KLASIFIKASI VIRUS

Menurut sistem yang diperkenalkan oleh A. Loff dan kawan-kawan dalam tahun 1962, virus dikelompokkan menurut sifat virionnya yaitu semacam asam nukleat, bentuk susunan kapsid, ada tidaknya selubung dan ukuran kapsid. Pembagian lebih lanjut didasarkan atas sifat-sifat lain virion itu, seperti sejumlah untaian asam nukleat (satu atau dua, sifat pertumbuhan virus, seperti kedudukan tempat sintesis virus di dalam sel dan hubungan timbal balik antara inang dan virus, seperti digambarkan oleh kisaran inang. Sistem ini dimaksudkan untuk menggambarkan klasifikasi alami atau filogenik, berarti sistem ini bukannya mencoba menggambarkan hubungan evolusioner antara virus-virus. Hubungan yang sama sekali tidak jelas melainkan sistem ini menggolongkan virus berdasarkan susunan biasa sifat-sifat kimiawi dan strukturnya yang merupakan sifat tetap yang dapat ditentukan dengan cermat. ( Budiyanto, 2010 )

Pada awalnya kriteria menentukan apakah suatu jasad termasuk virus atau bukan hanya didasarkan pada kemampuannya melewati saringan kuman. Dengan lebih diketahuinya penyakit yang ditimbulkan, cara penularan dan ekologinya, maka penggolongan virus lebih dikembangkan. Tahun 1966 dibentuk KOMITE INTERNASIONAL UNTUK PENAMAAN DAN PENGGOLONGAN VIRUS. Pada saat ini penggolongan virus meliputi pembagian atas famili, subfamili, genus dan spesies. ( Waluyo, 2005 )

Nama famili virus ditandai dengan akhiran viridae. Anggota famili mempunyai sifat umum sama dan tidak banyak berubah. Anggota famili mempunyai sifat umum sama dan tidak banyak berubah. Anggota famili tertentu mempunyai morfologi virion, struktur dan replikasi genom khas. Hal ini menunjukkan kemungkinan filogenitas yang sama. Nama subfamili diberi akhiran virinae. Nama akhiran genus diberi akhiran virus. Pengelompokan virus atas spesies merupakan hal yang masih diperdebatkan. Ada yang berpendapat bahwa spesies merupakan kumpulan galur dengan sifat tertentu yang berbeda dari kumpulan galur lain. Sifat yang dipakai sebagai kriteria penentuan spesies dapat berupa sifat fisikokimia, sifat serologik atau sifat biologik lain.

Penamaan virus tidak mengikuti penamaan bakteri Linnaeus. Lwoff, Horne dan Tounier merupakan ahli yang berjasa dalam pengembangan taksonomi virus. Mereka mengajukan beberapa kriteria tersebut adalah sebagai berikut :

  • Jenis asam nukleat, ARN atau ADN, berantai ganda atau tunggal
  • Ukuran dan morfologi termasuk type simetri kapsid
  • Adanya enzim spesifik, terutama polimerase ARN dan ADN yang penting bagi replikasi genom
  • Kepekaan terhadap zat kimia dan keadaan fisik
  • Cara penyebaran alamiah
  • Gejala – gejala yang timbul
  • Ada tidaknya selubung
  • Banyaknya kapsomer untuk virus ikosohedral atau diameter nukleokapsid untuk virus helikoidal.

( Waluyo, 2005 )

Sistem untuk klaifikasi virus dapat dilihat dari tabel di bawah ini :

 

(Sumber : Budiyanto, 2010)

Saat ini telah lebih dari 61 famili virus teridentifikasi. Dua puluh satu diantaranya mempunyai anggota – anggota yang mampu menyerang manusia dan binatang. Untuk memudahkan penggolongan maka dibagilah golongan tersebut menjadi virus bergenom ARN dan virus bergenom ADN. ( Waluyo, 2005 )

Selain itu masih terdapat sekelompok virus yang belum dapat diklasifikasikan dan sering disebut sebagai unclassified virus. Dikelompokkan sebagai unclassified virus karena banyak sifat biologiknya belum diketahui dan sifat – sifat yang telah diidentifikasi belum memungkinkan virus tersbut dimasukkan ke dalam golongan yang sudah ada. ( Waluyo, 2005 )

Secara garis besar penggolongan virus dibagi menjai 2 kelompok, yakni :

a.    Kelompok Virus ADN

Parvoviridae

Papovaviridae

Adenoviridae

Herpesviridae

Poxviridae

Hepadnaviridae

 

 

 

 

b.   Kelompok virus ARN

Picornaviridae

Flaviviridae

Togaviridae

Bunyaviridae

Arenaviridae

Coronaviridae

Retroviridae

Orthomyxontidae

Paramyxoviridae

Rhabdoviridae

Reoviridae

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: