Pemenuhan Vitamin D Pada Manusia Usia Lanjut Untuk Pencegahan Penyakit Dementia

PEMENUHAN VITAMIN D PADA MANUSIA USIA  LANJUT UNTUK PENCEGAHAN PENYAKIT DEMENTIA

Manula dengan kadar vitamin D rendah memiliki potensi problem dengan ingatan, belajar dan berpikir, menunjukkan rendahnya vitamin D akan memberi peringatan awal untuk resiko dementia, kata sejumlah peneliti pada Senin. Para peneliti dari Inggris, Italia dan Amerika Serikat meneliti 850 orang Italia berusia 65 tahun ke atas dan menemukan orang yang secara akut kekurangan vitamin D sebanyak 60 persen mengalami penurunan kemampuan kognitif umum, dan 31 persen mengalami masalah dengan fleksibilitas mental.

“Ini penelitian pertama untuk mengidentifikasi kaitan jelas antara tingkat vitamin D rendah dan penurunan kemampuan kognitif,” kata ketua penelitian, David Llewellyn dari Peninsula Medical School di Universitas Exeter, Inggris. “Kami sekarang bisa mendemonstrasikan kaitan antara kadar vitamin D rendah dan perkembangan masalah kognitif,” tambahnya. Llewellyn mengatakan hasil temuannya menimbulkan kekhawatiran mendalam karena sebelumnya telah diperkirakan satu milyar orang di dunia kekurangan vitamin D. Ia mengatakan memberikan suplemen vitamin D pada manula sangat menjanjikan untuk bisa menjadi sasaran terapi pencegahan demensia, terutama karena suplemen murah, aman dan sudah menunjukkan membantu untuk menurunkan resiko dari patah tulang. Sebagian besar vitamin D secara alami diproduksi oleh tubuh dari hasil tambahan eksposur sinar matahari ke kulit. Vitamin D juga ditemukan dalam beberapa makanan seperti minyak ikan dan penting untuk kesehatan, karena membantu sel menyerap kalsium yang esensial untuk tulang. Beberapa penelitian terakhir juga telah menunjukkan vitamin D bias melindungi dari kanker ,penyakit pembuluh nadi dan tuberkolosis.

Dalam penelitian ini, tim peneliti Llewellyn menemukan manula yang secara akut kekurangan vitamin D — yang didefinisikan dengan memiliki tingkat darah 25 hidrovitamin D lebih rendah dari 25 nanomole per liter — 60 persen cenderung mengalami penurunan kemampuan kognitif dalam penelitian enam tahun tersebut. Hasil penelitian juga menunjukkan 31 persen cenderung mengalami penurunan dalam tes untuk menguji fungsi eksekutif. Penemuan ini juga diterbitkan dalam jurnal “Archives ofInternal Medecine. “Demensia adalah kondisi yang menyia-nyiakan kemampuan otak yang berpengaruh pada 35 juta orang didunia. Bentuk paling umum adalah penyakit Alzheimer, penyakit yang penderitanya secara perlahan kehilangan ingatan, kemampuan untuk bernavigasi dan memahami dunia di sekelilingnya dan merawat diri.

Tim peneliti Llewellyn mengatakan mereka berpikir vitamin D bisa mencegah degenerasi jaringan otak yang memiliki peran dalam membentuk jaringan syaraf, menjaga kadar kalsium dalam tubuh, atau menghilangkan beta-amyloid, senyawa yang membentuk plak pada otak yang diasosiakan dengan penyakit Alzheimer.
Para peneliti memperkirakan di AS dan Eropa, antara 40 hingga 100 persen dari manula kekurangan vitamin D dan masalah diperburuk dengan kondisi manula lebih banyak menghabiskan waktu dalam ruangan dan kulit mereka menjadi kurang efisien untuk memproduksi vitamin D.

Vitamin D

Vitamin D adalah vitamin yang larut di lemak yang secara alami hanya tersedia pada sedikit sekali jenis makanan. Vitamin D2 (ergocalciferol) terdapat pada beberapa tumbuhan dan jamur. Beberapa jenis ikan yang berlemak, seperti ikan cod, tuna dan salmon, mengandung vitamin D2 karena mereka memakan alga yang mengolah vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Vitamin D3 (cholecalciferol) diproduksi tubuh ketika sinar ultraviolet mengenai kulit kita dan merangsang produksinya. Untuk mendapatkan vitamin D3 yang memadai, paparkan kulit Anda di sinar matahari selama 10-15 menit beberapa kali seminggu. Radiasi yang mengubah vitamin D di kulit memiliki panjang gelombang yang sama dengan yang menyebabkan kulit menghitam, karena itu penggunaan tabir surya akan menghambat produksi vitamin D. Seiring penuaan, efektivitas kulit dalam memproduksi vitamin D semakin berkurang.

Vitamin D yang berasal dari makanan, suplemen dan paparan sinar matahari bersifat inaktif secara biologis sehingga harus menjalani dua proses hidroksilasi di dalam tubuh untuk mengaktifkannya. Proses pertama terjadi di hati dan mengubah vitamin D menjadi 25-hidroksivitamin D [25(OH)D], juga dikenal sebagai calcidiol. Calcidiol paling banyak tersedia di dalam tubuh dibandingkan bentuk vitamin D lainnya. Proses kedua terjadi terutama di ginjal dan membentuk zat aktif 1,25-

Sumber: inquisitr.com

Sumber: matanews.com

Tabel keuntungan , sumber makanan, dan jumlah yang diamjurkan :

Tipe

keuntungan

Sumber makanan

Jumlah yang dianjurkan

Vitamin d Vitamin D menguatkan tulang-tulang karena ia membantu tubuh menyerap kalsium yang membantu pertumbuhan tulang. Vitamin ini sangat unik—tubuh Anda bisa membuatnya sendiri pada saat Anda mendapatkan cahaya matahari di atas kulit Anda. Anda juga bisa dapat Vit. D dari kuning telor, minyak ikan, dan susu fortifikasi. Remaja pria dan wanita ,lansia memperlukan 5 micrograms (200 IU) vitamin D per hari.

 

dihidroksivitamin D [1,25(OH)2D], dikenal juga sebagai calcitriol. Inilah bentuk vitamin D yang membantu penyerapan kalsium. Hati dan ginjal kita sangat berperan dalam pengubahan dari bentuk vitamin D yang inaktif menjadi aktif. Alasan utama mengapa alkohol memperburuk kondisi tulang adalah efek negatifnya terhadap hati. Beberapa penyakit ginjal juga menjadi pemicu terjadinya osteoporosis. Beberapa riset, misalnya, menunjukkan bahwa pasien yang menderita urolithiasis (proses pembentukan batu di ginjal, kandung kemih dan uretra) memiliki massa tulang yang lebih rendah dibandingkan rata-rata.

 Dementia Pada Manula

Demensia adalah suatu gangguan intelektual / daya ingat yang umumnya progresif dan ireversibel. Biasanya ini sering terjadi pada orang yang berusia > 65 tahun. Di Indonesia sering menganggap bahwa demensia ini merupakan gejala yang normal pada setiap orang tua. Namun kenyataan bahwa suatu anggapan atau persepsi yang salah bahwa setiap orang tua mengalami gangguan atau penurunan daya ingat adalah suatu proses yang normal saja. Anggapan ini harus dihilangkan dari pandangan masyarakat kita yang salah.

Sumber:  intisariherbal.com

Faktor  resiko yang sering menyebabkan lanjut usia terkena demensia adalah :

  • usia,
  • riwayat keluarga,
  • jenis kelamin perempuan.

Demensia harus bisa kita bedakan dengan retardasi mental, pseudodemensia, ganguan daya ingat atau intelektual yang akan terjadi dengan berjalannya waktu dimana fungsi mental yang sebelumnya telah dicapai secara bertahap akan hilang atau menurun sesuai dengan derajat yang diderita.

Perubahan karakteristik dari demensia adalah :

  • Perubahan aktivitas sehari-hari,
  • Gangguan kognitif(gangguan daya ingat,bahasa,fungsi visuospasial),
  • Perubahan perilaku dan psikis(Behavior-Psycological Changes).

Gangguan perilaku dan psikologik pada lansia yang demensia sering ditemukan sebagai BPSD (Behavioral & Psychological Symptoms of Dementia). Perubahan tersebut bersifat multifaktor atau biopsikososial sehingga timbul masalah seperti: perilaku agresif, wondering (suka keluyuran tanpa tujuan), gelisah, impulsive, sering mengulang pertanyaan. Pada masalah psikologisnya: waham cemburu, curiga, halusinasi, misidentitas. Gangguan klinis dari demensia bermacam-macam dan dikemukakan 3 pandangan berbagai kelompok ahli dalam mendefinisikan penyakit demensia khususnya tipe Alzheimer.

Demensia merupakan suatu penyakit degeneratif primer pada susunan sistem saraf pusat dan merupakan penyakit vaskuler. Di sini akan dibedakan gangguan pada kortikal dan subkortikal.

Kortikal:

-Alzheimer,

-Creutzfedz

–jacob,

-Pickdisease,

-Afasia,agnosiadanapraksia.

Subkortikal :

-Huntingtondisease,

-Parkinsondisease,

-Hidrosefalus

-demensiamultiinfark.

Kriteria derajat demensia :

  • Ringan: walaupun terdapat gangguan berat daya kerja dan aktivitas sosial, kapasitas untuk hidup mandiri tetap dengan higiene personal cukup dan penilaian umum yang baik.
  • Sedang :     hidup mandiri berbahaya diperlukan berbagai tingkat suportivitas.
  • ·       Berat : aktivitas kehidupan sehari-hari terganggu sehingga tidak berkesinambungan, inkoherensi. Demensia dapat digolongkan beberapa bentuk yaitu :
    A. DemensiaTipe Alzheimer
  • Dari semua pasien dengan demensia, 50 – 60 % memiliki demensia tipe ini. Orang yang pertama kali mendefinisikan penyakit ini adalah Alois Alzheimer sekitar tahun 1910. Demensia ini ditandai dengan gejala :
  • Penurunan fungsi kognitif dengan onset bertahap dan progresif,
  • Daya ingat terganggu, ditemukan adanya : afasia, apraksia, agnosia, gangguan fungsi eksekutif,
  • Tidak mampu mempelajari / mengingat informasi baru,
  • Perubahan kepribadian (depresi, obsesitive, kecurigaan),
  • Kehilangan inisiatif.

Faktor resiko penyakit Alzheimer :

  • Riwayat demensia dalam keluarga
  • Sindrom down
  • Umur lanjut
  • Apolipoprotein, E4

Faktor yang memberikan perlindungan terhadap alzheimer :

  • Apolipoprotein E, alele 2,
  • Antioxidans,
  • Penggunaan estrogen pasca menopause, (pada demensia tipe ini lebih sering pada wanita daripada laki-laki)
  • NSAID

Demensia pada penyakit Alzheimer belum diketahui secara pasti penyebabnya,walaupun pemeriksaan neuropatologi dan biokimiawi post mortem telah ditemukan lose selective neuron kolinergik yang strukturnya dan bentuk fungsinya juga terjadi perubahan.

  • Pada makroskopik : penurunan volume gyrus pada lobus frontalis dan temporal.
  • Pada mikroskopik : plak senilis dan serabut neurofibrilaris

Kerusakan dari neuron menyebabkan penurunan jumlah neurotransmiter. Hal ini sangat mempengaruhi aktifitasfisiologisotak.Tiga  neurotransmiter yang biasanya terganggu pada Alzheimer adalah asetilkolin, serotorin dan norepinefrin. Pada penyakit ini diperkirakan adanya interaksi antara genetic dan lingkungan yang merupakan factor pencetus.

Selain itu dapat berupa trauma kepala dan rendahnya tingkat pendidikan.Penyakit Alzheimer dibagi atas 3 stadium berdasarkan beratnya deteorisasiintelektual :

Stadium I (amnesia)

  • Berlangsung 2-4 tahun
  • Amnesia menonjol
  • Gangguan : –  Diskalkulis
  • Memori jangka penuh
  • Perubahan emosi ringan
  • Memori jangka panjang baik
  • Keluarga biasanya tidak terganggu

Stadium II (Bingung)

  • Berlangsung 2 – 10 tahun
  • Kemunduran aspek fungsi luhur (apraksia, afasia, agnosia, disorientasi)
  • Episode psikotik
  • Agresif
  • Salah mengenali keluarga

Stadium III (Akhir)

  • Setelah 6 – 12 tahun
  • Memori dan intelektual lebih terganggu
  • Akinetik
  • Membisu
  • Inmontinensia urin dan alvi
  • Gangguan berjalan

Pedoman diagnostik menurut WHO (ICD-X)

  • Lupa kejadian yang baru saja dialami,
  • Kesulitan dalam melakukan pekerjaan sehari-hari,
  • Kesulitan dalam berbahasa,
  • Diserorientasi waktu dan tempat,
  • Tidak mampu membuat pertimbangan dan keputusan yang tepat,
  • Kesulitan berpikir abstrak,
  • Salah menaruh barang,
  • Perubahan suasana hati,
  • Perubahan perilaku / kepribadian,
  • Kehilangan inisiatif.

Sampai saat ini belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Pengobatan / pencegahan hanya dalam bentuk paliatif yaitu : nutrisi tepat, latihan,  pengawasan aktifitas, selain itu bisa diberikan obat Memantine (N-metil) 25 mg/hr, propanolol (InderalR), Holoperidol dan penghambatan dopamin potensi tinggi untuk kendali gangguan eprilaku akut. Selain itu bisa diberikan “Tracine Hydrocloride” (Inhibitor asetilkolinesterose kerja sentral) untuk gangguan kognitif dan fungsionalnya.

Pencegahan antara lain bagaimana cara kita lebih awal untuk mendeteksi AD (Alzheimer Disease) serta memperkirakan siapa yang mempunyai faktor resiko terkena penyakit ini sehingga dapat dicegah lebih awal. Pencegahan dapat juga berupa perubahan dari gaya hidup (diet, kegiatan olahraga, aktivitas mental)

Tujuan penanganan Alzheimer :

  • Mempertahankan kualitas hidup yang normal
  • Memperlambat perburukan
  • Membantu keluarga yang merawat dengan memberi informasi yang tepat
  • Menghadapi kenyataan penyakit secara realita

B. Demensia Vaskuler

Penyakit ini disebabkan adanya defisit kognitif yang sama dengan Alzheimer  tetapi  terdapat gejala-gejala / tanda-tanda neurologis fokal seperti :

  • Peningkatan reflek tendon dalam,
  • Respontar eksensor,
  • Palsi pseudobulbar,
  • Kelainan gaya berjalan,
  • Kelemahan anggota gerak.

Demensia vaskuler merupakan demensia kedua yang paling sering pada lansia, sehingga perlu dibedakan dengan demensi Alzheimer.Pencegahan pada demensia ini dapat dilakukan dengan menurunkan faktor resiko misalnya ; hipertensi, DM, merokok, aritmia. Demensia dapat ditegakkan juga dengan MRI dan aliran darah sentral.

  • Pedoman diagnostik penyakit demensia vaskuler :
  • Terdapat gejala demensia
  • Hendaya fungsi kognitif biasanya tidak merata
  • Onset mendadak dengan adanya gejala neurologis fokal

C. Demensia Pick

Penyakit Pick disebabkan penurunan fungsi mental dan perilaku yang terjadi secara progresif dan lambat. Kelainan terdapat pada kortikal fokal pada lobus frontalis. Penyakit ini juga sulit dibedakan dengan Alzheimer hanya bisa dengan otopsi, dimana otak menunjukkan inklusi intraneunoral yang disebut “badan Pick” yang dibedakan dari serabut neurofibrilaris pada Alzheimer.

Pedoman diagnostik penyakit demensia penyakit Pick

  • Adanya gejala demensia yang progresif.
  • Gambaran neuropatologis berupa atrofi selektif dari lobus frontalis yang menonjol disertai euforia, emosi tumpul, dan perilaku sosial yang kasar, disinhibisi, apatis, gelisah.
  • Manifestasi gangguan perilaku pada umumnya mendahului gangguan daya ingat.

D. Demensia Penyakit Creutzfeldt – Jacob

Penyakit ini disebabkan oleh degeneratif difus yang mengenai sistim piramidalis dan ekstrapiramidal. Pada penyakit ini tidak berhubungan dengan proses ketuaan. Gejala terminal adalah :

  • Demensia parah.
  • Hipertonisitas menyeluruh.
  • Gangguan bicara yang berat.

Penyakit ini dsiebabkan oleh virus infeksius yang tumbuh lambat. (misal transplantasi kornea). Trias yang sangat mengarah pada diagnosis penyakit ini :

  • Demensia yang progresif merusak.
  • Penyakit piramidal dan ekstrapiramidal dengan mioklonus.
  • Elektroensephalogram yang khas.

E. Demensia karena Penyakit Huntington

Demensia ini disebabkan penyakit herediter yang disertai dengan degenoivasi progresif pada ganglia basalis dan kortex serebral. Transmisi terdapat pada gen autosomal dominan fragmen G8 dari kromosom 4. Onset terjadi pada usia 35 – 50 tahun.

Gejalanya :

  • Demensia progresif.
  • Hipertonisitas mascular.
  • Gerakan koreiform yang aneh.

F.  Demensia karena Hidrosefalus Tekanan Normal

Pada demensia tipe ini terdapat pembesaran vertrikel dengan meningkatnya cairan serebrospinalis, hal ini menyebabkan adanya :

  • Gangguan gaya jalan (tidak stabil, menyeret).
  • Inkontinensia urin.
  • Demensia.

G. Demensia karena Penyakit Parkinson

Demensia ini disebabkan adanya penyakit parkinson yang menyertai dengan gejala :

  • Disfungsi motorik.
  • Gangguan kognitif / demensia bagian dari gangguan.
  • Lobus frontalis dan defisit daya ingat.
  • Depresi.

Terapi :

  • Neurotransmiter dopaminergik (L-Dopa).
  • Amantadine (symnetral R).
  • Bromocriptine (Parlodel R).

Demensia berhubungan dengan beberapa jenis penyakit.

a. Penyakit yang berhubungan dengan Sindrom Medik: Hal ini meliputi hipotiroidisme, penyakit Cushing, defisiensi nutrisi, kompleks demensia AIDS, dan sebagainya.

b. Penyakit yang berhubungan dengan Sindrom Neurologi: Kelompok ini meliputi

korea Huntington, penyakit Schilder, dan proses demielinasi lainnya; penyakit Creutzfeldt-Jakob; tumor otak; trauma otak; infeksi otak dan meningeal; dan sejenisnya.

c. Penyakit dengan demensia sebagai satu-satunya tanda atau tanda yang mencolok:

Penyakit Alzheimer dan penyakit Pick adalah termasuk dalam kategori ini.

Menu untuk manula dalam sehari

Sumber:http://www.scribd.com/doc/36619385/GIZI-LANJUT-USIA1

WAKTU MENU PORSI
Pagi ñ  Roti-telur-susu ñ  1 tangkep 1 gelas
ñ  Selingan ñ  Papais ñ  2 bungkus
ñ  Siang ñ  Nasi ñ  1 piring
ñ ñ  Semur 1 potong
ñ ñ  Pepes tahu ñ  1 bungkus
ñ ñ  Sayur bayam ñ  1 mangkok
ñ ñ  Pisang ñ  1 buah
ñ  Selingan ñ  Kolak pisang ñ  1 mangkok
ñ  Malam ñ  Mie baso ñ  1 mangkok
ñ ñ  Pepaya ñ  1        buah

 

 

Menu Olahan Yang Mengandung Bahan Kaya Viutamin D Yang Cocok Untuk Dementia Pada Manula

I. Bahan dasar telur:

1.Martabak Telur

merupakan makanan basah sederhana yang dapat dikonsumsi sebagai cemilan ataupun pelengkap menu masakan. Pembuatannya tidak terlalu sulit dan bahan – bahan yang digunakan untuk mengolah mudah didapat. Hanya saja, butuh kesabaran dan kehati-hatian dalam mengolahnya, terutama dalam hal menggoreng martabak supaya tidak gosong,

Dalam pengolahan ini, adonan masakan ibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Adonan Kulit      –> biasa disebut dengan kulit Lunpia, kalau teman-teman mesara repot membuat sendiri, beli aja di toko2 makanan atau di pasar, sudah banyak yang menjualnya jadi kita tinggal pakai.
  2. Adonan Isi           –> berisi capuran sayur (onclang, telur, sedikit daging, dll sesuai selera)
  3. Adonan Perekat –> sebagai lem pada kulit martabak yang membungkus isi martaba.

Porsi Sajian : 20 buah martabak kotak.

**  Bahan:

–        5 buah telur

–        ¼ kg minyak goreng

–        ¼ kg tepung terigu

–        Seledri, dicincang

–        Daun Bawang ( Onclang ), dicincang

–        150 gr wortel, potong sesuai selera, rebus hingga matang

–        2 siung bawang putih, diiris lembut

–        ¼ sdt merica bubuk

–        ¾ sdm garam

–        ½ sdt kecap

–        ½ sdm gula putih

–        Jika ingin memakai Penyedap Rasa (disarankan: Masako rasa Sapi) cukup ½ -nya saja

**  Cara Pengolahan :

Adonan Kulit :

–          Masukkan semua tepung terigu ke dalam baskom

–          Masukkan 3 buah telur

–          Aduk adonan hingga bercampur

–          Tuangkan air ke dalam baskom hingga adonan mendekati encer

–          Aduk rata

–          Tambahkan ¼ sdm garam

–          Aduk rata

–          Panasi ½ sdm minyak goreng ke dalam wajan teflon

–          Masukkan ¾ sendok sayur adonan terigu ke dalam wajan, langsung ratakan ke seluruh permukaan wajan

–          Biarkan hingga permukaan kulit terlihat kuning tulang, tanpa dibalik

–          Anggkat kulit, tanpa dibalik ke dalam nampan

–          Olesi kembali wajan teflon dengan ½ sdm minyak goreng untuk setiap pembuatan kulit

Adonan Isi :

–          Kocok 3 buah telur ke dalam mangkok

–          Masukkan ½ sdt garam ke dalam kocokan telur

–          Aduk hingga rata

–          Panasi 5 sdm minyak goreng ke dalam wajan

–          Masukkan kocokan telur ke dalam wajan

–          Goreng telur secara orak – arik hingga menjadi serpihan kecil

–          Angkat dan sisihkan

–          Panasi wajan kembali dengan 3 sdm minyak goreng

–          Tumis irisan bawang putih hingga harum

–          Masukkan wortel dan aduk rata

–          Masukkan daun seledri dan daun bawang, aduk rata

–          Masukkan garam, merica, kecap, gula putih, dan aduk rata

–          Masukkan telur, aduk rata kembali hingga bumbu meresap

–          Angkat dan sisihkan

Adonan Perekat :

–          Kocok 1 kuning telur

–          ATAU

–          Aduk 2 sdm tepung terigu dengan air, aduk rata hingga kental

–          Sisihkan

**   Proses Peracikan :

–          Ambil 1 kulit, kemudian beri adonan isi di atasnya secukupnya

–          Lipat kulit di sisi kanan, kiri, atas, bawah dengan menggunakan adonan perekat

–          Lipat semua kulit, sesuaikan dengan banyaknya adonan isi

–          Panasi 200 gr minyak tanah di wajan

–          Masukkan martabak ke dalam wajan hingga warna kulitnya berubah

–          Anggkat dan tiriskan

2. Bolu Coklat

Siapkan bahan-bahan dasarnya:

1. Mentega 1/4 Kg
2. Gula Halus 3/8 Kg
3. Telur 12 butir
4. Vanili 2 Bungkus kecil
5. Ovalet 1/2 Sendok Makan
6. Terigu 3 1/2 ons
7. Coklat Bubuk 1/2 Kardus
8. Susu Bubuk Putih 5 Sendok Makan

Alat yang digunakan:

1. Baskom untuk tempat adonan
2. Mixer untuk mixing
3. Oven untuk memanggang
4. Loyang (big size)

Cara Membuat

1. Pisahkan isi telur (kuning dan putih) di tempat berbeda, putih telur di tempat tertentu
sedangkan kuning telurnya bisa tetap berada di dalam cangkang.

2. Masukkan mentega, gulahalus, vanili dan ovalet ke dalam baskom lalu mulai di-mix pake
mixer selama kurang lebih 10 menit.

3. Setelah itu campur adonan dengan kuning telur yangdimasukkan satu persatu ke dalambaskom (adonan harus di-mix terus menerus selama kuning telur dimasukkan, tujuannyabiar rata) selama kurang lebih 10 menit.

4. Setelah itu masukkan terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan, aduk sampai rata

5. Setelah itu masukkan susu bubuk sedikit demi sedikit ke dalam adonan, aduk sampai rata

6. Setelah itu masukkan coklat bubuk sedikit demi sedikit ke dalam adonan, aduk sampai rata (untuk langkah 5-6-7 waktu yang dibutuhkan kira-kira 15 menit)

7. Mix putih telur yang sudah dipisahkan selama 5 menit di tempat terpisah.

8. Masukkan putih telur yang sudah dimix ke dalam baskom yang berisi adonan, lalu mixselama 10menitataugunakaninstingandasebagai pembuat kue apakah adonan sudahsiap atau belum

9.Masukkanadonan kue yang sudah siap ke dalam loyang, lalu panggang didalam oven selama +-40 menit suhunya 25 derajat celcius atau gunakan instin ganda   sebagai   pembuat kue apakah kue bolu sudah masak atau belum .

10. Pegan loyangnya hati-hati (soalnya panas), terus letakkan di tempat yangsudahdisediakan.

3.Dadar tahu

Untuk 4 porsi

Bahan:

  • 4 butir telur
  • 1 potong tahu putih potong dadu
  • Garam dan merica secukupnya
  • Minyak dan mentega secukupnya

Bahan Sambal Kecap:

  • 4 sdm Kecap manis
  • 2 buah cabai rawit iris
  • 1 siung bawang merah iris tipis
  • 1 buah tomat kecil potong dadu

Cara Membuat:

  1. Goreng tahu hingga setengah matang. Angkat dan tiriskan.
  2. Kocok telur dan tambahkan merica dan garam. Aduk rata.
  3. Masukkan tahu ke dalam adonan telur.
  4. Panaskan sedikit mentega. Tuangkan adonan tahu telur, dadar / goreng hingga matang.
  5. Lakukan sampai adonan tahu telur habis.
  6. Sajikan dengan sambal kecap

4. Royco stik

Cara membuat Royco Stik
Bahan:
– Royco kaldu sapi atau ayam 1 Bungkus
– Tepung Terigu   400 Gr
– Kuning Telur    1 Butir
– Blue Band Margarine  300 Gr
Cara Membuat :
– Semua bahan diaduk dengan sendok kayu sampai tercampur rata.
– Bentuk bulat panjang seperti rokok, panjangnya 4 cm.
– Bagian atas diolesi kuning telur lalu baker sampai kuning.

5. Udang goreng salad telur

Resep Masakan Udang Goreng Salad Telur Bahan: 8 ekor udang Windu yang besar, kupas, sisakan ekornya 1 sdm air jeruk nipis 50 g tepung terigu 1/2 sdt merica bubuk 1 sdt garam 1 putih telur ayam, kocok hingga berbuih 100 g tepung panir kasar Minyak goreng Salad Telur, aduk rata: 1 butir telur ayam rebus, kupas, cincang halus 1 sdm batang seledri cincang 20 g wortel rebus, cincang 2 sdm mayones botolan/mayones Jepang 1 sdt air jeruk lemon 1/2 sdt mustard pasta 1/2 sdt merica bubuk 1/2 sdt garam Cara membuat: Perciki udang dengan air jeruk nipis, remas-remas dan bilas di bawah air mengalir…

6. OMELET MAKRONI

 

Bahan Omelet Makaroni:
100 g long makaroni
1 sdm mentega
30 g bawang Bombay, iris kasar
30 g paprika hijau, potong kecil
75 g kuntum brokoli, potong kecil, blansir

Kocok jadi satu:
3 butir telur ayam
100 ml susu segar
2 sdm keju cheddar parut
½ sdt merica bubuk
½ sdt organo kering
½ sdt basil kering
1 sdt garam

Cara membuat Omelet Makaroni:

  • Potong-potong makaroni dan rebus dalam air secukupnya hingga lunak. Tiriskan.
  • Dalam wajan bertangkai besi, lelehkan mentega, yumis bawang bombay hingga layu.
  • Masukkan paprika, brokoli dan makaroni, aduk rata.
  • Tuangi telur kocok.masak hingga kelilingnya mengering. Angkat.
  • Panggang omelet berikut wajannya dalam oven panas selama 15 menit.
  • Angkat, sajikan panas.

Untuk 4 orang

 

 II. Bahan dasar iksan salmon

1. Ikan salmon

Resep Bahan Solomos Skaras (Ikan Salmon Bakar) :

  • 500 gram ikan salmon
  • garam secukupnya
  • lada halus secukupnya
  • 1 buah lemon, peras airnya
  • 1 sendok teh dill iris
  • 2 sendok makan minyak zaitun

Cara Membuat Solomos Skaras (Ikan Salmon Bakar) :

  1. Cuci bersih ikan salmon. Lumuri dengan garam, lada, dan separuh bagian air jeruk lemon, diamkan 15 menit.
  2. Panggang ikan di dalam oven atau di atas arang hingga kecokelatan. Tabur dengan irisan dill.
  3. Hidangkan dengan minyak zaitun yang dicampur dengan perasan lemon.

Untuk 4 porsi

2. Nasi goreng salmon

Nasi Goreng Salmon, bergizi tinggi dan rasanya juga enak lohhh…coba dulu resep nasi goreng salmon ini.

Bahan:
Nasi putih 1 piring.
Ikan salmon 100 gram ambil dagingya saja potong kotak kecil
jagung,wortel bekuan 50 gram, direbus, sishkan
daun bawang 1 btg iris kecil
seledri 1 batang iris tipis
Telur 1 bh kocok
garam, merica
kecap ikan 2 sdm

Cara memasak:
Panaskan wajan beri minyak sayur 2 sdm masukan irisan daun bawang dan seledri, aduk tambahkan telur kocok, masak sampai telur matang.
Tambahkan nasi, jagung dan wortel, serta ikan salmon, aduk rata, beri garam,merica, dan kecapikan. Aduk rata dan siap dihidangkan dengan taburan daun bawang.

3. Salad ubi salmon

Resep Masakan Salad Ubi Salmon Bahan: 300 g ubi jalar Jepang atau ubi jalar kuning 150 g daging ikan salmon, kukus, suwir kasar Saus, Aduk rata: 50 g tofu, haluskan 100 ml mayones 1 sdt mustard Dijon 1 sdm air jeruk lemon 1/2 sdt merica bubuk 1/2 sdt garam Taburan: 1 sdt daun peterseli cincang Cara membuat: Kukus ubi jalar hingga matang. Angkat, dinginkan, potong-potong kecil. Campur ubi dan ikan salmon. Tuangi Sausnya, aduk rata. Taburi daun peterseli. Sajikan segera Incoming search terms:ANEKA MAKANAN DARI UBI JALAR, masakan dari UBI, masakan eropa salad, resep salad…

4. Steak Salmon

Bahan:

  1. 3 potong ikan salmon
  2. 1 sendok teh garam
  3. 2 sendok makan air jeruk nipis
  4. ½ sendok teh lada bubuk
  5. 3 sendok makan mentega

Saus:

  1. 3 siung bawang putih, haluskan
  2. 5 sendok makan salad oil
  3. 75 gram keju parut
  4. 3 sendok makan air jeruk lemon
  5. 2 sendok teh garam
  6. Daun basil secukupnya

Pelengkap:

  1. 3 buah wortel, potong-potong
  2. 150 gram buncis, potong-potong
  3. 1 buah bawang Bombay, potong-potong

Cara Membuat Resep Masakan Steak Salmon:

  1. Ikan salmon beri garam, air jeruk nipis, lada dan mentega. Aduk rata. Diamkan 30 menit
  2. Panaskan mentega dalam wajan anti lengket. Masak ikan salmon hingga matang
  3. HIdangkan ikan salmon dengan siraman saus dan pelengkap
  4. Saus: Campur semua bahan saus. Blender sebentar, sampai tercampur rata.

Untuk 3 porsi

5. Pizza salmon

Bahan:
• Dua 12-inci yang dibeli di toko pizza sebagian kerak dipanggang Dua 12-inci di toko Yang dibeli pizza dipanggang sebagian Kerak
• Ekstra-perawan minyak zaitun Ekstra-perawan minyak Zaitun
• Pepper Lada
• 8 ons keju krim, pada suhu kamar 8 ons keju krim, PADA Suhu Kamar
• 1 / 2 cangkir bawang merah cincang halus 1 / 2 Cangkir Teh bawang merah Cincang halus
• caper ditiriskan 1 / 4 cangkir 1 / 4 Cangkir Teh dikeringkan loncat
• 2 sdm dill segar cincang 2 sdm dill Segar Cincang
• Jus 1 / 2 Jus lemon Dari 1 / 2 jeruk lemon
• 3 / 4 £ iris salmon asap 3 / 4 pound salmon asap diiris
Arah:

1. Panaskan oven sampai 450 °. Panaskan oven 450 ° Sampai. Gerimis kerak dengan minyak zaitun, bumbui dengan lada dan panggang selama 10 menit. Gerimis KerakDENGAN minyak Zaitun, bumbui lada DENGAN murah panggang selama 10 menit. Biarkan agak dingin.

2. Sementara itu, dalam sebuah mangkuk sedang,menggabungkan krim keju, bawang merah, 2 sdm caper, 1 sendok makan daun dill dan jus lemon. Sementara ITU, Dalam, Sebuah mangkuk sedang, menggabungkan krim keju, bawang merah, 2 sdm loncat, 1 sendok teh daun dill makan jus lemon murah.

3. Oleskan campuran krim keju di kerak. Oleskan krim keju Campuran di Kerak. Atas dengan salmon asap, sisa 2 sendok makan caper dan 1 sendok makan dill. Atas DENGAN salmon asap, SISA 2 sendok teh loncat makan murah makan 1 sendok teh dill. Potong-potong. Potong-potong

6. Resep Sup Ikan Asam Pedas

BAHAN :

  • 500 gr fillet ikan ( salmon/ kakap/ tengiri )
  • 2 siung bawang putih dirajang
  • 2 batang daun bawang dipotong-potong
  • 1 ruas jari kunyit, diiris tipis-tipis
  • 1 ruas jahe dimemarkan
  • 1 batang serai dimemarkan
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 2 buah tomat sedang dipotong-potong
  • 1 buah jeruk nipis
  • ¼ sdt merica
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 10 buah cabe rawit (sesuai selera)
  • Daun kemangi
  • 1 ½ ltr air

Cara Membuat:

  1. Potong-potong fillet ikan lalu lumuri dengan air jeruk nipis dan sedikit garam, lalu sisihkan.
  2. Didihkan air, masukkan irisan bawang putih, jahe, serai, daun jeruk dan kunyit.
  3. Masukkan potongan ikan, lalu tambahkan garam, merica, gula pasir dan tomat.
  4. Masak hingga mendidih dan ikan mulai matang.
  5. Masukkan potongan daun bawang, cabe rawit dan daun kemangi.
  6. Tambahkan garam dan gula secukupnya.
  7. Masukkan air jeruk, lalu didihkan lagi hingga semua bahan matang.

Angkat lalu siap dihidangkan.

 

 DAFTAR PUSTAKA

 

http://id.shvoong.com/lifestyle/food-and-drink/2024193-vitamin-pengaruhi-resiko-dementia-pada/#ixzz1NnoifUdJ.diakses pada 6 juni 2011

http://id.news.yahoo.com/antr/20100713/tls-vitamin-d-pengaruhi-resiko-dementia-e850fa7.html.diakses pada 6 juni 2011

http://majalahkesehatan.com/vitamin-d-dan-kesehatan-tulang/.diakses pada 6 juni 2011

 

http://makansehat.wordpress.com/2008/09/07/tabel-vitamin-dan-mineral-keuntungannya-sumbernya-dan-ya.diaksespada7juni2011

 

http://medicastore.com/.diakses pada 6 juni 2011

 

http://www.smallcrab.com/lanjut-usia/649-demensia-pada-lansia.diakses pada 6 juni 2011

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: