MENU BUNGA ROSELLA MENCEGAH STROKE

MENU BUNGA ROSELLA

MENCEGAH STROKE

 

 

Moch. Agus Krisno B, Tegar Istrada

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

Jl. Tlogomas 246 Malang Telp 464318

 

Abstract

 

Stroke is a neurological dysfunction that occurs suddenly due to the blood supply to a part of the brain to the blood to the brain is disrupted, lack of blood flow and oxygen led to a series of biochemical reactions, which can damage or kill nerve cells in the brain causing klumpuhan limbs, speech impairment, impairment of consciousness. (infostroke).

Rosella or hemp, which is widely known by the public for this is the tree that fiber can be used as a jute sack. However, several years fiber bags made of roselle has been supplanted by a bag made of plastic material. Not many people know that the tree Rosella was not only the fiber that can be taken, but from the root, stem, fiber, leaves, petals, and seeds can all be useful..

It is said Rosella florida cranberry origins are from West Africa, but now in many tropical countries has been much interest Rosella membudidayakan.Kelopak also have vitamin C content is very high. So as to increase body resistance against various diseases.

Processed menu is varied and Rosella Flower diverse as tea, syrup, jam, sweets and processed materials rosella flowers can be made processed foods such as jelly rosella food, beverages such as juice and fruittea rosella rosella, Coconut ice Rosella, Rosella Ice Cream.

 

Keyword: Stroke, brain, Oxygen, Biochemical, Fibers, beverages

 

Abstrak

            Stroke adalah gangguan fungsi saraf yang terjadi mendadak akibat pasokan darah ke suatu bagian otak sehingga darah ke otak terganggu,kurangnya aliran darah dan oksigen menyebabkan serangkaian reaksi biokimia,yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel saraf di otak sehingga menyebabkan klumpuhan anggota gerak,gangguan bicara,penurunan kesadaran.(infostroke).

Rosella atau rami, yang banyak dikenal oleh masyarakat selama ini adalah pohon yang seratnya dapat digunakan sebagai bahan karung goni.Namun beberapa tahun ini karung yang terbuat dari serat rosella telah tergusur oleh adanya karung yang terbuat dari bahan plastik.Memang tidak banyak orang tahu bahwa pohon Rosella itu bukan saja seratnya yang bisa diambil,akan tetapi dari akar,batang,serat,daun,kelopak bunga,dan biji semua dapat bermanfaat.

Konon asal muasalnya Rosella florida cranberry adalah dari Africa Barat,namun kini diberbagai Negara tropis sudah banyak juga yang membudidayakan.Kelopak bunga Rosella punya kandungan vitamin C yang sangat tinggi.Sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Menu Olahan Bunga Rosella sangatlah variatif dan beraneka ragam seperti teh, sirup, selai, manisan serta bahan olahan bunga rosella dapat dibuat makanan olahan seperti jelly food rosella, minuman seperti jus rosella dan fruittea rosella. Es kelapa Rosella, Rosella Ice Cream

 

 

 

PENDAHULUAN

Stroke umumnya disebabkan oleh suatu hemmorrhage (kebocoran darah atau leaking blood) atau suatu gumpalan darah (thrombosis) dari pembuluh-pembuluh darah yang mensuplai darah ke otak. Gejala-gejala dan tanda-tanda (penemun-penemuan pada pemeriksaan fisik) pasien dievaluasi untuk menilai kersakan syaraf. Sebuah stroke dapat menyebabkan kelemahan, kesemutan/rasa geli, atau kelumpuhan dari tangan-tangan atau kaki-kaki dan kesulitan bicara dan penglihatan.

 Image

Stroke

Kelopak bunga Rosela dapat diambil sebagai bahan minuman segar berupa irup dan teh, selai dan minuman, terutama dari tanaman yang berkelopak bunga tebal, yaitu Rosela Merah. Kelopak bunga tersebut mengandung vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Asam amino yang diperlukan tubuh, 18 diantaranya terdapat dalam kelopak bunga Rosela, termasuk arginin dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Selain itu, Rosela juga mengandung protein dan kalsium. Di Malaysia, Roselle juga disebut Asam paya, Asam kumbang atau Asam susur, merupakan tumbuhan yang mempunyai keluarga yang sama dengan bunga raya/sepatu (Hibiscus rosasinensis).

Tumbuhan Roselle ada yang mengatakan berasal dari India tetapi ada juga pendapat yang mengatakan Roselle berasal dari Afrika Barat. Tumbuhan Roselle ini semula diperkenalkan di Malaysia sejak lebih dari tiga abat yang lampau. Di India Barat disebut dengan Jamaican Sorrel. Pohon Roselle tumbuh dari biji/benih dengan ketinggian yang bisa mencapai 3 – 5 meter serta mengeluarkan bunga hampir sepanjang tahun. Bunga Roselle berwarna cerah.

Sementara itu di Afrika, biji Roselle dimakan karena dipercaya mengandung minyak tertentu. Di Sudan, Roselle diproses menjadi minuman tradisional yang dinamakan Karkadeh dan merupakan minuman kebangsaan orang Sudan. Pohon Roselle adalah sejenis perdu yang mudah ditaman. Cara penanamannya dengan menggunakan biji yang kering kemudian disemai. Nama Lain: Hibiscus Sabdariffa L., H. Sabdariffa varaltissima, Rozelle, Red Sorrel, Sour-sour, Lemon bush, Florida cranberry, Oseille rouge (Perancis), Quimbombo Chino (Sepanyol), Karkadeh (Afrika Utara), Bisap (Senegal).

 Image

Hibiscus sabdariffa L.

Sumber : http://alipobi.blogspot.com/2011/05/pembibitan-dan-budidaya-tanaman-rosella.html

 

Tumbuhan herbal ini ternyata mampu berfungsi sebagai bahan antiseptik, penambah syahwat, agen astringen. Tanaman ini juga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional seperti batuk, lesu, demam, tekanan perasaan, gusi berdarah (skurvi) dan mencegah penyakit hati. Bunga Roselle banyak digunakan untuk pembuatan jus, saos, sirup dan juga sebagai bahan pewarna pada makanan. Ekstrak dari pada kuncup bunganya ternyata mampu berfungsi sebagai antispasmodik (penahan kekejangan), antihelmintik (anti cacing) dan antibakteria. Selain itu rosella ternyata mampu menurunkan kadar penyerapan alkohol. Daun tumbuhan herbal ini juga bisa digunakan untuk merawat luka, penyakit kulit dan gigitan serangga. Bahan penting yang terkandung dalam kelopak bunga Roselle : Gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai efek diuretic dan choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, meningkatkan kinerja usus serta berfungsi sebagai tonik (obat kuat)

Ekstrak daripada kuncup bunganya ternyata mampu berfungsi sebagai antispasmodik (penahan kekejangan), antihelmintik (anti cacing) dan antibakteria. Selain itu rosella ternyata mampu menurunkan kadar penyerapan alkohol. Daun tumbuhan herba ini juga bisa digunakan untuk merawat luka, penyakit kulit dan gigitan serangga. Di India, biji Roselle digunakan untuk mengobati penyakit kulit, kekurangan darah dan kelesuan. Bagian yang digunakan : Bunga, daun dan biji Bahan penting yang terkandung dalam kelompak bunga Roselle : Gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai efek diuretic dan choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, meningkatkan kinerja usus serta berfungsi sebagai tonik (obat kuat).

 Image

Kuncup bunga Rosella

Sumber: http://www.pinginpintar.com/khasiat-bunga-rosella/

 

Kandungan Kelopak segar Dalam 100 g : Air 9.2 g Protein 1.145 g Lemak 2.61 g Serat 12.0 g Abu 6.90 g Kalsium 1,263 mg Fosforus 273.2 mg Zat Besi 8.98 mg Karotena 0.029 mg Thiamine 0.117 mg Riboflavin 0.277 mg Niacin 3.765 mg Asid Askorbik 6.7 mg Dari penelitian terbukti bahwa kelopak bunga Roselle mempunyai efek anti-hipertensi, kram otot dan anti infeksi-bakteri. Dalam eksperimen ditemukan juga bahwa ekstrak kelopak bunga Roselle mengurangi efek alcohol pada tubuh kita, mencegah pembentukan batu ginjal, dan memperlambat pertumbuhan jamur/bakteri/parasit penyebab demam tinggi.

Kelopak bunga Roselle juga diketahui membantu melancarkan peredaran darah dengan mengurangi derajat kekentalan darah. Ini terjadi karena asam organic, poly-sakarida dan flavonoid yang terkandung dalam ekstrak kelopak bunga Roselle sebagai Farmakologi. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah kelopak bunga Roselle mengandung vitamin C dalam kadar tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia terhadap serangan penyakit.

Konon asal muasalnya Rosella florida cranberry adalah dari Africa Barat, namun kini diberbagai Negara tropis sudah banyak juga yang membudidayakan. Kelopak bunga Rosella punya kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam bunga Rosella lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.Sebagai contoh,setiap 100 gr bunga Rosella mengandung 244,4mg vitamin C,dengan berat yang sama,jeruk hanya mengandung 48 mg,belimbing hanya 25,8 mg sedangkan papaya mengandung 71 mg.Selain kandungan vitamin c yang sangat tinggi,Rosella juga kaya akan mineral seperti kalsium,phosphor,potassium dan zat besi yang sangat penting untuk tubuh.Selain vitamin C,Rosella juga mengandung vitamin B1,B2,niasin dan vitamin D.Tubuh manusia membutuhkan 22 asam amino.Dari 22 ini,18 nya terpenuhi dari bunga Rosella.Dua diantaranya(Arginie dan Lysine) bila bersinergi dengan Glutamid acid (salah satu jenis asam amino)akan merangsang otak untuk menggerakkan hormon tubuh manusia(yang membuat tubuh lebih gairah dan awet muda).

Kelopak bunga Roselle juga diketahui membantu melancarkan peredaran darah dengan mengurangi derajat kekentalan darah. Ini terjadi karena asam organic, poly-sakarida dan flavonoid yang terkandung dalam ekstrak kelopak bunga Roselle sebagai Farmakologi. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah kelopak bunga Roselle mengandung vitamin C dalam kadar tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia terhadap serangan penyakit.

HASIL LABORATORIUM KIMIA TEKNIK
Dalam 100 gr bunga Rosella mempunyai kandungan zat-zat kimia sebagai berikut:

  • Kalori 49 kal
  • H2O 84,5 %
  • Protein 1,9 gr
  • Fats 0,1 gr
  • Karbohidrat12,3 gr
  • Fiber 1,2 gr
  • Kalsium 0,0172 gr
  • Phospor 0,57 gr
  • Besi 0,029gr
  • B-karotene 3 gr
  • Asam askorbat 0,14 gr

Sedangkan untuk bunga kering terdiri dari 3 % campuran asam sitrat dan anthocyanins gossipeptin 9hydroxyflavone) dan 0,004,00,0005 %(Disadur dari James A.duke,1983,Hnbook of energy crops.Unpublished)

Dari hasil penelitian Extraksi kelopak bunga Rosella merah menggunakan air didapatkan : Nilai a + (warna merah) maximum16,17 didapatkan pada jumlah bahan 70 gram dengan pelarut 2 L dan lama ekstraksi 25 menit pada suhu 70 C
– Kade fe maximum yang didapatkan 30 ppm.

- Berdasarkan Menkes RI no.235/men.kes.par/VI/79 kadar tersebut masih memenuhi kandungan herba pada kelopak bunga Rosella dapat mengatasi berbagai macam penyakit termasuk stroke.

            Menu Olahan Bunga Rosella sangatlah variatif dan beraneka ragam teh, sirup, selai, manisan serta bahan olahan seperti :

Menu Olahan Bunga Rosella

1.Es Kelapa Rosella

 Image

Sumber : http://resepherbal.e-salim.com/2009/02/es-kelapa-sirup-rosella/

Bahan

1buah kelapa muda,1 kaleng nata de coco,50 gr rosella kering, ½ kg gula pasir
1000 ml air

Cara Membuat Sirup

Didihkan 1000 ml air, masukkan 50 gr Rosella kering,Matikan api dan tutup panci sampai +/- 30 menit,Setelah seluruh rosella tenggelam, angkat seluruh rosella tersebut sampai tersisa airnya saja dalam panci tersebut kemudian masak kembali air teh rosella bersama ½ kg gula pasir.

Penyajian

Masukkan 5 atau lebih nata de coco pada gelas saji, serut daging kelapa muda,Tuangkan dengan air kelapa dan sirup rosella, Siap dihidangkan dengan tambahan es batu.

2. Rosella Fruittea

 Image

 

Sumber : http://www.resepmasakanmu.com/resep-minuman-rosella-fruit-tea.htm

Bahan:

20 kuntum bunga rosella, seduh.200 gram strawberry segar, 2 buah jeruk lemon, 1250 cc air, 1 kaleng lengkeng, tiriskan,250 cc sirup,Es batu secukupnya

Cara Membuat Resep Minuman Rosella Fruit Tea:

Masak air hingga mendidih, masukkan bunga rosella, rebus hingga berwarna merah. angkat, saring, Belah strawberry menjadi 4 bagian, sisihkan. Belah jeruk lemon 2 bagian, iris tipis melintang.Masukkan bunga rosella ke gelas. Tuang sirup, gula batu, aduk rata, Beri strawberry, jeruk lemon, lengkeng. Aduk-aduk, Hidangkan dengan es batu.

3.Agar-agar Rosella

 Image

Sumber : http://www.resepmasakanmu.com/resep-minuman-rosella.htm

Bahan:

20 kuntum bunga rosella, 1 sachet agar-agar putih, 3  gelas belimbing air, Gula secukupnya

Cara Membuat Resep Agar-agar Rosella

Masak air hingga mendidih, masukkan bunga rosella, rebus hingga berwarna merah. angkat, saring, Masukkan agar-agar sachet putih kedalam air saringan bunga rosella dan didihkan lagi, Masukkan gula secukupnya sesuai selera, aduk hingga merata, Matikan api dan dinginkan selama 15 menit, Tuang agar-agar rosella ke dalam cetakan agar-agar sesuai selera, dinginkan atau taruh di lemari es,  Agar-agar siap dihidangkan.

4.      Jus Rosella

 Image

Sumber : http://www.asihmtq.blogspot.com/2007/12/bunga-rosella.html

BAHAN : 1 sdm bunga rosella kering, 1 sdm gula buah, Es serut secukupnya, Air panas secukupnya, 1 buah strawberry untuk hiasan

CARA MEMBUAT : Rendam bunga rosella kering dalam air panas, selama +/- 10 menit, lalu saring dan dinginkan, Siapkan blender, masukkan es serut, 150 ml air bunga rosella dan gula buah, lalu blender hingga tercampur rata dan lembut. Siapkan gelas saji, tuangkan jus ke dalamnya. Sajikan dalam kondisi dingin dan beri hiasan buah strawberry, Untuk 1 porsi

 

5.      Rosella Ice Cream

 Image

Sumber : http://www.asihmtq.blogspot.com/2007/12/bunga-rosella.html

 

Bahan : 500 ml santan dari 1 butir kelapa, 100 gram gula pasir, 150 gram ROSELLA segar, blender,50 gram tepung sagu, 1/4 sdt garam, 1 lembar daun pandan, sobek-sobek, Cetakan es loli atau cup-cup kecil

Cara Membuat :  Campur santan dengan gula pasir, ROSELLA, tepung sagu, dan garam, aduk rata. Tambahkan daun pandan, setelah mendidih, angkat, dinginkan, Tuangkan kedalam cetakan es loli atau dalam cup kecil dan simpan dalam freezer sedikitnya 3 jam hingga beku., Sajikan setelah beku dan mengeras, Untuk: 6 buah.

Pengobatan Dalam Perspektif Agama

Pengobatan adalah suatu kebudayaan untuk menyelamatkan diri dari dari penyakit yang mengganggu hidup. Kebudayaan tidak saja dipengaruhi oleh lingkungan, tetapi juga oleh kepercayaan dan keyakinan, karena manusia telah merasa di alam ini ada sesuatu yang lebih kuat dari dia, baik yang dapat dirasakan oleh pancaindera maupaun yang tidak dapat dirasakan dan bersifat ghaib. Pengobatan ini pun tidak lepas dari pengaruh kepercayaan atau agama yang di anut manusia.

ayat Al-Qur’an yang mengisyaratkan tentang pengobatan karena Al-Qur’an itu sendiri diturunkan sebagai penawar dan rahmat bagi orang-orang mukmin. “Dan kami menurunkan Al-Qur’an sebagai penawar dan rahmat bagi orang-orang yang mukmin”.(QS Al-Isra’: 82). Menurut para ahli tafsir bahwa nama lain dari Al-Qur’an yaitu “Asysyifa” yang artinya secara terminologi adalah obat penyembuh. “Hai manusia, telah datang kepadamu kitab yang berisi pelajaran dari Tuhan mu dan sebagai obat penyembuh jiwa, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman”.(QS Yunus:57)

Disamping Al-Qur’an mengisyaratkan tentang pengobatan juga menceritakan tentang keindahan alam semesta yang dapat kita jadikan sumber dari pembuat obat-obatan. “Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan tanaman-tanaman untukmu, seperti zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah)bagi orang-orang yang berfikir.(QS An-Nahl:11). “Kemudian makanlah dari segala(macam)buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhan-muyang telah (dimudahkan bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berfikir”.(QS An-Nahl:69).

Fenomena Stroke

Stroke yang biasa dikenal sebagai penyakit orangtua kini sudah menjadi penyakit anak muda. Riset menunjukkan bahwa penyakit stroke kini lebih didominasi oleh kaum muda daripada kaum tua. Kabar baik bagi orangtua, tapi tidak bagi yang masih ingin punya umur panjanObesitas dan hipertensi  adalah dua penyebab yang paling disalahkan. Jika dahulu stroke banyak diderita orangtua, kini orang muda yang berisiko paling tinggi menderita penyakit yang menyebabkan pendarahan di otak dan kelumpuhan organ ini

            Bunga rosella dapat digunakan sebagai bahan pembuatan teh, sirup, selai, manisan dan banyak sekali produk olahan bunga rosella..Seperti Menu Es kelapa Rosella, Rosella Fruittea, Agar-agar Rosella, Jus Rosella, Rosella Ice Cream

 

Kesimpulan

  1. Stroke merupakan gangguan fungsi saraf yang terjadi mendadak akibat pasokan darah ke suatu bagian otak sehingga darah ke otak terganggu,kurangnya aliran darah dan oksigen.
    1. Bunga Rosella mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi.Sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit.
    2. Ekstrak daripada kuncup bunganya ternyata mampu berfungsi sebagai antispasmodik (penahan kekejangan), antihelmintik (anti cacing) dan antibakteria
    3. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam bunga Rosella lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.Sebagai contoh,setiap 100 gr bunga Rosella mengandung 244,4mg vitamin C,dengan berat yang sama,jeruk hanya mengandung 48 mg,belimbing hanya 25,8 mg sedangkan papaya mengandung 71 mg.Selain kandungan vitamin c yang sangat tinggi
    4. Berdasarkan Menkes RI no.235/men.kes.par/VI/79 kadar tersebut masih memenuhi kandungan herba pada kelopak bunga Rosella dapat mengatasi berbagai macam penyakit termasuk stroke.
    5. Bunga rosella dapat digunakan sebagai bahan pembuatan teh, sirup, selai, manisan dan banyak sekali produk olahan bunga rosella. Untuk menambah variasi bahan olahan bunga rosella dapat dibuat makanan olahan bunga rosella seperi jelly food rosella, minuman seperti jus rosella dan fruittea rosella.
    6. Bahan penting yang terkandung dalam kelopak bunga Roselle : Gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai efek diuretic dan choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, meningkatkan kinerja usus serta berfungsi sebagai tonik (obat kuat)

Daftar Pustaka

Pinzon,dr Rizaldi dkk.2010.Awas Stroke. CV AndiOffset:Yogyakarta

http://setengahbaya.info/arsip/fenomena-stroke.html (Online)

http://www.metris-community.com/penyakit-stroke/(Online)

http://infostroke.wordpress.com/pengertian-stroke/(Online)

http://mediaherbal.com/bunga-rosela-1874.html(Online)

http://asihmtq.blogspot.com/2007/12/bunga-rosella.html(Online)

http://www.scribd.com/doc/39496290/Kandungan- Rosellae.(Online)

http://www.resepmasakanmu.com/resep-minuman-rosella-fruit-tea.htm (Online)

http://momheritage.blogspot.com/2008/06/rosella-juice-ice-cream.html (Online)

http://resepherbal.e-salim.com/2009/02/es-kelapa-sirup-rosella/ (Online)

http://www.asihmtq.blogspot.com/2007/12/bunga-rosella.html (Online)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 59 other followers

%d bloggers like this: