MENU KURMA(Phoenix dactylifera) UNTUK MENINGKATKAN TROMBOSIT DARAH

Moc. Agus Krisno B, Wahyuni Amir

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

Jl. Tlogomas 246 Malang Telp 464318

Abstract

Dates are very istimewah fruit, which grows in the arid desert region of Arabia and barren. Dates can also be used to cure various diseases. Because dates contain minerals such as calcium, iron, magnesium, phosphorus, silfur, Zing. And dates also contain various vitamins.Palm contain useful nutrients for the body, and also contains glukosan dates greater than in other fruits.Palm fruit sugar content is largely a monosaccharide sugar, easily digested so that the body, such as glucose and fructose.

Dengue fever became one of the world menakutakan disease health in Indonesia. The same treatment led to death or a slow bias. Dengue fever is often inflicted on children. But not infrequently the parents are also biased to the victim. Infectious disease is caused by a virus that causes disruption of capillary blood vessels and blood clotting system.Dengue hemorrhagic fever is a disease that’s caused by dengue virus is carried by the aedes mosquito saliva Lewa aegpyti female blood sucking bite humans. aigypti aides during the mosquito of dengue virus is not contaminated by a mosquito bite is not dangerous. If mosquitoes are sucking the blood of patients with dengue hemorrhagic fever is a mosquito to transmit the dangerous bias of the deadly dengue virus. It is necessary to control the mosquito species Aedes aegypti for dengue virus is not transmitted from person to person. . Dengue hemorrhagic fever is a disease that’s caused by dengue virus is carried by the aedes mosquito saliva Lewa aegpyti female blood sucking bite humans. aigypti aides during the mosquito of dengue virus is not contaminated by a mosquito bite is not dangerous. If mosquitoes are sucking the blood of patients with dengue hemorrhagic fever is a mosquito to transmit the dangerous bias of the deadly dengue virus. It is necessary to control the mosquito species Aedes aegypti for dengue virus is not transmitted from person to person. Dates can be consumed in the form of ripe fruit, but can also be enjoyed in various preparations, ranging from the juice, biscuits, jam, honey to the mixture to milk.

Key words: dates, inflammation of the liver,

Abstrak

            Kurma adalah buah yang sangat istimewah, yang tumbuh di wilayah gurun Arabia yang gersang dan tandus .Kurma juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.Karena kurma mengandung mineral seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, silfur, zing. Dan kurma juga mengandung berbagai macam vitamin.kurma memiliki kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh, dan kurma juga mengandung glukosan lebih besar dari pada buah-buahan lain.Kandungan gula buah kurma sebagian besar merupakan gula monosakarida, sehingga mudah di cerna tubuh, antara lain glukosa dan fruktosa.

Demam berdarah menjadi salah satu penyakit menakutakan bagi dunia kesehatan di Indonesia. Penanganan yang sama atau lambat bias berujung kematian. Demam berdarah memang sering menimpa anak- anak. Namun tak jarang orang tua juga bias menjadi korbannya. Penyakit menular ini disebabkan oleh virus yang menyebabkan gangguan pembuluh darah kapiler dan sistem pembekuan darah.Demam berdarah dengue adalah suatu penyakit yang disebab kan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegpyti betina lewa air liur gigitan saat menghisap darah manusia.selama nyamuk aides aigypti tidak terkontaminasi virus dengue maka gigitan nyamuk tersebut tidak berbahaya. Jika nyamuk tersebut menghisap darah penderita demam berdarah dengue maka nyamuk menjadi berbahaya karena bias menularkan virus dengue yang mematikan. Untuk itu perlu pengendalian nyamuk jenis aedes aegypti agar virus dengue tidak menular dari orang yang satu ke orang lain. Kurma dapat dikonsumsi dalam bentung buah matang, tetapi bisa juga  dinikmati dalam berbagai olahan, mulai dari jus, biscuit selai, hingga madu untuk campuran susu.

Kata kunci : kurma, radang hati,


PENDAHULUAN   

Demam berdarah adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus yang masuk keperedaran darah manusia melalui gigitan nyamuk.Demam berdarah menunjukkan gejala yang umum dan berbeda-beda.Gejala yang umum adalah demam tinggi, sakit kepala parah, nyeri dan mual.Penurunan jumlas sel darah putih dan penurunan keeping darah ataw trombosit juga seringkali dapat diobservasi pada pasien demam berdarah.Demam berdarah biasanya menyerang disaat musim penghujan. Demam berdarah bias menjadi penyakit yang sangat berbahaya bila tidak segera ditangani serangan penyakit demam berdarah  bias muncul kapan saja sepanjang tahun dan bias menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga lanjut usia, penyakit demam berdarah berkaitan dengan kondisi lingkungan dan perilaku masyarakat. Masyarakat yang kurang peduli kebersihan lingkungan dan ancaman penyakit berbahaya merupakan lokasi yang sangat baik sebagai endemic demam berdarah.Maka diperlukan kesadaran bagi masyarakat.

Dari semua penyakit yang muncul akibat perubahan musim yang tidak menentu dan akibat kesadaran menjaga lingkungan masyarakat yang masih rendah, demam berdarah adalah satu penyakit yang diakui oleh sebagian besar masyarakat.Demam berdarah sudah merajalela dalam masyarakat,Tidak jarang dampak demam berdarah sampai merengguk nyawa pasien karena dari fase awal sampai fase kritis tidak jelas gejalanya sehingga anggota keluarga yang lain tidak menyadari sehingga pasien tidak tertolong. Memasuki fase kritis adalah fase yang paling berat, karena jumlah trombosit yang semakin menurun jauh dari angka normal yang mengakibatkan dapat terjadi pendarahan, denyut nadi tidak teraba bahkan koma sampai paling parah meninggal dunia. Penurunan jumlah trombosit secara drastic diperparah oleh rasa mual dan nyeri ulu hati sehingga keinginan untuk menerima asupan makanan atau minuman berkurang

Salah satu yang sangat menonjol dari penderita demam berdarah adalah turunnya kandungan trombosit dalam darah secara drastis.Penurunan trombosit secara trombosit yang berlangsung drastic menjadi ancaman serius bagi kehidupan manusia. Namun belakangan ini popular adanyanya sari kurma yang dipercaya untuk menaikkan kadar trombosit dalam darah. Tetepi sekarang banyak juga para dokter yang menganjurkan untuk memakan kurma jika trombosit penderita demam berdarah rendah.

Trombosit adalah sel penjedal darah yang mengandung protein darah yang disebut thrombin.Trombosit merupakan komponen tubuh yang mengalir bersama dengan sel darah merah dan putih.Trombosit memiliki fungsi utama membekukan trombosit memiliki peran penting dalam sistem hemostasis, suatu mekanisme faali tubuh untuk melindungi diri terhadap kemungkinan perdarahan atau kehilangan darah.sehingga tidak banyak darah yang terbuang percuma saat terjadi pendarahan. Trombosit yang tinggi dalam darah di dunia medis disebut dengan trombositosis.Trombositosis merupakan trombositosis primer/esensial yang disebabkan karena terdapat sel-sel abnormal disumsum tulang menyebabkan peningkatan trombosit.Jumlah trombosit normal adalah 150.000-450.000 per mmk darah.Dikatakan trombosit ringan apabila jumlah trombosit antara 100.000-150.000 per mmk darah. Apabila jumlah trombosit kurang dar 60.000 per mmk darah maka akan cenderung terjadi perdarahan.  Metode untuk menghitung trombosit telah banyak dibuat dan jumlahnya jelas tergantung dari kenyataan bahwa sukar untuk menghitung sel-sel trombosit yang merupakan partikel kecil, dan mudah pecah.

Penyebab penurunan kadar trombosit didalam darah karena penueunan produksi trombosit karena penekanan produksi di sumsum tulang, penggunaan trombosit yang berlebihan, dan adanya antibody antitrombosit dalam darah.

Di masyarakat banyak beredar informasi cara-cara alternative untuk penderita demam berdarah, dengan tujuan agar trombosit darah dapa meningkat hingga menjadi vitalitas penderita.Cara alternative itu adalah dengan kurma.Meskipun belum ada penelitian ilmiah tentang khasiat buah kurma dapat menyembuhkan demam berdarah  berbagai pengakuan yang empiris menyebutkan, kurma yang telah diolah mampu meningkatkan trombosit secara signifikan, karena itu banyak keluarga terkena demam berdarah selalu mencari buah kurma untuk meningkatkan trombosit. Dan Menurut beberapa ahli kurma dapat digunakan sebagai obat penambah trombosit pada penderita demam berdarah sehingga mempercepat kesembuhan penderita.Buah kurma memiliki daging berserat yang sangat lembut dan memiliki rasa yang sangat manis. Buah kurma memiliki manfaat yang luar biasa.

Menurut Prof Dr Ir Ali Khomsan, MS kurma memiliki kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh, dan kurma juga mengandung glukosan lebih besar dari pada buah-buahan lain. Pada kurma yang masih lembek (matang dipohon dan belum di jemur) kandungan gulanya 60%, sedangkan kurma yang telah dikeringkan kandungannya cukup tinggi, sekitar 70%.Kandungan gula dalam kurma memiliki daya serap yang buruk, sekitay 45-50 menit sehingga waktu untuk pengolahan menjadi nutrisi yang disalurkan kedalam darah lumayan lama.Kandungan gula buah kurma sebagian besar merupakan gula monosakarida, sehingga mudah di cerna tubuh, antara lain glukosa dan fruktosa. Pada varietas kurma tertentu , juga terdapat gula sukrosa. Kandungan gula pada kurma sangat tinggi , sekitar 70% yaitu 70-73 gram per 100 gram.

Sari kurma memiliki kandungan omega 6 berupa asam linoleat yang tinggi. Omega 6 biaanya diubah menjadi  n-6 eicosanoid. Eicosanoid merupakan komponen yang berikatan dengan berbagai reseptor yang sangat tersebar ditubuh. Salah satu anggota kelompok eicosanoid, thromboxane berperan dalam proses thrombosis yang dilakukan oleh trombosit. Kurma juga mengandung berbagai vitamin yang diperlukan oleh tubuh.Vitamin A, thiamin, riboflafin, zat besi berada dalam buah kurma. Riboflafin dan niasin akan membantu melepaskan enerhi dari makanan, thiamin membantu  melepaskan energy dan karbohidrat. Vitamin A dan niasin berperan membentuk dan memelihara kulit yang sehat.Kurma juga mengandung vitamin K dan B-kompleks. Vitamin ini bermanfaat untuk proses metabolisme karbohidrat protein dan lemak dalam tubuh. Mineral juga juga ditemukan dalam kurma, Magnesium dan kalium dalam jumlah yang cukup dapat membantu kinerja tubuh lebih baik.

Kandungan kalium kurma yang tinggi sangat menguntungkan jantung dan pembuluh darah. Denyut nadi menjadi sangat teratur dan otot-otot menjadi sangat kontraksi  sehingga membantu menstabilkan tekanan darah. Postium yang tinggi juga ada dalam kurma, yang bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, tapi bagi yang bertekanan darah tinggi, membersihkan karbodioksida dalam darah serta memicu kerja otot.Dengan Serat yang terkandung dalam kurma sangat besar, serat tersebut bermanfaat menurunkan kadar kolestrol didalam usus besar, sehingga kolesterol darah tidak meningkat. tekstur serat yang cukup halus, kurma aman untuk lambung yang sensitive atau penderita radang usus. Dan kurma tidak mengandung kolesterol.Kurma mengandung lemak yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan.

Zat besi yang terdapat dalam kurma dapat mengangkut oksigen yang kemudian didistribusikan ke sel-sel tubuh karena pada penderita demam berdarah terjadi penurunan cairan dalam tubuh sehingga zat besi yang diserap sedikit.Jika trombosit mengalami penurunan yang cukup signifikan, tubuh berusaha menjaga hemostasis (termasuk dengan membentuk sel trombosit yang mengalami penurunan).Menurut beberapa ahli kurma dapat digunakan sebagai obat penambah trombosit pada penderita demam berdarah sehingga mempercepat kesembuhan penderita.Dengan meminum jus kurma setiap satu jam sekali, maka trombosit akan meningkat dan dapat memperkuat  daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina serta mempercepat penyembuhan. Dengan adanya zat besi yang cukup banyak dalam kurma energy yang didapat cukup untuk respirasi sel yang menghasilkan energy.

Menurut ahli gizi IPB,Dr Hardinsyah MS, mengatakan bahwa kurma mengandung zat gizi yang nyaris lengkap dengan komposisi yang seimbang, meskipun dalam jumlah yang sedikit. Ada dua macam jenis kurma yaitu, kurma segar dan kuma kering. Kurma segar mengandung kadar air dan vitamin yang lebih banyak tetapi rendah kandungan energy siap pakainya. Sementara kurma yang tidak segar (kering) tinggi akan kandungan energy siap pakai namun kandungan air dan beberapa vitamin lebih rendah, bahkan kandungan vitaminnya hamper hilang.

Allah berfirman:

“Artinya : Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini” [Maryam : 25-26]

Selain dalam bentung buah matang, kurma juga bias dinikmati dalam berbagai olahan, mulai dari jus, biscuit selai, hingga madu untuk campuran susu.

Kandungan dalam 100 gr Kurma

  • Karbohidrat 75 gr Asam Folic 5,4 mikron
  • Fiber/ serat 2,4 gr Mineral kalium 52 mg
  • Protein 2,35 gr Tembaga/ cosper 2,4 mg
  • Vitamin A 90 IU sulfur 14,7mg
  • Vitamin B1 93 mg Besi 1,2 mg
  • Vitamin B2 144 mg Zink 1,2 mg
  • Vitamin C 6,1 mg fosfor 63 mg
  • Asam nikonat 2,2 mg Energi 323/100gr
  • Serat 2,2 gram

Cara Pengolahan Kurma dalam Meningkatkan Trombosit

  1. 1.      Juice Kurma
  2. Bahan
  • 500 gram kurma
  • 5 gelas air
  • 1 iris jeruk nipis
  • Es batu secukupnya
  1. Cara membuat
  • Ambillah 500 gram kurma, kemudian buang bijinya.
  • Blender kurma tersebut dengan mencampur semua bahan diatas  sampai lembut
  • Minumkan pada penderita setiap sejam sekali dengan satu gelas jus kurma.
  1. Biskuit Kurma

Bahan :
175 gram margarin
50 gram gula tepung
1/4 sendok teh garam
2 kuning telur
200 gram tepung terigu Kunci Biru
30 gram maizena
20 gram susu bubuk
150 gram kurma lembek, dipotong-potong
75 ml air
2 kuning telur
1/8 sendok teh garam
1 sendok teh susu cair
20 gram gula pasir kasar
Cara membuat:
1. Untuk isi: blender kurma dan air. Masak sambil diaduk sampai kental.
2. Untuk kulit: kocok margarin, gula tepung, dan garam1 menit sampai lembut. Masukkan kuning telur.Kocok rata.
3. Masukkan tepung terigu Kunci Biru, maizena, dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
4. Giling tipis adonan setebal 1/2 cm. Potong-potong persegi panjang ukuran 2 1/2×5 cm dengan pisau. Letakkan di loyang yang dioles tipis margarin.
5. Tusuk-tusuk atasnya dengan garpu. Oles dengan bahan olesan.Tabur gula pasir kasar.
6. Oven 25 menit dengan api bawah suhu 150 derajat Celsius sampai matang.
7. Ambil selembar kue kering. Oleskan tipis isi.Tutup dengan kue kering.
8. Oven lagi 5 menit dengan api bawah suhu 150 derajat Celsius. Dinginkan.

  1.  Selai Kurma

Bahan :

- Kurma 500 gram, buang biji-bijinya, iris-iris -

- Gula pasir 50 gram -

- Air 200 ml -

- Cengkeh 5 butir -

- Kayu manis 4 cm -

Cara membuat :

1. Haluskan kurma, dengan membuang bijinya.

2. Campur semua bahan jadi satu. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

3.masak dan  Biarkan hingga air menyusut dan mendidih, lalu angkat dan dinginkan.

KESIMPULAN

  1. Demam berdarah adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus yang masuk keperedaran darah manusia melalui gigitan nyamuk.
  2. Kurma dapat digunakan sebagai obat penambah trombosit pada penderita demam berdarah sehingga mempercepat kesembuhan penderita.
  3. Kurma juga mengandung berbagai vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin A, thiamin, riboflafin, dan zat besi.
  4. Kurma mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, silfur, zing.
  5. Kurma memiliki kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh, dan kurma juga mengandung glukosan lebih besar dari pada buah-buahan lain.

DAFTAR PUSTAKA

Cahyo agus, 2010, Sejuta Khasiat Susu Unta & Sari Kurma.Sabil; Semarang.

Farhan,2009.Sari Kurma Sahara (online); Bekasi.

Anonymous, 2009 (http://kilasanbukumizan.blogspot.com)

Anonymous,2010 (http://www.scribd.com)

Anonymous,2012( http://doktersehat.com/)

Anonymous,2010(http;//ruangberkas.com)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 55 other followers

%d bloggers like this: