SIRUP MENGKUDU MENGATASI DIABETES MELLITUS Syrup Noni Overcome Diabetes Mellitus

Moc. Agus Krisno B, Maratus Rosidah

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

Jl. Tlogomas 246 Malang Telp 464318

Abstract

            Noni fruit (Morinda citrifolia) has long been recognized by the people of Indonesia. Pale yellow fruiting plants can be found in various regions. Normally grows wild in the yard or the street. Noni has a variety of substances useful to humans. The specialty of this fruit is nempunyai content of scopoletin, serotonin, damnacantal, athraquinon, etc.. very efficient for treating diabetes.

Diabetes is one disease that is common and very familiar in Indonesia. Diabetes occurs because of lack of functioning of the pancreas is not able to produce insulin normally. Diabetes mellitus or diabetes can be caused by congenital or hereditary factors and can also be caused due to poor diet.

If it is acute, the disease is difficult to treat diabetes. One of the diabetes drug that is often used when it is acute diabetes usually inject insulin every day to compensate for the excess glucose that is consumed by the body. I have found no diabetes medication that can cure diabetes completely, but the effort to improve the performance of the pancreas can be performed, one with consumption of Noni.

Key words: Noni Fruit, Diabetes Mellitus

            Abstrak

            Buah Mengkudu (Morinda citrifolia) sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tumbuhan berbuah kuning pucat tersebut bisa ditemui di berbagai daerah. Biasanya tumbuh secara liar di pekarangan atau pinggir jalan. Buah mengkudu mempunyai berbagai kandungan zat berguna bagi manusia. Keistimewaan buah ini adalah nempunyai kandungan scopoletin, serotin, damnacantal, athraquinon, dan lain-lain. dan sangat efisien untuk mengobati diabetes.

            Diabetes adalah salah satu penyakit yang sering dijumpai di Indonesia. Diabetes terjadi karena kurang berfungsinya pankreas yang tidak mampu menghasilkan insulin secara normal. Diabetes melitus atau kencing manis ini bisa disebabkan karena faktor bawaan atau keturunan dan bisa juga disebabkan karena pola makan yang kurang baik.

            Apabila sudah akut, penyakit diabetes ini sulit diobati. Salah satu obat diabetes yang sering digunakan ketika diabetes sudah akut biasanya dengan menyuntikkan insulin setiap hari untuk mengimbangi glukosa berlebihan yang dikonsumsi oleh tubuh. Memang belum ada obat diabetes yang secara total dapat menyembuhkan diabetes ini, namun upaya untuk memperbaiki kinerja pankreas bisa dilakukan, salah satunya dengan pengkonsumsian mengkudu.

Kata kunci: Buah Mengkudu, Diabetes Melitus

PENDAHULUAN

Mengkudu, tanaman liar khas Indonesia ini tumbuh di hutan dan di halaman-halaman sampai ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Tinggi pohonnya bisa mencapai 3 – 8 m. Daunnya tebal dan Iebar, berbentuk lonjong, mengkilat dan letaknya berhadapan. Bunganya kecil berwarna putih berbentuk piala. Buahnya berwarna hijau kekuning-kuningan, bertutul-tutul dan banyak bijinya tetapi setengah bagian lainnya ada juga yang tidak berbiji. Kalau sudah tua menjadi kekuningan dan berbau.

Buah mengkudu/pace (Morinda Citrifolia) atau Noni adalah buah yang merupakan karunia Tuhan bagi alam yang beriklim tropis seperti Indonesia, tanaman mengkudu atau pace adalah tanaman ajaib, karena tanaman ini tumbuh berkembang, menjadi besar dengan menghasilkan buah sebelum berbunga dan justru bunga-bunganya mulai muncul dibuku-buku buah yang ada untuk menunggu proses penyerbukan oleh alam agar bakal buah yang ada dapat menjadi besar dan masak. Keajaiban tanaman mengkudu/ pace tidak diragukan lagi oleh banyak orang dan buah mengkudu dianggap sebagai buah “Kramat” dengan 1001 manfaat, karena banyak memiliki manfaat, kaya akan protein, vitamin, mineral termasuk selenium dan nutrisi, memiliki kandungan anti oksidan yang tiada bandingnya sehingga mampu membangun sistem imun (anti bodi/daya tahan tubuh) yang sangat baik, meningkatkan stamina dan sumber energi, memiliki kandungan zat anti bakteri dan anti jamur yang sangat tinggi, pencegah kanker dan kemampuannya meremajakan sel yang ada, dengan data terbaru yang menyatakan lebih dari 150 jenis flavonoid, mineral, vitamin yang terkandung di dalam buah mengkudu yang disebut buah keramat.

Berbagai penelitian ilmiah dan serangkaian penelitian yang dilakukan oleh para ahli, banyak laboratorium dan lembaga Perguruan Tinggi di dunia telah memberikan bukti atas keajaiban dan keampuhan komponen dan zat-zat yang berkhasiat yang terkandung di dalam buah kramat yang disebut “Mengkudu” oleh karenanya kesimpulan penulis sudah sangat tepat apabila menyebut buah mengkudu sebagai buah yang betul-betul datang dari surga (The Real Fruit From Heaven). Hampir semua komponen tanaman mengkudu dapat dimanfaatkan seperti daunnya untuk sayur dan lalapan juga dipergunakan sebagai bahan obat-obatan karena khasiatnya, bunganya dimanfaatkan untuk obat dan bahan baku obat terutama untuk radang selaput mata, kudis, bisul, sakit tenggorokan dan batuk, kulitnya untuk penyamakan kulit dan pewarna batik. Akarnya dipergunakan sebagai bahan obat-obatan dan buahnya sudah tidak diragukan lagi khasiatnya, disamping itu buah yang masih mengkal dan tua dapat dimakan untuk campuran rujak bebek.

Mengkudu adalah tanaman tropis dan merupakan tanaman asli Indonesia yang tersebar dari Aceh, Sumatera, Riau, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Irian Jaya, yang dikenal dengan nama setempat seperti Pace, Cengkudu, Mengkudu, Lengkudu, Bangkudu, Pamoris, Manakudu, Bakulu, Laboran, Boja, Kudu, Tibah, Eodo, Aikombo, Neteu, di Amerika disebut noni, di Taiwan dan Korea disebut buah “Dewa”, di Hawai dan Tahiti disebut “Hawai Magic Plant” atau “Tahiti Magic Plant” dan dalam bahasa latin disebut “Morinda Citrifolia”.

Image

Sumber: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/com

Pohon ini termasuk keluarga Rubiaceae dan tanaman yang termasuk keluarga ini diantaranya kopi, soka, kaca piring dan lain-lain, berdaun tebal dengan mahkota bunga warna putih berbentuk corong yang harum dan berkelamin dua. Buahnya termasuk buah batu yang memiliki banyak biji apabila masak memberikan aroma yang sangat menyengat seperti keju busuk, tengik dan rasanya yang sangat tidak enak karena adanya asam kaprik dan asam kaproat yang lepas seperti minyak atsiri.

Buah Mengkudu baru memiliki khasiat yang maksimal apabila buah tersebut sudah tua dan masak dengan menyebarkan aroma yang sangat menyengat karena lepasnya kandungan asam kaprik dan asam kaproat (yang memang berbau menyengat) dan rasanya yang sangat tidak enak, berbusa (seperti makan sabun), oleh karena itu buah mengkudu ini sangat tidak disukai oleh banyak orang dan justru banyak fakta yang memberikan bukti bahwa khasiat dari buah mengkudu itu sangat bergantung dari kandungan asam kaproat dan asam kaprik yang terkandung, artinya makin tinggi kandungan asam kaproat dan asam kaprik akan memberikan manfaat dan khasiat yang makin tinggi sehingga makin tinggi bau menyengat yang terkandung didalam buah mengkudu tersebut, tentu saja akan makin berkhasiat. Meskipun buah mengkudu ini sangat berkhasiat, namun dibalik itu buah ini sangat rentan, mudah tercemar dan dicemari terutama oleh berbagai macam jamur sehingga pengolahan buah mengkudu yang tidak dilakukan secara hati-hati, akan dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Mengkudu dan Sirup Mengkudu

Buah mengkudu/pace adalah buah yang merupakan karunia Tuhan bagi alam yang beriklim tropis, dan oleh banyak orang dianggap sebagai buah keramat. Di Taiwan dan Korea di sebut sebagai buah dewa karena khasiatnya yang sangat luar biasa. Di Hawaii, buah mengkudu/pace dikenal dengan sebutan noni dan buah mengkudu/pace yang bernama latin Morinda Citrifolia tersebut dianggap memiliki banyak manfaat, oleh karena itu dianggap sebagai “Hawaii Magic Plant”, karena buah mengkudu/pace dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit dan buah mengkudu/pace adalah buah yang memiliki bau yang sangat menyengat, dengan kandungan biji yang sangat banyak, karena itu tidak disukai orang. Namun dibalik itu, buah mengkudu/pace memiliki kemukjizatan yang sangat luar biasa karena buah mengkudu/pace memiliki karakteristik :

  1. Kemampuan merontokkan dan membersihkan sel-sel mati yang ada di dalam jaringan tubuh kita, termasuk sel mati yang ada di dalam saluran pembuluh darah.
  2. Menjaga dan memelihara sel-sel yang masih hidup.
  3. Menumbuhkembangkan sel-sel baru sebagai pengganti sel-sel yang telah mati.

Karena kemampuannya menumbuhkembangkan sel-sel yang baru sebagai pengganti sel-sel yang telah mati, maka disamping memiliki kemampuan mengobati berbagai macam jenis penyakit, buah mengkudu/pace juga memiliki kemampuan mengkondisikan tubuh kita selalu dalam keadaan sehat. Tidak mudah masuk angin maupun terserang berbagai macam penyakit, apabila dikonsumsi secara rutin. Di Asia secara tradisional buah mengkudu/pace juga dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit, dari diare sampai tumor, karena kemampuannya mengobati gangguan sebagai berikut :

  • Gangguan Pada Tulang dan Kepala

Reumatik, asam urat, vertigo, stroke, gangguan pada sumsum dan saraf di tulang belakang, migrain, susah tidur, rambut rontok.

  • Infeksi Kulit

Bisul, luka bakar, radang dibawah kulit, lecet, alergi, penyakit kulit lainnya.

  • Gangguan Pencernaan

Sakit maag, diare, radang usus, susah buang air besar, ambeien, penyakit gangguan pencernaan lainnya.

  • Gangguan Kewanitaan

Meningkatkan kesehatan pada saat kehamilan dan persalinan, sering kram, gangguan menstruasi, datang bulan sakit & tidak lancar, kista/miyope, keputihan/kandidas.

  • Karena Infeksi

Sakit mata, radang mata, batuk, TBC, asthma, gangguan pernafasan, gusi bengkak, sariawan, sakit gigi, keracunan makanan.

  • Gangguan Penyakit Dalam

Kencing manis/diabetes, darah tinggi, darah rendah, ginjal dan batu ginjal, kandung kemih, turun berok/prostat, sakit jantung, darah kental, darah encer, kekurangan trombosit, lupus, leukimia.

  • Gangguan Lainnya

Kanker, lesu darah, gangguan seksual, polip, katarak, stress, kolesterol, meningkatkan kinerja kelenjar-kelenjar tubuh, kekurangan nutrisi, meningkatkan proses penyerapan nutrisi dalam tubuh, membersihkan darah, membunuh berbagai jenis cacing, penurun panas, menghentikan kebiasaan merokok, menghentikan kecanduan narkoba, menyuburkan rambut, menyeimbangkan hormon, anti bakteri dan anti oksidan, obesitas/kegemukan.

Khasiat Utama

Riset tentang Mengkudu terus berkembang, baik dilakukan oleh para dokter maupun ahli botani dan ahli biokimia. Penelitian difokuskan pada komponen-komponen/ susunan kimia yang dikandung Mengkudu dan efek terapetiknya terhadap berbagai macam penyakit.

Penelitian-penelitian tersebut menunjukkan bahwa sari buah Mengkudu dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, mengatur fungsi sel dan regenerasi sel-sel jaringan tubuh yang rusak. Fakta yang menunjukkan bahwa Mengkudu dapat mengatur sel-sel pada tingkat dasar dan kritis itu mungkin dapat menjelaskan mengapa Mengkudu dapat digunakan untuk berbagai macam kondisi kesehatan.

Para dokter di Amerika sudah memberikan banyak laporan tentang keberhasilan penggunaan sari buah Mengkudu terhadap pasien-pasiennya. Dr. Richard Dicks (dari New Jersey, USA) mengatakan, “kami mulai menyadari bahwa kita harus kembali pada hal yang mendasar dari tubuh kita. Apa yang dimaksud dengan metabolisme dalam tubuh adalah membakar nutrisi. Sari buah Mengkudu melindungi tubuh kita dengan memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.”

Khasiat-khasiat Tambahan

Mengkudu memiliki khasiat-khasiat lain yang belum dibuktikan secara medis, namun secara empiris telah banyak orang yang mengalami perbaikan dan peningkatan kesehatan setelah mengkonsumsi sari buahnya.

Tentang Diabetes Mellitus

Diabetes Melitus merupakan salah satu penyakit tertua pada manusia. Berasal dari istilah kata Yunani, Diabetes yang berarti pancuran dan Melitus yang berarti madu atau gula.

Kurang lebih istilah Diabetes Melitus menggambarkan gejala diabetes yang tidak terkontrol, yakni banyak keluar air seni yang manis karena mengandung gula. Oleh karena demikian, dalam istilah lain penyakit ini disebut juga “Kencing Manis”.

Secara medis, definisi diabetes meluas kepada suatu kumpulan aspek gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik yang sifatnya absolut maupun relatif.

Di bawah ini terdapat beberapa faktor-faktor yang memiliki berperan penting terjadinya hal tersebut:

  • Obesitas, terutama yang besifat sentral (bentuk tubuh apel)
  • Diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat
  • Kurang gerak badan (olahraga)
  • Faktor keturunan (herediter)

Diabetes Melitus tidak menakutkan bila diketahui lebih awal. Gejala-gejal yang timbul sangat tidak bijaksana untuk dibiarkan, karena justru akan menjerumuskan ke dalam komplikasi yang lebih fatal.

Jika berlangsung menahun, kondisi penderita Diabetes Melitus berpeluang besar menjadi ketoasidosis ataupun hipoglikemia. .

Lakukan pemeriksaan dini pada tubuh, tidak perlu menunggu hingga timbul gejala. Karena dengan dilakukan diagnosis dini, dokter dan pasien dapat menanggulangi diabetes melitus dengan baik agar kita mampu mencegah tersebut sebaik-baiknya.

Sirup Mengkudu untuk Penderita Diabetes Mellitus

Khasiat buah mengkudu yang membuatnya sangat populer adalah kemampuan zat aktif alkaloid proxeroninnya dalam menghambat dan mengatasi perkembangan sel kanker.

Buah mengkudu juga terbukti mampu melancarkan kinerja kelenjar-kelenjar di dalam tubuh, mampu meningkatkan proses penyerapan zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan membantu menghambat perkembangan tumor atau kanker, serta mampu mempercepat penyembuhan jaringan kulit yang rusak terbakar atau luka.

Khasiat lain yang telah terbukti secara empiris, di antaranya buah mengkudu cukup mujarab untuk mengatasi hipertensi, diabetes mellitus, kolesterol, memperbaiki kinerja ginjal, mengurangi gejala alergi. Di samping itu, kandungan adaptogini yang ada di dalamnya membuat buah ini bisa dikonsumsi secara rutin untuk menyegarkan badan.

Jus buah mengkudu efektif untuk menyembuhkan kanker, gangguan pencernaan, kencing manis atau diabetes mellitus, depresi, stress, darah tinggi, dan mampu meningkatkan daya seksual. Buah mengkudu banyak mengandung protein. Sari buah mengkudu berkhasiat merangsang sistem kekebalan tubuh, mengatur fungsi sel jaringan tubuh yang rusak dan sekaligus memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Berikut beberapa ramuan buah mengkudu untuk pengobatan:

Menu Sirup Mengkudu:

Image

Sumber: http://www.efjebe.com/catalog/.jpg

Siapkan dua buah mengkudu yang sudah masak di pohon dan satu potong gula batu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian kedua bahan tersebut dioplos sampai merata dan disaring. Diminum dan diulangi dua hari sekali.

Penyajian:

Campurkan 2-4 sendok makan sirup mengkudu, gula secukupnya, dengan segelas air panas/hangat. Minum sehari 2 kali.

Kesimpulan

  1. Tanaman mengkudu atau pace adalah tanaman ajaib, karena tanaman ini tumbuh berkembang, menjadi besar dengan menghasilkan buah sebelum berbunga dan justru bunga-bunganya mulai muncul dibuku-buku buah yang ada untuk menunggu proses penyerbukan oleh alam agar bakal buah yang ada dapat menjadi besar dan masak.
  2. Tanaman mengkudu mengandung: protein, vitamin, mineral termasuk selenium dan nutrisi, memiliki kandungan anti oksidan sehingga mampu membangun sistem imun (anti bodi/daya tahan tubuh) meningkatkan stamina dan sumber energi, memiliki kandungan zat anti bakteri dan anti jamur yang sangat tinggi, pencegah kanker dan kemampuannya meremajakan sel yang ada.
  1. Karakteristik buah menkudu:
  • Kemampuan merontoka dan membersihkan sel-sel mati yang ada didalam jaringan tubuh , termasuk sel yang mati yang ada didalam saluran pembuluh darah.
  • Menjaga dan memelihara sel-sel yang masih hidup.
  • Menumbuhkembangkan sel-sel baru sebagai pengganti sel-sel yang telah mati.
  1. Kemampuan buah mengkudu mengobati berbagai macam jenis penyakit, buah mengkudu atau pace dapat mengkondisikan tubuh kita selalu dalam keadaan sehat.
  2.  Gangguan dalam tubuh dapat diobati dengan sirup mengkudu diantaranya: gangguan pada tulang dan kepala, infeksi kulit, gangguan pencernaan, gangguan kewanitaan, infeksi gangguan penyakit dalam(diabetes mellitus/kencing manis, darah tinggi atau rendah, batu ginjal, sakit janyung, lupus, leukimia dan lain-lain) dan penyakit lainnya.
  3. menyiapkan dua buah mengkudu yang sudah masak di pohon dan satu potong gula batu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian kedua bahan tersebut dioplos sampai merata dan disaring. Diminum dan diulangi dua hari sekali.

Daftar pustaka

Bangun, A. P.,DR,MHA dan saworno, 2002 b. Khasiat dan manfaat mengkudu. Agromedia media: jakarta.

Anonymous:2008

(http://safuan.wordpress.com/2008/03/17/manfaat-buah-mengkudu/pace).

Anonymous:2010

(http://ruhindo.wordpress.com/2010/03/06/manfaat-buah-mengkudu).

Anonymous:2011

(http://www.kesehatan123.com/2466/manfaat-buah-mengkudu-untuk-kesehatan).

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 59 other followers

%d bloggers like this: