DIET TERAPI SALURAN PENCERNAAN PADA PENYAKIT TUKAK LAMBUNG

Pendahuluan

 

Lambung sebagai “reservior” dengan sendirinya akan selalu berhubungan dengan makanan yang diantaranya daat menimbulkan iritasi lambung. Dengan tambahan berbagai macam obat yang yang dapat merusak selaput selaput lendiri lambung, maka akan timbul gastritis atau tukak. Dengan demikian dapat dimengerti bila tukak lambung termasuk enyakit yang sering dijumpai dalam bidang gastroenterologi termasuk yang penting.

Di Amerika biaya yang diperlukan untuk menanggulangi tukak peptik sekitar3 milyar dolar (5,4 triliun rupiah) pertahun, karena diketahui bahwa 10% penduduk Amerika mengalami sekali dalam hidupnya menderita tukak peptik.sebelum diketemukan Simetidin pada tahun 1976, komplikasi masih sering ditemui terapi dengan kemajuan pengobatan tukak peptik, maka komplikasi berat seperti perforasi dan perdarahan masih jarang.

 

 

 
Terkadang tiba-tiba pada saat-saat tertentu kita merasakan suatu keadaan yang tidak enak pada lambung, mual, kembung , panas, perih karena telat makan dan semacamnya. Biasanya gejala tidak nyaman seperti itu bisa jadi merupakan gejala kecil penyakit maag, namun apabila sudah terasa sakit yang sangat pada ulu hati bisa jadi itu merupakan penyakit tukak lambung. Tukak lambung atau Peptic Ulcer Disease (PUD) dapat diartikan sebagai luka pada lambung atau usus duodenum karena terjadi ketidakseimbangan antara faktor agresif seperti sekresi asam lambung, pepsin dan infeksi bakteri Helicobacter pylori dengan faktor defensif/faktor pelindung mukosa seperti produksi prostaglandin, gastric mucus, bikarbonat dan aliran darah mukosa.

Penyakit tukak lambung

Definisi
            Tukak lambung adalah sesi lokal pada mukosan lambung yang timbul akibatpengaruh asam lambung dan pepsin. Tukak tersebut dimulai sebagai tukak lambung akut yang dapat sembuh tanpa kambuh dan kemudian dapat menjadi tukak kronik dengan pembentukan jaringan fibrosis disekitar tukak atau adanya remisi dan eksaserebasi yang menjadi ciri khas suatu tukak kronik.
Etiologi
            Penyebab tukak belum jelas, kemungkinan:
·         Faktor genetik, dijumpai faktor keturnan [ada penelitian retrospektif dan faktor golongan darah O yang menderita kecenderungan untuki menderita tukak duodeni
·         Lingkungan, ada daerah tertentu yang banyak menderita tukak
·         Makanan, makan yang tidak teratur berupa makanan tertentu, penyakit-penyakit gigi
·         Jenis kelamin, (pria lebih sering daripada wanita)
·         Psikosomatik
Lokasi tukak
Tukak lambung biasanya dijumpai pada aerah perbatasan korpus dengan antrum didaerah kurvatura minor, disebabkan kontak langsung dengan asa dan pepsin. Sering juga dijupai didaerah  insisura angularis disebabkan defek pembuluh darah submukosa dan ditambah oleh tumpang tindihnya otot dinding lambung pada daerah ini, dimana kontraksi otot-otot menyebabkan sikemik transien dari mukosa lamung.


 

Penyebab

 

Selama ini orang beranggapan bahwa penyakit tukak lambung dan usus dua belas jari disebabkan oleh gaya hidup dan stress. Namun anggapan tersebut sekarang sudah bisa dibantah karena jelas bahwa bakteri Helicobacter pylori adalah penyebab yang bertanggung jawab terhadap lebih dari 90 persen borok usus duabelas jari dan 80 persen tukak lambung. Bermula pada tahun 1982, Warren, ahli patologi yang pada waktu itu masih bekerja di Royal Perth Hospital, Australia, mengamati koloni bakteri di bagian bawah lambung (Antrum) pada 50 persen pasien, dan tanda-tanda peradangan di lendir lambung selalu dijumpai adanya koloni bakteri sama tersebut.

 

Lokasi infeksi Helicobacter pylori di bagian bawah lambung dan mengakibatkan peradangan hebat, yang sering kali disertai dengan komplikasi pendarahan dan pembentukan lubang-lubang. Peradangan kronis pada bagian distal lambung meningkatkan produksi asam lambung dari bagian badan atas lambung yang tidak terinfeksi. Ini menambah perkembangan tukak lebih besar di usus duabelas jari.Pada beberapa individu, Helicobacter pylori juga menginfeksi bagian badan lambung. Bila kondisi ini sering terjadi, menghasilkan peradangan yang lebih luas yang tidak hanya mempengaruhi borok di daerah badan lambung tetapi juga kanker lambung. Kanker lambung merupakan kanker penyebab kematian kedua di dunia.

Secara umum, gejala tukak lambung yang dialami sama seperti yang sudah dijelaskan di atas antara lain rasa panas pada perut, sebah, mual, tidak tahan makanan berlemak, nyeri pada bagian ulu hati yang akan hilang setelah mengkonsumsi makanan. Selain terbangun di malam hari karena nyeri yang dirasakan, rasa nyeri di ulu hati yang hilang setelah mengkonsumsi makanan merupakan gejala spesifik pada tukak lambung yang dapat mempermudah diagnosis. Tanda-tanda seperti anemia, anoreksia maupun penurunan berat badan yang terjadi menunjukkan adanya komplikasi atau terdapat suatu penyakit berbahaya yang membutuhkan tes endoskopi segera.
Berdasarkan penelitian di Amerika, kira-kira 500.000 orang tiap tahunnya menderita tukak lambung dan 70% diantaranya berusia 25-64 tahun. Sebanyak 48% penderita tukak lambung disebabkan karena infeksi H. pylori dan 24% karena penggunaan obat NSAID. Infeksi bakteri H. pylori jarang terjadi pada anak-anak namun kebanyakan tukak lambung yang menyerang anak-anak terjadi pada usia antara 8 dan 17 tahun. Di Indonesia sendiri belum ada data mengenai infeksi bakteri ini.
Penanganan penyakit tukak lambung
Tukak lambung : nyeri muncul 30-60 menit setelah makan, dan dapat bertahan selama 1–1,5 jam. Nyeri muncul karena makanan bersentuhan dengan luka.
Penderita penyakit ini dapat melakukan perawatan mandiri dengan cara;
- Makan secara teratur, meskipun anda sedang malas makan atau sibuk dengan pekerjaan.
- Sediakan krekers, biskuit atau roti tawar setiap saat agar anda bisa mencegah perut anda terlalu kosong, baik ketika di rumah, perjalanan atau di tempat kerja.
- Hindari makanan pedas, berbumbu tajam dan berlemak yang akan merangsang pengeluaran asam lambung lebih banyak dan memperparah kondisi tukak. Contoh: kari , gulai, rendang,dll
- Selama pengobatan, hindari makan makanan yang perlu dikunyah dan dicernakan cukup lama. Contoh: nasi, ayam goreng. Sebagai penggantinya: nasi tim, bubur, ikan bakar presto.
- Berhenti merokok : karena kandungan nikotin dari rokok akan memperlambat proses penyembuhan.
- Kurangi stres : ambil cuti bila perlu, beristirahat dan tidur lebih banyak.

 

 
Ada beberapa alternatif pengobatan pada penyakit tukak lambung yang dapat dilakukan
A.    Non Farmakologi
1.  Istirahat
Secara umum pasien tukak dianjurkan pengobatan rawat jalan, bila kurang berhasil atau ada komplikasi baru dianjurkan rawat inap. Penyembuhan akan lebih cepat dengan rawat inap walaupun mekanismenya belum jelas, kemungkinan oleh bertambahnya jumlah istirahat, berkurangnya refluks empedu, stress, dan penggunaan analgetik. Stress dan kecemasan memegang peran dalam peningkatan asam lambung dan penyakit tukak bertambahnya jumlah istirahat, berkurangnya refluks empedu, stress, dan penggunaan analgetik. Stress dan kecemasan memegang peran dalam peningkatan asam lambung dan penyakit tukak
2.  Diet
Makanan lunak apalagi bubur saring, makanan yang mengandung susu tidak lebih baik dari pada makanan biasa, karena makanan halus akan merangsang pengeluaran asam. Cabai, makanan yang merangsang, makanan mengandung asam dapat menimbulkan rasa sakit pada beberapa pasien, walaupun belum didapat bukti keterkaitannya. Beberapa peneliti menganjurkan makanan biasa lunak, tidak merangsang dan diet seimbang
B.     Farmakologi
Beberapa obat yang termasuk anti tukak.
1.  Antasida
Pada saat ini antasida digunakan untuk menghilangkan keluhan rasa sakit dan obat dispepsia. Mekanisme kerjanya menetralkan asam lambung secara lokal. Preparat yang mengandung magnesium akan menyebabkan diare sedangkan alumunium menyebabkan konstipasi dan kombinasi keduanya saling menghilangkan pengaruh sehingga tidak terjadi diare dan konstipasi
2.  Histamine-2 receptor antagonist
                 
Empat antagonis H2 yang beredar di USA adalah: simetidin, ranitidin, famotidin, dan nizatidin. Kerja antagonis reseptor H2 yang paling penting adalah mengurangi sekresi asam lambung. Obat ini menghambat sekresi asam yang dirangsang histamin, gastrin, obat-obat  kolinomimetik dan rangsangan vagal. Volume sekresi asam lambung dan konsentrasi pepsin juga berkurang (Katzung, 2002). Mekanisme kerjanya memblokir histamin pada reseptor H2 sel pariental sehingga sel pariental tidak terangsang mengeluarkan asam lambung. Inhibisi ini bersifat reversibel (Tarigan, 2001). Simetidin, ranitidin dan famotidin kecil pengaruhnya terhadap fungsi otot polos lambung dan tekanan  sfingter esofagus yang lebih bawah. Sementara terdapat perbedaan potensi yang sangat jelas diantara efikasinya dibandingkan obat  lainnya dalam mengurang sekresi asam. Nizatidin memacu aktifitas kontraksi asam lambung, sehingga memperpendek waktu pengosongan lambung (Katzung, 2002).
Efek samping sangat kecil antara lain agranulasitosis, ginekomastia, konfusi mental khusus pada usia lanjut, dan gangguan fungsi ginjal dijumpai terutama pada pemberian simetidin. Simetidin sebaiknya jangan diberikan bersama warfarin, teofilin, siklokarpon, dan diazepam (Tarigan, 2001).
3.  Proton pump inhibitor
       
Inhibitor pompa proton merupakan “prodrug”, yang memerlukan aktivasi di lingkungan asam (Pasricha dan Hoogerwefh, 2008). Mekanisme kerjanya adalah memblokir kerja enzim K+
/H+ ATP-ase yang akan memecah K+/H+ ATP. Pemecahan K+/H+ ATP akan menghasilkan energi yang digunakan untuk mengeluarkan asam dan kanalikuli sel pariental kedalam lumen lambung (Tarigan, 2001). Inhibitor pompa proton memiliki efek yang sangat besar terhadap produksi asam. Omeprazol juga secara  selektif menghambat karbonat anhidrase mukosa lambung, yang kemungkinan turut berkontribusi terhadap sifat suspensi asamnya
 4.  Obat penangkal kerusakan mukus
a)  Koloid Bismuth
Mekanisme kerja melalui sitoprotektif membentuk lapisan bersama protein pada dasar tukak dan melindunginya terhadap rangsangan pepsin dan asam. Obat ini mempunyai efek penyembuhan hampir sama dengan H2RA serta adanya efek bakterisidal terhadap  H. pylori  sehingga kemungkinan relaps berkurang. Efek samping tinja berwarna kehitaman sehingga timbul keraguan dengan perdarahan
b)  Sukralfat
 
Pada kondisi adanya kerusakan yang disebabkan oleh asam, hidrolisis protein mukosa yang diperantarai oleh pepsin turut berkontribusi terhadap terjadinya erosi dan ulserasi mukosa. Protein ini dapat dihambat oleh polisakarida bersulfat. Selain menghambat hidrolisis protein mukosa oleh pepsin, sukralfat juga memiliki efek sitoprotektif tambahan, yakni stimulasi produksi lokal prostaglandin dan faktor pertumbuhan epidermal. Karena diaktivasi oleh asam, maka disarankan agar sukralfat digunakan pada kondisi lambung kosong, satu jam sebelum makan, selain itu harus dihindari penggunaan antasid dalam waktu 30 menit setelah pemberian sukralfat. Efek samping konstipasi, mual, perasaan tidak enak pada perut
c)  Analog Prostaglandin: Misoprostol
Mekanisme kerjanya mengurangi sekresi asam lambung menambah sekresi mukus, sekresi bikarbonat dan meningkatkan aliran darah mukosa (Tarigan, 2001). Efek samping yang sering dilaporkan diare dengan atau tanpa nyeri dan kram abdomen. Misoprostol dapat menyebabkan eksaserbasi klinis (kondisi penyakit yang bertambah parah) pada pasien yang menderita penyakit radang usus, sehingga pemakaiannya harus dihindari pada pasien ini. Misoprostol dikontraindikasikan selama kehamilan, karena dapat menyebabkan aborsi akibat terjadinya peningkatan kontraktilitas uterus. Sekarang ini misoprostol telah disetujui penggunaanya oleh United States Food and Drug Administration (FDA) untuk pencegahan luka mukosa akibat NSAID.
5.  Regimen terapi
Terapi yang diginakan menggunakan kombinasi antibiotik yang dikombinasi dengan  proton pump inhibitor  (PPI) dan  histamine-2 receptor antagonist (H2RA). Antibiotik berguna untuk eradikasi H. pylori karena penyebab utama tukak peptik adalah  H. pylori. Penggunaan PPI dan H2RA untuk mengurangi sekresi asam lambung yang berlebihan pada tukak peptik.
Diet terapi penyakit tukak lambung

Terdapat bebrapa makanan yang boleh dan tidak boleh diberikan pada penderitapenyakit ini, seperti yang terlihat pada tabel :

No. Jenis bahan makanan Boleh diberikan Tidak boleh diberikan
1 Sumber hidrat arang (nasi atau penggantinya) Beras, diubur atau ditiim; ketang , direbus aau dipree; makaroni, mie, bihun, direbus; roti, biskuit, marie dan epung-tepungan, dibuat bubur atau puding Beras kean aau wajik, bugur, jagung, canel, ubi singkong, kentang goreng, cake, dodol dan kue yang terlalu manis
Sumber protein hewani (daging atau penggatinya) Ikan, hati , daging sapi empuk, ayam digiling atau dicincang dan direbus, disemur, ditim atau dipanggang; telur ayam direbus, didadar, diceplok air, atau dicampurkan dalam makanan; susu Daging, ikan , ayam yang dikalengkan, digoreng, dikeringkan (dendeng); telur ceplok atau goreng
Sumber protein nabati (kacang-kacangan) Tahu, tempe direbus, ditim, atau ditumis; kacang hijau direbus dan dihaluskan Tahu, tempe digoreng; kacang merah, kacang tanah digoreng atau di oven
Lemak Margarin, minyak (tidak untuk menggoreng) dan santan encer Lemak hewan; santan kental

 

 

Sayuran Sayuran yang tidak banyak mengandung serat dan tidak menimbulkan gas, misalnya bayam, labu siam, wortel, tomat, direbus atau ditumis Sayura yang banyak serta dan menimbulkan gas; sayuran mentah
Buah-buahan Pepaya, pisang rebus, sawo, jeruk garut, sari buah (sebaiknya dimakan bersama nasi) Buah yang banyak serta dan menimbulkan gas, misaknya ambu biji, nanas, kedongdong, durian, nangka da buah yang dikeringkan (sate pisang, manisan pala, dan sebagainya)
Bumbu-bumbu Gula, garam , vetsin, kunyit, kunci, sereh , salam, lengkuas , sedikt jahe, dan bawang Lombok/ cabai, merica, cuka dan bumbu-bumbu yang merangsang

 

Untuk contoh menu dietnya sendiri yaitu;

a)      Pagi (sekitar pikul 07.00)

  • Beras                     : 30 g = 1,0 gelas bubur nasi
  • Telur                      : 50 g = 1,0 butir telur
  • Sayuran                 : 50 g = 0,5 gelas
  • Margarin                :  5  g = 0,5 sdm
  • Gula pasir              : 10 g = 1,0 sdm

b)      Pukul 10.00

  • Maizena                 :   15 g = 3,0 sdm
  • Susu                      : 300 g = 1,5 gelas
  • Gula pasir              :   25 g = 2,5 sdm

c)      Siang

  • Beras                     :   30 g = 1,0 gelas bubur
  • Daging                  :   50 g = 1,0 potong sedang
  • Sayur                     :   75 g = 0,75 gls
  • Pepaya                   : 100 g = 1,0 ptg sedang
  • Margarin                :   10 g = 1,0 sdm

d)     Pukul 16.00

  • Maizena                 :   15 g = 3,0 sdm
  • Susu                      : 300 g = 1,5 gls
  • Gula pasir              :   25 g = 2,5 sdm

e)      Sore (sekitar pukul 16.00)

Sususan makanan sama dengan susunan makanan siang

f)       Malam (pukul 20.00)

  • Roti                       : 40 g = 2,0 ptg
  • Margarin                : 10 g = 1,0 sdm
  • Telur                      : 50 g = 1,0 butir
  • Gula pasir              : 10 g = 1,0 sdm


 

Makanan olahan yang cocok bagi penderita tukak lambung

Bubur Ayam

 

Mengkonsumsi makanan lunak yang mudah dicerna seperti bubur ayam amat berperan untuk mencegah dan meringankan serangan rasa sakit. Menyantap bubur ayam di kala sarapan juga baik sebagai suntikan energi sebelum beraktivitas seharian. Sebaiknya tidak menyantap bubur ayam disertai sate jeroan yang sulit dicerna. Sebagai ‘dressing’, boleh juga menambahkan telur rebus, kecap, dan sedikit kerupuk. Namun perlu diperhatikan juga bahwa dalam pengkonsumsiannya tidak boleh menggunakan sambal, karena sifat dari sambal itu sendiri malah akan memperburuk penderita.

 

Jus kol mentah

       

Penderita dapat mencoba salah satu cara alami untuk mengobati sakit maag, tukak lambung, dan radang usus yaitu dengan minum jus kol mentah. Kol mengandung glutamin, salah satu jenis asam amino yang dapat meningkatkan aliran darah ke perut, serta mengobati luka pada saluran pencernaan. Dokter Michael T.Murray, ahli naturopati di Bellevue Washington, Amerika Serikat, menganjurkan agar penderita maag minum dua cangkir jus kol sehari. Berikut ini resep untuk membuat jus kol;

 

jus ¼ Buah kol segar

KOL 2-3 buah mentimun segar

Kedua bahan diblender menjadi satu. Kemudian diminum saat perut kosong. Untuk memperoleh manfaatnya, jus kol jangan didinginkan atau diberi es.

 

Serbuk beras merah natural

 

 

Mengandung serat makanan yang mudah larut dalam saluran pencernaan (soluble dietary fibre). Di dalam saluran pencernaan serat akan berubah menjadi bentuk Gel, dan memperlambat waktu pengosongan makanan dilambung.  Lambung menerima makanan dari usofagus dan bekerja sebagai penimbun sementara, kemudian kerja otot akan mencampur makanan dengan getah lambung. Aturan pemakaian:

1. Menjaga kondisi tubuh 3 x 1 hari

2. Masa penyembuhan 3 x 1 hari

3. Sakit kronis 3 x 1 hari

4. Anak – anak 3 x 1 hari

Pagi dan siang sebelum makan

Malam sebelum tidur

 

Ramuan yang Bisa Digunakan

Menurut Hembing Wijayakusuma, tumbuhan obat di bawah ini dapat digunakan untuk mengatasi radang lambung. Antara lain ditujukan untuk mengurangi peradangan dan infeksi, memperkuat dinding mukosa lambung, dan mengurangi kepekaan dinding lambung, memperbaiki fungsi kelenjar-kelenjar lambung dan pencernaan secara umum.

-  30 gram temu lawak segar + 10 gram kulit jeruk mandarin kering + 5 butir kapulaga direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.

- 75 gram daun lidah buaya dikupas kulitnya + 10 gram adas + 5 butir bunga lawang direbus dengan 500 cc air tersisa 200 cc, airnya disaring + 1 sdm madu, diminum hangat-hangat.

- 25 gram kunyit segar + 20 gram kencur + 5 butir cengkeh direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat

- 3 batang sereh + 15 butir ketumbar + lengkuas direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, minum hangat-hangat.

 

Kesimpulan

Jadi, penyakit tukak lambug bukanlah peyakit yang disebabkan oleh adanya akibat dari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang pedas dan semacamnya, namun penyakit ini diakibatkan karena adanya bakteri yang bernama Helicobacter pylori. Bakteri ini yang kemudian merusak lambung. Untuk pengobatannya dapat dilakukan dengan pengobatan medis dan non-medis. Mengkonsumsi makanan yang sehatdan makan yang tertatur merupakan cara untuk mencegah munculnya penyakit ini. Semoga bermanfaat.

 

 

Daftar pustaka

 

Barasi ME, dkk. 2009. Ilmu gizi. Erlangga. Jakarta

Sualiaman ali,dkk. 1990. Gastroenterologi Hepatologi. CV. Agung Seto, Jakarta.

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pencernaan

http://fathimah.multiply.com/reviews/item/27

http://www.kalbe.co.id/index.php?mn=news&tipe=detail&detail=17986

http://www.ahlinyalambung.com/?q=content/macam-macam-penyakit-pada-sistem-pencernaan-1

http://obatpropolis.com/tukak-lambung

http://www.facebook.com/topic.php?uid=252919323781&topic=19408
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 59 other followers

%d bloggers like this: