam Lemak Omega-3

0.20 g

Karbohidrat

8.19 g

Lemak

0.55 g

Kalsium

74.72 mg

Potassium (Kalium)

505.44 mg

Fosfor

102.80 mg

Besi

1.37 mg

Zinc (Zn)

0.62 mg

Magnesium

39.00 mg

Vitamin A

228.07 RE

Vitamin B1 (Thiamin)

0.09 mg

Vitamin B2 (Riboflavin)

0.18 mg

Vitamin B6 (pyrodoxin)

0.22 mg

Vitamin B3 (Niasin)

0.94 mg

Vitamin B5 (Pantothenic acid)

0.79 mg

Vitamin B9 (Folat)

93.91 mcg

Vitamin C

123.40 mg

Vitamin E

0.75 mg

Vitamin K

155.20 mg

Serat

4.68 g

Mangan

0.34 mg

Triptofan

 

Sumber : Anonymous, 2010

  1. Brokoli merupakan sayuran dengan kaloriyang rendah, rendah lemak, dan bebas kandungan lemak jenuh, tinggi kalium dan rendah sodium, tidak mengandung kolesterol
  2. Sayuran yang paling baik tumbuh di daerah beriklim dingin dan tanah yang lembab ini merupakan sumber serat yang sangat baik. Kandungan serat dalam brokoli bahkan lebih banyak daripada serat yang ada dalam roti gandum. Serat ini sangat baik untuk sistem pencernaan.
  3. Selain itu, brokoli juga mengandung folat . Seperti yang kita ketahui, folat merupakan salah satu vitamin yang sangat baik salah satunya baik untuk ibu hamil dan janin.
  4. Kandungan Vitamin C di dalam brokoli sangat tinggi bahkan Vitamin C yang terdapat dalam brokoli lebih tinggi dari kandungan vitamin C dalam sebuah jeruk. Vitamin C yang tinggi akan mempermudah tubuh dalam meyerap zat besi.
  5. Kandungan kalsiumnya hampir setara dengan kalsium dalam segelas susu (71.8 mg kalsium brokoli sama dengan 120 ml kalsium susu).
  6. Vitamin K yang terkandung dalam brokoli juga penting untuk menguatkan tulang dan membantu pembekuan darah.
  7. Brokoli juga mengandung karoten, lutein (Anonymous, 2010).

 

Makanan Berserat (Fiber)

 

 Image

Seringkali kita mendengar betapa pentingnya makanan berserat (fiber) untuk melakukan diet. Disamping itu, makanan berserat memiliki khasiat untuk membantu mengatasi diabetes, mencegah sembelit, membantu proses detoksifikasi, membantu mencegah kanker usus besar dan kanker payudara masih banyak manfaat lain.

Menurut Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Ahmad Dimyati, tingkat konsumsi sayur dan buah masyarakat Indonesia saat ini masih rendah. Bahkan masih jauh dari standar konsumsi yang direkomendasikan oleh Food and Agriculture Organization (FAO) yaitu 73 kilogram per kapita per tahun. “Di Indonesia saat ini tingkat konsumsi sayur dan buah adalah 40 kilogram per kapita per tahun,” kata Ahmad, Rabu (16/6) dalam sambutannya pada acara ulang tahun ke 20 PT East West Seed Indonesia, di Desa Benteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta (Aditia, 2011).

Melihat angka tersebut, Ahmad sangat menyayangkan. Menurut dia, masih banyak orang Indonesia yang belum sadar, akan betapa pentingnya mengkonsumsi sayur dan buah. Dari standar FAO, standar kecukupan untuk sehat adalah 91,25 kilogram per kapita per tahun.

Fiber adalah suatu nutrisi yang sangat penting, ditemukan dari sumber makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan dipisahkan menjadi dua bentuk yaitu fiber yang larut dalam air (soluble fiber) atau yang tidak larut (insoluble fiber). Fiber memiliki keuntungan kesehatan yang sangat vital, seperti menurunkan resiko penyakit diverticular, tekanan darah tinggi, diabetes type 2, kanker paru-paru dan kanker perut, seperti yang disarikan dari vision. Fiber juga dapat menurunkan kolesterol dan mempermudah gejala-gejala PMS.

Peningkatan konsumsi fiber sangat dianjurkan, salah satu produsen fiberterbesar adalah broccoli. Sebagai makanan, brokoli biasanya direbus atau dikukus, atau dapat pula dimakan mentah.Tetapi, sebagian besar orang Indonesia khususnya anak-anak masih enggan untuk mengkonsumsi sayuran berserat dalam bentuk yang masih nyata, Konsumsi sayur masyarakat Indonesia saat ini rata-rata 41,9 Kg per kapita per tahun. Pada umumnya masyarakat lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan cepat saji. Mereka lebih mementingkan sifat organoleptiknya saja tanpa memikirkan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut.

Dr Saptawati Bardosono, ahli gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengatakan, yoghurt merupakan susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermopilus. Selain baik untuk pertumbuhan, konsumsi yoghurt juga dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis sayuran. Hal ini bertujuan untuk menarik minat seseorang khususnya anak-anak yang tidak gemar mengkonsumsi sayur untuk menjadi gemar mengkonsumsinya (Viva News, 2010).

Yogurt Brokoli

 Image

Yogurt brokoli adalah minuman kaya serat yang terbuat dari campuran yogurt dan brokoli. Minimuman ini adalah salah satu gagasan produk yang ditawarkan untuk peningkatan konsumsi sayur bagi masyarakat Indonesia, karena mengingat rendahnya tingkat konsumsi sayur di Indonesia.Hal lain juga yogurt brokoli merupakan variasi jajan kaya serat yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk pertumbuhannya dan para wanita diet untuk menunjang keberhasilan dietnya.

Teknik pembuatan yogurt brokoli sebenarnya sama dengan pembuatan yogurt buah pada umumnya, hanya saja berbeda pada penambahan ekstrak dari brokoli. Dengan begitu yogurt ini diharapkan dapat menarik minat anak-anak dan masyarakat luas. Berikut adalah teknik pembuatan yogurt brokoli:

Bahan-bahan :

  • Brokoli segar 100 gr
  • Air matang 100 ml
  • Gula pasir 50 gr
  • Yoghurt plain 500 ml
  • Es batu secukupnya, serut kasar

Cara Membuat :

1. Campur brokoli bersama air dan gula pasir, lalu proses dalam blender hingga lembut, angkat dan masak hingga mengental, angkat.

2. Tuang campuran brokoli bersama yoghurt, aduk hingga tercampur rata.

3. Tuang yogurt brokoli dalam gelas lalu tambahkan yoghurt brokoli dengan hiasan sesuai selera.

4. Sajikan, untuk 4 gelas

Manfaat Pengkonsumsian Yogurt Brokoli :

a.         Menurunkan kolesterol

Manfaat khusus dari yogurt brokoli ini sangat besar. Pasalnya, kandungan serat dari brokoli bisa mematikan sedikit demi sedikit kolesterol dalam tubuh. Selain itu, serat dalam brokoli membuat asam empedu dalam saluran pencernaan Anda jadi lebih baik.

 b.   Membantu atasi kekurangan vitamin

Ketika dosis tambahan besar vitamin D diperlukan untuk mengimbangi kekurangan di tubuh, persediaan yang cukup baik vitamin K dan vitamin A membantu menjaga metabolisme. Sedangkan  vitamin D dalam tubuh Anda untuk mengatur keseimbangan. Yogurt brokoli memiliki kombinasi yang luar biasa kuat dari kedua vitamin A dan vitamin K. Yogurt brokoli juga dapat menjadi makanan ideal Anda untuk melakukan diet.

 c.   Baik untuk pencernaan dan juga menyehatkan kulit.

Yogurt brokoli mengandung protein yang cukup tinggi. Zat gizi lain yang penting untuk tubuh juga terdapat dalam yogurt brokoli, seperti karbohidrat, kalori, lemak, kalsium, serta vitamin. Yogurt sendiri mengandung asam laktat yang mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa, sehingga mengaktifkan enzim laktase. Jadi enzim pencernaan ini lebih sehat dengan mengonsumsi yogurt, BAB lancar, dan ini memengaruhi kondisi wajah. Vitamin yang terkandung dalam yogurt juga penting untuk kesehatan kulit, yang membantu aktivasi kolagen lebih bagus, inilah yang membuat yogurt bisa mempercantik kulit termasuk kulit wajah.

 d.   Mencegah keropos tulang

Ditilik dari komposisi zat gizinya, yoghurt sangat tinggi kalsium dan zat besi, zat yang baik untuk mencegah keropos tulang . Berdasarkan sumber The Wellness Encyclopedia (1991) menyebutkan bahwa setiap 227 gr yoghurt mengandung 275 – 400 mg kalsium, angka yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan sumber kalsium yang lain.Nutrisi yang cukup berperan penting dalam mencegah dan mengatasi osteoporosis, dan nutrisi mikro yang sangat penting adalah kalsium dan vitamin D,” ujar Jeri Nieves, PhD, MS, director of bone density testing di New York’s Helen Hayes

Hospital seperti yang dikutip oleh webmd.com.Menurut Nieves, kalsium terbukti efektif dalam menjaga kepadatan tulang semua orang, terlepas dari masalah usia. Dengan begitu, ada baiknya Anda mengkonsumsi yogurt yang dilengkapi dengan vitamin D.

 e.   Menetralkan zat penyebab kanker

Dari manfaat brokoli sendiri yang terkandung dalam yogurt brokoli, brokoli banyak mengandung vitamin C dan serat makanan. Ia juga mengandung senyawa glukorafanin yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane).

 f.   Yogurt brokoli membuat Anda lebih kenyang

Yogurt brokoli dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Kenapa demikian? Hal itu karena kandungan yang terdapat di dalam yogurt brokoli yang kaya serat. Hal ini baik untuk Anda yang sedang menjalani program diet.

 g.  Yogurt brokoli turunkan risiko darah tinggi.

Mengkonsumsi rutin 2-3 porsi yogurt brokoli atau bahkan lebih dapat menurunkan risiko darah tinggi hingga 50 persen.

 h.  Yogurt dengan kultur aktif menekan risiko timbulnya infeksi pada vagina.

Infeksi Candida pada vagina merupakan masalah yang banyak dialami wanita pengidap diabetes.  Dalam sebuah penelitian kecil, wanita diabetes yang mengkonsumsi yogurt mengalami penurunan  tingkat keasaman (pH) serta penurunan infeksi candida.

 i.   Detoksifikasi

Kandungan vitamin C,sulfur dan asam amino dalam brokoli yang terdapat dalam yogurt brokoli merupakan agendetoksifikasi yang ampuh untuk menghilangkan radikal bebas dan racun dalam tubuh dan juga dapat membersihkan darah dari penyakit seperti bisul, gatal, artritis, rematik dan eksim.

 

Kajian Islam

 Image

“Yang memiliki kerajaan langit dan bumi, tidak mempunyai anak, tidak ada sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan-Nya, dan Dia menciptakan segala sesuatu, lalu menetapkan ukuran-ukurannya dengan tepat”. (QS. Al-Furqon : ayat 2).

Dari ayat diatas dapat kita ketahui bahwa Allah SWT  telah menciptakan berbagai makhluk hidup yang beraneka ragam dari benda yang bisa dilihat oleh mata secara langsung ataupun benda-benda kecil seperti halnya mikroorganisme. Salah satu contoh mikroorganisme yaitu kelompok mikroorganisme asam laktat yang banyak digunakan oleh manusia dalam memproudksi makanan ataupun minuman, misalnya dalam pembuatan yogurt dengan menggunakan peranan mikroorganisme asam laktat (Lactobacillus bulgaricus). Hal ini menunjukkan kekuasaan Allah yang begitu besar untuk menciptakan segala sesuatu yang dikehendaki. Semua yang telah diciptakan-Nya tiada yang sia-sia karena semua ada manfaatnya tergantung manusia bagaimana mengolahnya.

Image

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas”. (QS. Al-Maaidah (Al-Maidah) [5] : ayat 87)

Maksud dari ayat tersebut ialah : Makanlah yang halal dan jangan sampai melampui batas,jika sampai melampui batas karena Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas, kita akan mengalami kerugian untuk kita sendiri.

 

KESIMPULAN

  1. Yogurt brokoli adalah minuman kaya serat yang terbuat dari campuran yogurt dan brokoli.
  2. Yogurt brokoli merupakan variasi jajan kaya serat yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk pertumbuhannya dan para wanita diet untuk menunjang keberhasilan dietnya.
  3. Minuman ini dapat membantu mengatasi diabetes, mencegah sembelit, membantu proses detoksifikasi, membantu mencegah kanker usus besar dan kanker payudara.
  4. Dengan adanya gagasan ini, hendaknya dapat meningkatkan konsumsi sayur dikalangan masyarakat.
  5. Pembuatan yogurt ini tidak rumit dan tidah membutuhkan biaya yang maksimal
  6. Yogurt ini memiliki rasa yang unik dan memiliki warna yang menarik sehingga dapat menarik minat seseorang untuk mengkonsumsinya

DAFTAR PUSTAKA

Dwidjoseputro, D. Dr. Prof. 2005. Mikrobologi Pangan. PT. Djambatan: Jakarta

Aditia. 2011. Konsumsi Sayuran Berserat di Indonesia.http://www.jakartanews.com/

        Diakses: 13-01-2012

Anonymous, 2010. Tingkat konsumsi sayur di Indonesia. http://www.vivanews.com/

        Diakses : 13-01-2012

Anonymous. 2011. Brokoli. http://www.wikipedia.com Diakses : 13-01-2012

Anonymous. 2009. Pembuatan Yogurt. http://www.almahaera.blogspot.com/ Diakses: 13-01-2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: