Pemanfaatan Alami Olahan Sambiloto sebagai Diet Therapy untuk Penderita Diabetes Millitus

Pendahuluan

 

Meningkatnya pendapatan perkapita dan perubahaan gaya hidup terutama di kota besar telah menyebabkan  naiknya angka kekerapan penyakit degeneratif, dimana salah satunya adalah diabetes mellitus (DM). Di Indonesia, penderita diabetes diperkirakan 3 juta orang atau 1,5%  dari 200 juta penduduk. Bahkan pada 2020 mendatang diperkirakan ada sekitar 3,5 juta pasien DM di Indonesia. Jika seseorang sudah divonis menderita DM mau tidak mau harus merubah hidupnya agar kadar gula dalam darahnya bisa terkendali dan si penderita bisa tetap merasa nyaman dengan penyakitnya

Diabetes mellitus adalah suatu keadaan dimana terdapat kadar gula yang berlebihan dalam peredaran darah, dan ini terjadi karena badan kekurangan suatu hormone yang disebut insulin, dan hormone itu yang diperlukan untuk menukar gula kedalam tenaga pada badan kita. Akibatnya ialah glukosa bertumpuk di dalam darah (hiperglikemia) dan akhirnya diekskresikan lewat kemih tanpa digunakan (glycosuria). Karena itu produksi kemih sangat meningkat dan pasien harus sering kencing (poliuria), merasa amat haus (polidipsia), berat badan menurun dan berasa lelah. Penyakit diabetes juga sebagai penyakit keturunan atau kadang bisa muncul diluar factor keturunan

Menurut laporan terakhir WHO didunia kini terdapat sekitar 120 juta penderita diabetes mellitus dan diperkirakan akan naik menjadi 250 juta pada tahun 2025. Kenaikan ini antara lain karena factor usia harapan hidup semakin meningkat, diet kurang sehat, kegemukan serta gaya hidup modern. Di Indonesia menurut survey 1993 prevanlensi penyakit diabetes dikota-kota besar 6-20 tahun yaitu 0,26%, usia di atas 20 tahun 1,43%, dan usia diatas 40 tahun 4,16%, sedangkan dipedesaan usia diatas 70 tahun 1,47%. Diperkirakan seluruh penderita diabetes di Indonesia sekitar 2,5 juta orang.

Berdasarkan penelitian dari fakultas kedokteran UNDIP semarang diketahui Indonesia menduduki rangking pertama tertinggi didunia, karena balakangan ini jumlah penderita mellitus meningkat menjadi 21%

Pengertian diabetes mellitus

Diabetes mellitus (DM) merupakan salah satu masalah kesehatan yang berdampak pada produktifitas dan dapat menurunkan Sumber Daya Manusia. Penyakit ini tidak hanya berpengaruh secara individu, tetapi sistem kesehatan suatu negara. Walaupun belum ada survei nasional, sejalan dengan perubahan gaya hidup termasuk pola makan masyarakat Indonesia diperkirakan penderita DM ini semakin meningkat, terutama pada kelompok umur dewasa keatas pada seluruh status sosial ekonomi.

Diabetes mellitus merupakan penyakit endokrin yang paling umum ditemukan. Penyakit itu ditandai oleh naiknya kadar gula darah (hiperglikemia) dan tingginya kadar gula dalam darah (glikosuria). Perkataan diabetes berasal dari bahasa Yunani (Diabetes) yang berarti “Bocor “ sedangkan kata mellitus berasal dari bahasa Latin (Mellitus) yang berarti “madu”, mungkin diambil sebagai nama penyakit itu untuk menggambarkan tingginya kandungan gula dalam urin penderita. Dalam bahasa Indonesia penyakit itu disebut sebagai penyakit “ kencing manis “.

Umumnya penyakit diabetes dianggap sebagai penyakit keturunan. Jika seseorang menderita diabetes biasanya ia juga mengetahui siapa sanak keluarganya yang juga menderita penyakit yang sama.

Penyakit diabetes ada dua macam yaitu :

  1. Penyakit diabetes yang ditemukan pada usia muda (paling banyak ditemukan Pada usia antara 10-12 tahun), Juvenile Diabetes.
  2. Penyakit diabetes yang ditemukan pada orang dewasa diatas usia 30 tahun, disebut adult diabetes

 

 Penyebab dieabetes mellitus

DM atau kencing manis adalah suatu peningkatan yang disebabkan oleh karena peningkatan kadar gula dalam darah (hiperglikemia) akibat kekurangan hormoninsulin baik absolut maupun relatif. Absolut berarti tidak ada insilin samasekali sedangkan relatif berarti jumlahnya cukup atau memang sedikit tinggi atau daya kerja kurang. Hormon insulin dibuat dalam pankreas. Ada 2 macam type DM :

  1. DM type I. atau disebut Dm yang tergantung pada insulin.DM ini disebabkan akibat kekurangan insulin dalam darah yang terjadi karena kerusakan dari sel beta pankreas. Gejala yang menonjol yaitu sering kencing (terutama malam hari), sering lapar, dan sering haus,sebagian penderita DM type ini berat badannya normal atau kurus. Biasanya terjadi pada usia muda dan memerlukan insulin seumur hidup.
  2. DM type II atau disebut DM yang tidak tergantung insulin. DM ini disebabkan insulin yang ada tidak dapat bekerja dengan baik, kadar insulin dapat normal, rendah atau bahkan meningkat tetapi fungsi insulin untuk metabolisme glukosa tidak ada atau kurang.Akibat glukosa dalam darah tetap tinggi sehingga terjadi hiperglikemia, 75% dari penderita DM type II dengan obesitas atau sangat kegemukan Dan biasanya  diketahui setelah usia 30 tahun.

Kegemukan atau obesitas salah satu faktor penyebab penyakit DM, dalam pengobatan penderita DM, selain obat-obatan anti dibetes, perlu ditunjang dengan terapi diet untuk menurunkan kadar gula darah serta mencegah komplikasi-komplikasi yang lain.

Gejala – gejala penderita diabetes mellitus

Adapun gejala-gejala yang ditunjukkan oleh penderita DM  adalah sebagai berikut :

1.   Sering kencing (pelyuria), teritama dalam malam hari.

2.   Sering haus (polidipsia) dan makan (poliphgia)

  1. Berat badan menurun meskipun banyak makan .
  2. Sering merasa leleh dan mengantuk.
  3. Gatal-gatal dan bila ada luka sikar sembuh.
  4. Nyeri otot.
  5. Menurunnya gairah sek
  1. a.      Komplikasi Akut

Komplikasi akut terjadi jika kadar glukosa darah seseorang meningkat atau menurun dengan tajam dalam waktu relative singkat. Kadar glukosa darah bisa menurun drastis jika penderita menjalani diet yang terlalu ketat. Perubahan yang besar dan mendadak dapat berakibat fatal. Dalam komplikasi akut dikenal beberapa istilah berikut :

  1. Hipoglekimia adalah keadaan seseorang denga keadaan kadar gula diatas normal. Gejalanya ditandai dengan munculnya rasa lapar, gemetar, mengeluarkan keringat, berdebar-debar, pusing, gelisah, dan penderita bisa menjadi koma.
  2. Ketoasidosis diabetik-koma diabetic yang diartikan sebagai keadaan tubuh yang kekurangan insulin dan bersifat mendadak akibat infeksi, lupa suntik insulin, pola makan yang terlalu bebas atau stress.
  3. Koma hiperosmoler non ketotik yang diakibatkan adanya dehidrasi berat, hipotensi, dan shock.
  4. Koma lakto asidosis yang diartikan sebagai keadaan tubuh dengan asam laktat yang tidak dapat diubah menjadi bikarbonat. Akibatnya, kadar asam laktat dalam darah meningkat dan seseorang bisa mengalami koma.
  5. b.      Komplikasi Kronis
    1. 1.    Komplikasi spesifik 
      1. Retinopati diabetika, gejalanya penglihatan mendadak buram dan berkabut.
      2. Nefropati diabetika terjadi pembengkakan, hipertensi dan kegagalan fungsi ginjal yang menahun.
      3. Neuropatika diabetika, gejalanya kemampuan untuk merasakan sesuatu menjadi lemah, impotensi, penglihatan kembar, mengeluarkan banyak keringat.
      4. Diabetik foot, gejalanya tidak berfungsinya kulit, adanya gelembung berisi cairan pada kulit dn mudah terinfeksi.
      5. 2.    Komplikasi tak spesifik
        1. Kelainan pembuluh darah
        2. Kekeruhan pada lensa mata
        3. Adanya infeksi seperti infeksi saluran kencing atau Tuberkulosis (TBC) paru.

 Klasifikasi sambiloto

Kingdom         : Plantae

Subkingdom    : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super divisi      :Spermatophyta

Divisi              : Magnoliophyta

Kelas              :Magnoliopsida

SubKelas        :Asteridae
Ordo               :Scrophulariales

Famili             :Acanthaceae

Genus             :Andrographis
Spesies           : Andrographis paniculata Nees

Morfologi  sambiloto

Sambiloto termasuk dalam familia atau suku acanthaceae. Tanaman yang daun dan batangnya pahit ini dapat tumbuh pada ketinggian 700 m dpl. Tanaman ini sering kali dijumpai orang di pekarangan rumah. Bahkan tanaman ini juga tumbuh liar di tempat-tempat terbuka seperti ladang, sisi-sisi jalanan  atau di tanah kosong yang terbengkalai.

Sambiloto merupakan suatu tanaman yang tumbuh tegak, dengan tinggi mencapai 90 cm. Batangnya berbentuk segi empat dan bercabang banyak. Tanaman ini mempunyai daun tunggal yang saling berhadap-hadapan, panjangnya 2-8 cm dan lebar 1-3 cm. Tanaman ini juga berbunga sepanjang tahun. Berwarna putih atau ungu, tersusun dalam rangkaian berupa tandan yang tumbuh pada ujung-ujung tangkai.

Sambiloto juga mempunyai buah yang bentuknya memanjang sampai jorong.  Panjang buahnya itu sekitar 1,5 cm, lebar 0,5 cm serta pangkal dan ujungnya runcing. Bila sudah matang buahnya itu akan berwarna hitam dan akan pecah membujur menjadi empat keping. Biji tumbuhan ini gepeng, kecil, warnanya coklat muda.

Daun tunggal, bertangkai pendek, letak berhadapan bersilang, bentuk lanset, pangkal runcing, ujung meruncing, tepi rata, permukaan atas hijau tua, bagian bawah hijau muda, panjang 2 – 8 cm, lebar 1 – 3 cm.Perbungaan rasemosa yang bercabang membentuk malai, keluar dari. ujung batang atau ketiak daun. Bunga berbibir berbentuk tabung;kecil- kecil, warnanya putih bernoda ungu. Buah kapsul berbentuk jorong, panj ang sekitar 1,5 cm, lebar 0,5 cm, pangkal dan ujung tajam, bila masak akan pecah mernbujur menjadi 4 keping-Biji gepeng, kecil-kecil, warnanya cokelat muda. Perbanyakan dengan biji atau setek batang.

KANDUNGAN SAMBILOTO

 

 

 

 

 

 

Daun dan percabangannya mengandung laktone yang terdiri dari deoksiandrografolid, andrografolid (zat pahit), neoandrografolid, 14-deoksi-11-12-didehidroandrografolid, dan homoandrografolid. Juga terdapat flavonoid, alkane, keton, aldehid, mineral (kalium, kalsium, natrium), asam kersik, dan damar. Flavotioid diisolasi terbanyak dari akar, yaitu polimetoksiflavon, andrografin, pan.ikulin, mono-0- metilwithin, dan apigenin-7,4- dimetileter. Zat aktif andrografolid terbukti berkhasiat sebagai hepatoprotektbr (melindungi sel hati dari zat toksik.

Sambiloto mengandung senyawa flavonoid yang bersifat mencegah sekaligus menghancurkan penggumpalan darah.Sambiloto memiliki kadar kalium yang tinggi dan rendah kandungan natrium. Kalium diperlukan untuk mengeluarkan air dalam tubuh sehingga bisa menurunkan tekanan darah. Sementara natrium harus dihindari karena bisa meningkatkan tekanan darah.Tanaman ini juga mengandung andrografin, androgafolid (zat pahit) dan panikulin dimana sifat antibiotiknya mampu meningkatkan fungsi pertahanan tubuh dan membantu menyembuhkan luka akibat kanker.

MANFAAT SAMBILOTO

Sambiloto merupakan tumbuhan khas tropis, dan bisa tumbuh dipekarangan rumah, namun sekarang sudah banyak pula orang yang menyediakan lahan khusus untuk menanam tumbuhan ini untuk kemudian diolah.

Banyak sekali manfaat dari daun sambiloto ini, diantaranya adalah seduhan sambiloto mempunyai rasa yang pahitsehingga dapat mengobati penyakit diabetes atau kencing manis , tifus, dan ada juga yang mengatakan daun sambiloto juga bisa untuk penyakit gatal-gatal dan mencegah kanker, mungkin karena rasa pahit yang khas dari daun ini. Namun yang sudah banyak digunakan dan diakui khasiat dari daun ini adalah untuk mencegah malaria karena itu daun ini disebut juga obat anti malaria.Selain itu ternyata daun ini juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh atau stamina. Mungkin karena itulah daun ini banyak digunakan untuk bahan jamu godokan.

Untuk tifus biasanya daun sambiloto ditambah dengan kunyit dan temulawak kemudian digodok dan air rebususannya diminumkan 3x sehari sampai yang menderita tifus sembuh. Sedangkan untuk diabetes lebih baik daun sambiloto itu dimakan atau dikunyah langsung dalam keadaan masih segar.Itulah beberapa dari banyaknya manfaat dari daun sambiloto, kegunaan dari daun khas tropis ini juga sudah mulai digunakan di luar negeri selain di Indonesia seperti beberapa Negara Eropa dan Amerika, namun untuk luar negeri, Negara yang paling banyak menggunakan daun sambiloto untuk pengobatan adalah India. Namun siapa atau negera mana pemegang hak paten daun sambiloto ini belum diketahui, akan tetapi Indonesia sudah sejak dahulu menggunakan daun ini untuk bahan pembuatan jamu kesehatan yang racikan dan resepnya asli dari nenek moyang kita diwariskan secara turun temurun.

Menu olahan untuk penyakit diabetes

Resep Olahan

1.Kencing manis /Diabetes Mellitus
Daun sambiloto segar sebanyak 1/2 genggam dicuci lalu direbus
dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin
disaring, lalu diminum sehabis makan, 3 kali sehari 3/4 gelas.

2. Kapsul sambiloto

1)Daun sambiloto yang segar di cuci

2)Lalu di jemur setelah di jemur dimasukkan kedalam oven

3)Kemudian dihaluskan  dan disaring

4)Bubuk sambiloto  siap dimasukkan kedalam kapsul

3.Cerutu Sambiloto

Bahan :

50 gram sambiloto

25 gram kulit daun bawang merah

50 gram jahe

8 biji cengkeh

Daun pisang yang kering

Cara :

1)      Semua bahan di cuci bersih

2)      Semua bahan di potong halus dan dikeringkan

3)      Setelah semua bahan kering dicampur menjadi Satu

4)      Lalu ambil sedikit demi sedikit lalu di  bungkus kedalam  daun pisang yang kering

4.Teh Sambiloto

Bahan :

100 gram sambiloto

I50 gram Melati

Cara :

1)      Sambiloto dan bunga melati dicuci bersih

2)      Setelah itu dijemur

3)      Selesai dijemur lalu diOven

4)      Dihaluskan lalu dimasukkan kedalam kantung teh

5. Bedak  dingin Sambiloto

Bahan  :

1 genggam sambiloto

50 gram beras

2  ruas jari temu giring

Air secukupnya

Cara :

1)      Beras direndam selama 3 jam kemudian dihaluskan

2)      Semua bahan dihaluskan diberi air secukupnya

3)      Adonan dibentuk bulat lalu dikeringkan

4)      Tiap pemakaian 3 butir lalu diberi air

6. Cookies Diabetes Millitus

Bahan :

300 gram mentega

4 butir telur

300 gram tepung terigu

1 sdm bubuk sambiloto

2 sdm susu  bubuk

1 sdt vanili

Cara :

1) mentega dan gula di mixer

2) masukkan telur satu persatu sambil di aduk

3) lalu masukkan susu bbubuk, bubuk sambiloto, dan vanili

4) kemudian masukkan tepung terigu aduk sampai rata

5) siap untuk di cetak dan dioven dengan suhu 180 C selama 15 menit

Kesimpulan

  1. Penggunaan obat tradisional saat ini sudah sangat banyak di lakukan mengigat khasiat yang di berikan sangat besar dengan sedikit efek samping yang dihasilkan
  2. Sambiloto merupakan salah satu tanaman  obat tradisional yang banyak di gunakan
  3. Sambiloto banyak khasiat antibiotic,antipiretik, antidiabetes, belakangan ini sebagai anti kanker
  4. Sambiloto aman digunakan sebab jarang menimbulkan efek samping dan secara umum tidak berinteraksi dengan obat lain

Daftar pustaka

Budiyanto, M, A,K. 2002. Gizi dan Kesehatan. UMM Press. Malang

Anonymous.2010.Manfaat  Sambiloto.http// /sambiroto/manfaat daun sambiloto « MyArtikel.htm.diakses tanggal 4 juni 2011

Anonymous .2010.Klasifikasi Sambiloto.http//sambiroto/kls sambiroto.htm.diakses tanggal 4 juni 2011

Anonymous .2010.Kandungan Sambiloto.http//sambiroto/Sambiloto Tingkatkan Daya Tahan Tubuh _.htm.diakses tanggal 4 juni 2011

Anonymous.2010.Menu olahan sambiloto.http//sambiloto/menu olahan daun sambiloto.htm.diakses tanggal 4 juni 2011

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 58 other followers

%d bloggers like this: